7 Tips Hidup Sehat agar Penampilan Menarik dan Tubuh Terus Fit

0
171

Menjalankan secara rutin dan kontinyu tips hidup sehat tak hanya akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga akan memberi efek positif pada kecantikan.

Berikut ini kami rangkum 7 tips hidup sehat yang akan membuat tubuh anda senantiasa fit, terjauh dari berbagai macam penyakit, dan memiliki penampilan yang lebih menawan.

Tips Hidup Sehat 1 : Hati-Hati dengan Apa yang Masuk ke Tubuh Anda

Apa yang masuk ke dalam tubuh kita sangat mempengaruhi kesehatan seluruh organ tubuh kita. Jika kita kebanyakan mengonsumsi karbohidrat dan gula misalnya, organ pankreas akan bermasalah karena bekerja keras memproses glukosa menjadi energi. Akibatnya, pankreas menjadi rusak dan timbullah penyakit diabetes.

Sama halnya jika kita terlalu berlebihan mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi, dapat mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung.

Cara hidup sehat dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan penyakit harus dibatasi. Makan makanan berkarbohidrat, berlemak, dan lain sebagainya boleh, namun harus dijaga agar jumlah asupan makanan tersebut jangan sampai berlebihan.

Ini utamanya bagi anda yang sudah menderita penyakit atau telah mengalami gejala penyakit tertentu. Sangat disarankan agar anda secara serius mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang merupakan pantangan penyakit anda.

Selain asupan zat makanan yang harus dijaga, zat-zat lain semisal rokok, alkohol, dan polusi juga harus anda jauhi. Hindari rokok dan alkohol, dan upayakan semaksimal mungkin menjaga diri anda dari paparan polusi baik itu polusi udara, air, dan lain sebagainya.

Tips Hidup Sehat 2 : Terapkan Gizi Seimbang dalam Makan Sehari-Hari

Pedoman gizi seimbang yang disampaikan Departemen Kesehatan RI menyarankan cara hidup sehat dengan konsumsi makanan dengan takaran tertentu. Yakni, asupan karbohidrat setiap harinya sama banyak dengan konsumsi sayuran, yakni masing-masing sepertiga dari setiap 1 porsi makan. Sedang konsumsi lauk dan buah-buahan juga sama banyak, yakni masing-masing seperenam dari 1 porsi makanan.

Masih menurut saran Departemen Kesehatan, jumlah gula harian sebaiknya dibatasi maksimal sebanyak 4 sendok makan. Untuk garam, maksimal 1 sendok teh. Dan untuk minyak, disarankan hanya 5 sendok makan sehari saja.

Takaran makanan harian tersebut bisa berbeda, tergantung pada kondisi tubuh. Jika anda sedang dalam program penurunan berat badan konsumsi karbohidrat anda harus dipangkas, dan digantikan dengan sumber energi yang lain, seperti lemak.

Tips Hidup Sehat 3 : Rutin Mencuci Tangan di 5 Waktu

Selain dari pola makan yang tidak seimbang, penyakit juga bersumber dari kuman-kuman seperti bakteri dan virus. Salah satu jalan masuk bakteri dan virus adalah melalui tangan kita. Karena tangan adalah organ tubuh yang paling sering bersentuhan dengan segala macam benda.

Menurut sejumlah penelitian, kebiasaan mencuci tangan dapat menekan jumlah penderita penyakit diare hingga 50%. Rutin mencuci tangan juga terbukti mampu mengurangi jumlah penderita penyakit infeksi saluran pernafasan, infeksi cacing, infekis kulit, dan infeksi mata.

Cara mencuci tangan yang disarankan adalah dengan menggunakan sabun anitseptik yang mengandung bahan aktif yang mampu membunuh kuman penyebab penyakit, semisal triklosan. Meski tidak semua jenis bakteri yang bisa dimatikan oleh triklosan, namun setidaknya dapat mengurangi risiko terkena penyakit.

Selain mencuci tangan dengan sabun antiseptik, alternatif lain adalah dengan menggunakan cairan antiseptik atau tisu basah yang mengandung antiseptik.

Cucilah tangan anda di 5 waktu, yakni saat sebelum makan, setelah buang air besar, sebelum menyiapkan makanan, sesudah menceboki anak, dan sebelum menyentuh bayi. Kulit dan organ tubuh bayi masih sangat sensitif sehingga rentan terhadap penyakit.

Tips Hidup Sehat 4 : Jangan Remehkan Minum Air Putih

Meski tips hidup sehat minum air putih minimal 8 gelas sehari sudah banyak diketahui, namun dalam penerapannya, kita seringkali meremehkan tips hidup sehat yang satu ini. Padahal, ada banyak manfaat yang diberikan oleh air putih selain menghilangkan dahaga.

Seperti yang dipaparkan dalam situs Psychologies air putih yang kita minum akan memberikan energi pada tubuh kita, sehingga vitalitas kita dapat lebih maksimal. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup juga akan membuat kita lebih dapat berkonsentrasi.

Kekurangan asupan air putih, selain membuat tubuh lebih lemah juga akan menyebabkan masalah pada sistem metabolisme atau peredaran dan pertukaran zat dalam tubuh. Selain itu, kurang konsumsi air putih secara terus menerus juga dapat mengakibatkan kulit anda kering.

Tips Hidup Sehat 5 : Tidur pada Jam 10 Malam

Setiap hari, kita pasti tidur. Tapi apakah tidur kita sudah benar-benar berkualitas? Tidur tidak cukup hanya sekedar tidur 6-8 jam sehari. Saat anda tidur cukup 8 jam sehari, namun memulai tidur anda itu pada jam 3 dinihari, apakah anda bangun dalam keadaan segar di pagi hari?

Jawabannya tentu tidak. Padahal jika dihitung, durasi tidur anda sudah cukup. Itu karena tidur anda hanya memenuhi standar kuantitas tapi tidak memenuhi standar kualitas. Tidur berkualitas bisa diperoleh dengan tidur dimulai pada jam10 malam. Anda juga bisa mulai tidur sebelum jam tersebut, pada jam 9 malam misalnya.

Pada saat tidur, usahakan kamar tidur anda dalam keadaan minim cahaya, dan dengan posisi bantal yang benar, tidak terlalu tinggi untuk menghindari sakit tengkuk dan sakit kepala.

Posisi tidur yang paling baik saat tidur adalah tidur dengan posisi telentang, dengan menaruh bantal di bawah betis agar peredaran darah di daerah kaki, dan posisi tulang punggung dapat lebih lurus.

Posisi tidur telantang adalah posisi tidur paling aman bagi organ dalam tubuh, dan bagi kecantikan wajah. Untuk anda yang ingin menjaga kulit wajah anda tampak muda lebih lama dan tidak cepat berkeriput, tidurlah dengan posisi tidur ini.

Tidur cukup dan berkualitas merupakan cara hidup sehat yang dapat menurunkan risiko penyakit kronis sehingga orang yang sehari-hari menjalankan pola tidur yang sehat akan memiliki harapan berumur panjang lebih tinggi.

Pada saat tidur, terjadi proses kimiawi tubuh yang akan berefek pada kesehatan mental dan fisik. Karenanya tidur dengan kuantitas dan kualitas sesuai adalah salah satu kunci tips hidup sehat.

Tips Hidup Sehat 6 : Jangan Malas Bergerak

Pembakaran kalori terjadi saat kita bergerak. Jika tidak ingin tubuh kita menimbun kalori berlebih yang nantinya akan menjadi penyakit dan menjadikan tubuh gemuk, maka sering-seringlah bergerak.

Utamanya bagi anda yang sulit menuangkan waktu untuk berolahraga secara rutin, anda bisa sering-sering melakukan aktifitas fisik seperti jalan kaki, naik-turun tangga, dan lain sebagainya.

Aktifitas-aktifitas fisik yang memiliki prinsip aerobik sangat efektif untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan berlebih, serta menjaga kestabilan berat badan.

Tips Hidup Sehat 7 : Sayangi Pikiran

Tips hidup sehat yang terakhir, berkaitan dengan bagaimana kita menjaga pikiran. Tanpa kita sadari, kita sering membiarkan diri kita dalam kondisi buruk, yakni saat kita membiarkan rasa stres menguasai pikiran kita.

Seperti yang dilansir dalam situs American Psycological Association, berbagai penelitian menunjukkan bahwa stres dapat memicu serangan jantung, aritmia, hingga kematian.

Stres juga akan membuat tubuh mudah lelah dan membuat penyakit bertambah parah. Studi menunjukkan, ada perbedaan yang signifikan antara pasien penderita penyakit yang sering stres dan yang tidak.

Pasien yang cenderung bahagia dan menghindari stres akan lebih cepat sembuh dan memiliki harapan bertahan hidup dari penyakit berbahaya lebih tinggi dari yang tidak.

Tidak hanya itu, terbebas dari stres akan membantu aura wajah anda tampak lebih muda dan menarik.

Demikian 7 tips hidup sehat dari kami, salam sehat!