Tanda Tanda Menstruasi atau Haid pada Remaja dan Wanita Dewasa

0
251

Menstruasi selalu diawali dengan tanda tanda menstruasi yang dapat dikenali dan dirasakan oleh wanita pada umumnya. Menstruasi atau dalam bahasa sederhananya kita sebut haid adalah kondisi dimana rahim perempuan tidak dibuahi, akibatnya, dinding rahim pun akan meluruh menjadi darah.

Darah tesebut dikeluarkan tubuh melalui vagina. Menstruasi normalnya terjadi setiap bulan. Namun ada juga yang mengalami menstruasi dua kali sebulan hingga sekali dalam dua bulan, tergantung kondisi hormon wanita saat itu.

Bagi wanita yang sebelumnya telah mengalami menstruasi mungkin akan dengan mudah mengenali ciri-ciri fisik akan terjadinya menstruasi. Namun bagi remaja yang belum pernah mengalami menstruasi biasanya masih minim pengetahuan bahwa dirinya tidak lama lagi akan mengalami siklus alami wanita yang disebut menstruasi tersebut.

Tanda tanda haid wanita pada umumnya

Pada wanita dewasa pada umumnya, tanda tanda haid yang biasanya akan muncul 3-5 hari sebelum haid meliputi:

1. Kram pada perut
2. Mudah lelah
3. Mudah haus dan gerah
4. Nyeri pada dada
5. Keputihan semakin banyak
6. Lebih emosional

Tanda tanda menstruasi pertama akan datang pada Remaja Putri

Ada sejumlah ciri yang ditunjukan tubuh kita saat akan menstruasi. Namun berbeda dengan wanita dewasa, pada remaja putri tanda tanda menstruasi lebih khas dan memiliki ciri tertentu. Di antaranya, ciri fisik dan dan psikis, berikut ulasannya :

Ciri Fisik

1. Perubahan Ukuran Payudara dan Pinggul

Tanda-tanda awal remaja perempuan tidak lama lagi akan mengalami menstruasi adalah adanya perubahan pada bentuk fisiknya, utamanya dada dan pinggul. Hal ini sangat normal terjadi, karena adanya perubahan hormon yang memicu perubahan bentuk fisik tersebut.

Perubahan fisik tersebut berupa pembesaran payudara dan pinggul yang biasanya mulai terjadi saat anak perempuan berusia 10 tahun ke atas. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi lekas tidaknya seorang anak perempuan mengalami perubahan tersebut. Di antaranya faktor keturunan dan faktor lingkungan.

Ciri lainnya yaitu rasa sakit di area payudara saat ditekan. Hal ini dirasakan remaja putri seiring perubahan pada ukuran payudaranya.

2. Mulai tumbuh rambut kemaluan dan ketiak

Tanda- tanda menstruasi berikutnya adalah mulai tumbuh rambut halus pada kemaluan dan ketiak. Mulanya, rambut tumbuh sangat halus dan jumlahnya pun sangat sedikit. Perubahan berikutnya mulai terjadi pada bulan ke 6 hingga 12 dimana rambut pada kemaluan dan ketiak akan bertambah banyak.

3. Keputihan

Cairan kental putih pada vagina perempuan normalnya memang sudah ada bahkan sejak batita. Namun, cairan putih yang dihasillkan dari dalam vagina tersebut akan bertambah sejak sekitar 6 bulan sebelum haid yang pertama kalinya.

4. Keluhan fisik

Selain itu, sebagian remaja permpuan juga akan mengalami tanda tanda menstruasi berupa beberapa keluhan fisik. Di antaranya sakit perut, sakit kepala, perut menjadi agak lebih terasa penuh dan membesar.

Ciri Psikis

Remaja putri yang akan menstruasi juga akan mengalami perubahan psikis. Umumnya, mereka akan berubah menjadi lebih senang berdandan, mulai menyukai lawan jenisnya, dan semakin sensitif.

Masa ini merupakan masa peralihan dari anak-anak memasuki masa pubertas. Remaja putri pada masa ini seringkali semakin keras kepala dan sangat labil.

Menstruasi pada remaja putri masih dianggap sebagai hal yang tabu untuk dibahas. Tidak sedikit remaja perempuan yang malu dengan kenyataan, bahwa mereka telah mengalami menstruasi.

Kondisi ini diperparah akibat para orangtua yang tidak memberi penjelasan kepada putrinya terkait menstruasi yang merupakan siklus normal yang pasti akan dialami pada setiap wanita normal.

Persoalan menstruasi ini bahkan dipandang sebagai hal yang sangat urgen oleh dunia internasional sehingga terbentuk Society of Menstrual Cycle Research pada sejak tahun 1977.

Para pionirnya merupakan wanita-wanita dari berbagai disiplin ilmu yang peduli akan kesehatan reproduksi wanita. Badan ini perpendapat, penting bagi orangtua untuk memahamkan tanda tanda menstrusasi pada putrinya, dan bagaimana menyikapi masuknya masa pubertas tersebut.