60 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Berdasarkan Kategori, Plus Tips Penggunaanya

0
297

Perlengkapan bayi baru lahir sangat penting diperhatikan bagi Anda yang sedang menantikan kelahiran si buah hati. Usia kehamilan yang sudah menginjak 7 bulan semakin membesarkan hasrat Anda untuk segera membeli perlengkapan bayi baru lahir.

Hal itu wajar karena Anda mungkin sudah tidak sabar untuk melihat kelahiran si buah hati. Maka dari itu kami memberikan rangkuman daftar perlengkapan bayi baru lahir untuk membantu Anda dalam melengkapi kebutuhan si buah hati. Jadi ketika si kecil sudah lahir Anda tak perlu repot lagi menyiapkannya.

Baca juga artikel tentang PERALATAN BAYI BARU LAHIR.

Berikut daftar perlengkapan bayi baru lahir berdasarkan kategorinya :

Perlengkapan Pakaian

1. Gurita

2. Baju bayi lengan pendek

3. Baju bayi lengan panjang

4. Celana pendek bayi

5. Celana panjang bayi

6. Sarung tangan

7. Kaos kaki

8. Topi bayi

9. Jaket bayi

10. Popok kain

11 Tatak iler

12. Gantungan baju

13. Rak penyimpanan baju

14. Kain bedong

Tips : Untuk kain bedong, sebaiknya gunakan yang lebar agar bayi tetap hangat. Selain itu kain bedong juga berfungsi untuk mengurangi refleks kaget pada bayi serta memberi rasa aman pada bayi. Jadi bayi bisa tidur lebih nyenyak. Dalam penggunaannya, kain bedong biasanya digunakan bayi sehabis mandi atau saat cuaca sedang dingin.

Ketika memasangkan kain bedong pada bayi, usahakan jangan terlalu kuat agar bayi bisa leluasa bergerak dan bernapas. Jika bayi telah lebih dari sebulan, maka bayi tidak perlu dibedong lagi supaya perkembangan motoriknya tidak terganggu. Lalu kain bedong pun bisa berubah fungsi menjadi kain selimut.

Perlengkapan Tidur

15. Perlak

16. Kasur bayi

17. Bantal peang

18. Bantal guling

19. Bantal biasa

20. Kelambu

21. Selimut

22. Box bayi

Tips : Box bayi bisa digunakan jika ingin menidurkan bayi Anda secara terpisah. Namun jika Anda tidak tega, biarkan si kecil dan Anda tidur bersama. Gunakan kasur kecil yang dilapisi perlak serta bantal kecil yang disesuaikan dengan ukuran bayi.

Namun tetap gunakan alas pada perlak agar kulit perlak tidak langsung menempel pada kulit bayi. Tambahkan pula kelambu agar si bayi terhindar dari gigitan nyamuk.

Perlengkapan Mandi

23. Bak mandi

24. Sabun

25. Sampo

26. Minyak rambut bayi

27. Bedak

28. Bedak talk bayi

29. Minyak telon

30. Spons bedak

31. Baby oil

32. Body lotion

33. Tissu basah

34. Popok

35. Handuk

36. Kapas

37. Cotton bud

38. Gunting kuku

39. Bebek karet

40. Topi keramas

Tips : Pilihlah wadah mandi yang memiliki dudukan dan bentuknya tidak terlalu lebar agar Anda lebih mudah dalam memandikan bayi. Gunakan sabun, sampo dan bedak yang memang dibuat khusus utnuk bayi untuk menghindari iritasi kulit. Baby oil berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit bayi, sedangkan minyak telon berfungsi menjaga kehangatan kulit bayi.

Perlengkapan Makan

41. Botol susu bayi

42. Sikat botol susu

43. Peralatan makan

44. Botol warmer

45. Termos botol

Tips : Dalam memilih perlengkapan makan untuk bayi, pastikan bahwa peralatan makan bayi terbuat dari bahan yang aman untuk bayi.

Perlengkapan bepergian

46. Kereta dorong

47. Tas besar untuk pakaian bayi

48. Gendongan bayi

49. Bottle keeper

50. Container susu

Tips : Untuk gendongan bayi, pilihlah yang bentuknya menyilang demi kenyaman Anda saat membawa si buah hati saat bepergian.

Perlengkapan Kesehatan Bayi

51. Termometer

52. Kain kasa

53. Alkohol

54. Betadine

55. Sisir bayi

56. Sikat lidah bayi

57. Kapas

58. Peniti

59. Sedotan ingus

60. obat penurun panas

Tips : Perlengkapan kesehatan bayi bisa Anda satukan dalam sebuah kotak. Jadi jika sewaktu-waktu bayi Anda kurang sehat, maka Anda tak perlu lagi panik.

Perlengkapan bayi baru lahir memang penting, namun dalam melengkapinya tidak perlu terlalu berlebihan. Karena dalam memenuhi perlengkapan bayi baru lahir sebaiknya disesuakian dengan budget yang Anda miliki.