Program Akuntansi, Cara Tercepat Jalankan Kegiatan Accounting

0
187

Program akuntansi sangat diperlukan di bagi perusahaan. Program akuntansi adalah program atau aplikasi yang digunakan untuk memudahkan kerja akuntan dalam mengerjakan berbagai tugas accounting.

Tentu, pekerjaan selaku akuntan sangat membutuhkan ketelitian, analisa yang tinggi, ketepatan penghitungan dan pengimputan data.

Setiap perusahaan pasti membutuhkan jasa seorang atau lebih akuntan, menurut data Bureau of Labor Statistics atau Biro Statistik Tenaga Kerja dari United States Department of Labor atau Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat ditaksir ada sekitar 1.000.000 orang di Amerika Serikatyang bekerja sebagai akuntan dan auditor.

Pekerjaan selaku akuntan tidak dapat dikatakan mudah, maka untuk melancarkan pekerjaan seorang akuntan, dibutuhkan sebuah alat yang efektif dan efisien, yakni program akuntansi.

Sebelumnya telah lama berkembang program yang sangat membantu para akuntan dalam membuat laporan keuangannya. Yakni, dengan menggunakan microsoft excel.

Namun itu saja belum cukup untuk membuat aktivitas accounting menjadi lebih lancar, lantaran masih ada beberapa fitur penting yang belum disertakan.

Manfaat Program Akuntansi

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan digunakannya program akuntasi. Yang pastinya dengan program ini, pekerjaan akuntan akan lebih cepat selesai tanpa risiko kekeliruan dalam mengolah atau menginput data. Berikut sejumlah manfaat program akuntansi :

1. Program akuntansi akan sangat membantu akuntan untuk membuat berbagai laporan keuangan di antaranya laporanRugi Laba (Profit Lost Statement),Neraca (Balance Sheet), Cash Flow dan Laporan Akhir Keuangan. Pembuatan laporan keuangan yang biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, akan lebih cepat jika menggunakan program ini.

2. Dapat digunakan untuk membuat jurnal produksi, penjualan, serta pembelian barang dan lain sebagainya secara otomatis. Fungsi tersebut akan sangat bemanfaat bagi perusahaan untuk mengatur aktifitasnya penjualannya.

3. Program ini juga bisa digunakan untuk membuat laporan penggajian, buku besar, serta sangat membantu untuk melancarkan aktifita UKM.

Dari serangkaian manfaat yang disediakan program akuntansi, bisa dikatakan bahwa pogram akuntansi merupakan program all in one di bidang keuangan. Karena dalam 1 program ini, pengguna dapat mencatat berbagai laporan dengan sangat fleksibel.

Fitur Program Akuntansi

Sudah ada berbagai aplikasi akuntansi di pasaran, baik yang dapat diakses secara online ataupun offline melalui, dengan berbagai merek. Masing- masing menawarkan berbagai fitur andalan. Secara umum, berikut beberapa fitur menarik yang tersedia dalam program akuntansi:

  1. Mencatat berbagai jenis transaksi dengan windows, sehingga lebih mudah digunakan.
  2. Multi user, dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna
  3. Dapat membuat laporan selisih kurs mata uang asing secara otomatis
  4. Kegiatan posting dan unposting dapat dilakukan kapan saja
  5. Dapat menginput dan menyusun penomoran bukti jurnal secara otomatis tanpa harus menutup jurnal yang tengah dibuat, pengguna dapat membuat beberapa jurnal untuk beberapa periode
  6. Menyediakan berbagai format laporan untuk berbagai keperluan dan jenis laporan
  7. Mengedit laporan jurnal tahun lalu
  8. Memindahkan saldo
  9. Hasil laporan dapat diubah ke dalam file excel
  10. User dapat mengecek buku besar dan neraca saldo kapan pun tanpa harus melalui proses posting
  11. Multi language, Multi cabang, Multi Currency, dan Multi Delivery Point
  12. Tersedia Database untuk menyimpan file laporan

Program akuntansi merupakan salah satu bagian dari aplikasi keuangan. Tentang pentingnya aplikasi keuangan untuk kepentingan pribadi (non- perusahan) dapat dibaca di sini.

Ada keuntungan tersendiri mengapa program akuntansi sangat penting untuk dimiliki sebuah perusahaan ataupun UKM. Yakni, selain program ini dapat bekerja dengan sangat cerdas, di satu sisi, kehadiran program ini sebenarnya mampu menghemat keuangan utamanya bagi peruahaan yang baru berkembang.

Sebab, dengan mudah dan cepatnya akuntan membuat laporan keuangan dengan program ini, maka perusahaan tentu tidak harus meminta akuntannya lembur untuk mengerjakan laporan. Sehingga, perusahaan tentu tidak perlu menggelontorkan dana lebih untuk mengganji lembur akuntannya.

Karenanya, bagi anda para akuntan, pemilik perusahaan atau UKM, memanfaatkan program akuntansi adalah pilihan cerdas untuk meningkatkan kecepatan kegiatan keuangan anda.