Proyek Xavi di Barcelona – Sulap Si Kaki Kaca jadi Pengemban Tugas Messi & Tukang Gendong Blaugrana

"Kepulangan" Xavi Hernandez ke Barcelona sebagai Entrenador (pelatih) baru disertai rancangan proyek yang telah ia susun. Sebagaimana yang diketahui, Xavi Hernandez resmi diperkenalkan sebagai pelatih anyar Barcelona di Stadion Camp Nou pada Senin (8/11/2021) malam WIB. Ia memiliki kontrak bersama rival abadi Real Madrid ini hingga Juni 2024 mendatang.

Kedatangan mantan pemainnya itu diharapkan oleh Barcelona dapat mengangkat pamor dan permainan tim yang tengah menukik. Diakui atau tidak, Barcelona memang mengalami degradasi performa dan prestasi sejak ditangani Ronald Koeman. Kegagalan juru taktik asal Belanda itu lah yang membuat diriya tak bertahan lama sebagai pelatih klub asal Catalan tersebut.

Adanya era baru Barcelona menempatkan Xavi Hernandez sebagai Entrenador jelas mengubah sejumlah ketentuan lama. Satu di ataranya ialah "ace" alias pemain andalan yang dapat menjadi tulang punggung permainan tim. Sejak lama, Barcelona memiliki Lionel Messi sebagai pembeda.

Kemudian Messi yang memilih cabut dari Barca. Tugasnya sebagai "tukang gendong" tim kemudian digantikan oleh Memphis Depay. Koeman saat itu percaya bahwa Depay dapat menggantikan tugas yang pernah dipikul La Pulga. Namun hingga kepergian Koeman, Depay menunjukkan inkonsistensi permainan. Pun sama halnya dengan Xavi Hernandez. Ia memiliki pandangan siapa pemain yang dapat dijadikan "tukang gendong" Barcelona.

Secara mengejutkan, pria yang juga merupakan jebolan akademi La Masia itu menunjuk Ousmane Dembele. "Dembele di posisinya bisa menjadi pemain terbaik di dunia. Dia bisa melakukan itu” kata Xavi, seperti yang dikutip dari laman Football Espana . Xavi sudah mengumpulkan sejumlah ide untuk membuat performa pemain asal Prancis itu kembali kinclong.

"Sangat penting untuk memiliki mentalitas pemenang dan konsistensi. Kita harus membantunya," terang Xavi. Sebagaimana yang diketahui, Dembele layaknya bunga yang layu sebelum berkembang. "hobi" cedera yang menimpa Dembele membuat sang pemain diindentikkan dengan kaki kaca.

Bisa dikatakan, satu satunya musuh terbesar dari Ousmane Dembele adalah cederanya. Ia tak pernah mengecewakan pelatih jiak diberikan kepercayaan setiap laga. Eks pemain Dortmund ini memiliki riwayat cedera lutut yang serius,

Menjadi pertanyaan apakah benar Xavi bisa membuat Dembele mengemban tugas sebagai "tukang gendong" tim seperti yang pernah dilakukan oleh Lionel Messi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Proses Otopsi Selesai, Dua Jenazah Korban Kecelakaan Transjakarta Telah Diserahkan ke Pihak Keluarga
Next post Bocah 2 Tahun di Lampung Tewas Tenggelam, Kakek Korban Histeris Cucunya Mengambang di Kolam Ikan