Peralatan Dapur yang Wajib di Miliki

Peralatan dapur adalah alat-alat yang digunakan di area dapur untuk keperluan memasak makanan tertentu dalam kehidupan keseharian.

Alat-alat dapur seperti panci, pisau, wajan dan juga talenan pasti ada di setiap dapur rumah. Anda bisa membeli alat-alat tersebut di toko toko perabotan ataupun di swalayan.

Lalu, apa saja sih contoh peralatan dapur yang wajib dimiliki?. Dalam artikel ini kita akan menjabarkan contoh alat dapur dan juga masing masing fungsinya.

Contoh Peralatan Dapur Yang Wajib Di Miliki

1. Pisau

Semua orang pasti tahu bahwa pisau digunakan untuk memotong bahan bahan makanan tertentu seperti misalnya sayur sayuran, buah buahan ataupun misalnya daging.

Di dapur, pisau menjadi alat yang sangat penting, semakin tajam pisau maka semakin bagus karena dapat memudahkan dan juga menghemat waktu pembuatan makanan tertentu.

2. Panci dan Wajan

Wajan biasanya digunakan untuk menggoreng masakan tertentu yang menggunakan minyak goreng atau margarin sebagai bahan masaknya.

Sedangkan panci adalah alat masak yang biasanya digunakan untuk memasak air atau memasak bahan bahan yang memiliki sifat basah atau berkuah, seperti misalnya sop, semur dan lain-lain.

3. Talenan

Talenan biasanya terbuat dari potongan kayu ataupun plastik. Fungsi talenan adalah sebagai hamparan ketika seseorang memotong bahan makanan tertentu agar lebih stabil dan juga hiegenis.

Talenan yang bagus biasanya terbuat dari kayu-kayuan karena bentuknya yang lebih rata dan juga berat.

4. Spatula, Sendok dan Jepitan

Ini adalah peralatan yang banyak mendukung aktivitas memasak anda di dapur. Bagaimanapun ketika memasak anda membutuhkan barang-barang ini untuk membalikan ataupun mengangkat makanan di wajan.

Adapun, bentuk dari spatula, sendok dan jepitan biasanya berbeda beda, baik dari sisi bahan, bentuk ataupun ukurannya.

5. Timbangan

Dalam dunia profesional, setiap bahan dan juga bumbu harus diukur secara presisi agar rasa masakan sesuai bisa stabil dan sesuai dengan petunjuk penggunaan sebelumnya.

Maka dari itu timbangan diperlukan untuk mengukur berat dari bahan makanan seperti daging atau tepung, cabai bahkan sampai bumbu bumbuan kecil seperti merica, garam dan bumbu penyedap lainnya.

6. Alat Pengupas

Seperti namanya, alat pengupas memang digunakan untuk mengupas bahan makanan seperti misalnya kentang, wortel, mentimun atau sayur dan buah-buahan jenis tertentu.

Dengan menggunakan alat pengupas, aktivitas mengupas bahan makanan bisa lebih cepat dibandingkan menggunakan pisau.

7. Mangkuk Adonan

Mangkuk adonan adalah sebuah wadah yang digunakan untuk membuat adonan makanan. Ketika akan memasak biasanya bahan bahan mentah akan di tempatkan di mangkuk adonan sebelum dimasukan ke dalam wajan panas.

Adapun, bentuk adonan makanan biasanya beragam, ada yang berukuran kecil, sedang dan juga besar. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan keperluan.

8. Blender

Di dapur, blender biasanya digunakan untuk melembutkan bumbu-bumbuan seperti misalnya cabai merah, cabai hijau, bawang putih ataupun ketumbar.

Bentuk dari blender biasanya bermacam-macam. Blender yang kecil digunakan untuk menggiling bumbu-bumbu tertentu agar lebih halus. Sedangkan blender besar memiliki beberapa fungsi seperti misalnya untuk menggiling daging dan sebagainya.

9. Freezer

Freezer berfungsi untuk menyimpan bahan makanan agar tidak mudah layu atau basi. Utamanya sayuran, buah-buahan dan juga daging-dagingan.

Alat satu ini sangat penting agar ketahanan makanan bisa bertahan berhari-hari. Ini berguna agar anda tidak setiap hari harus pergi ke pasar untuk memenuhi bahan-bahan masakan tertentu.

Nah, itulah tadi contoh peralatan dapur beserta dengan fungsinya masing-masing. Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Thomas Mueller Tulis Ucapan Selamat Atas Kemenangan Barca di El Clasico, Dia PostingĀ  Ini di Twitter
Next post Kembangkan Usaha Anda Bersama dengan Aplikasi Kasir Moka POS