Daftar Peralatan Bayi Baru Lahir dan Kiat-Kiat Perawatan Bayi

0
232

Seorang ibu yang tengah menanti kelahiran sang anak tentu akan mempersiapkan peralatan bayi baru lahir yang wajib dipersiapkan.
Masa kehamilan merupakan masa paling spesial bagi seorang ibu.

Setiap anggota keluarga senantiasa mecurahkan perhatiannya demi kesehatan sang janin dalam kandungan. Jika kelahiran sudah dekat, maka persiapan pun dilakukan.

Agar tidak bingung maka kami memberikan daftar peralatan bayi baru lahir guna membantu anda dalam menyambut kelahiran sang bayi dilansir dari situs Parents.

Peralatan Bayi Baru Lahir

1. Wadah untuk mandi
Bayi baru lahir membutuhkan wadah khusus untuk mandi. Gunakan sabun dan sampo khusus untuk bayi agar kulitnya tetap lembut.

2. Gunting kuku
Bayi yang baru lahir senang menggaruk kulitnya sementara kuku bayi biasanya panjang dan runcing. Maka dari itu diperlukan gunting kuku kecil untuk membantu memotong kuku bayi.

3. Termometer
Suhu bayi yang baru lahir kerap berubah-ubah hingga membuat orang tua kadang merasa panik. Termometer yang disiapkan untuk bayi dapat membantu Anda mengenali suhu bayi, apakah masih dalam batas suhu normal ataukah tidak.

4. Kereta dorong
Kereta dorong diperlukan oleh bayi jika Anda ingin mengajak buah hati Anda berjalan-jalan di sekitar rumah. Saat ini terdapat banyak jenis dan model kereta dorong yang bisa disesuakian dengan kebutuhan.

5. Box bayi
Saat ini ada banyak model box bayi yang tersedia di pasaran. Belilah beberapa bantal tambahan dan selimut untuk bayi Anda demi kenyamanan tidurnya.

6. Botol susu atau dot
Anda memerlukan botol susu sebagai wadah penyimpanan ASI atau susu formula jika sedang bepergian.

7. Sikat botol susu
Alat ini penting digunakan untuk membersihkan sisa-sisa lemak pada botol susu bayi.

8. Gantungan baju bayi
Ini diperlukan karena bayi Anda memiliki banyak pakaian jadi memudahkan jika sedang menjemur pakaian basah bayi.

9. Lemari pakaian kecil
Anda tentu tak ingin mencampur pakaian bayi Anda dengan pakaian yang Anda miliki, maka dari itu dibutuhkan lemari pakaian kecil khusus untuk menyimpan pakaian bayi.

10. Peralatan makan mungil
Bayi yang berusia 3 bulan mulai bisa memakan bubur sendiri sehingga Anda perlu menyiapkan peralatan makan mungil untuk sang bayi.

Selain memperhatikan peralatan bayi baru lahir, Anda juga harus memperhatikan tentang perawatan bayi baru lahir agar tubuhnya senantiasa sehat. Berikut merupakan kiat-kiat perawatan bayi baru lahir yang perlu anda ketahui seperti dilansir dari situs Kids Health

Kiat-Kiat Perawatan Bayi Baru Lahir

1. Cuci tangan Anda dengan menggunakan sabun atau cairan pembersih tangan sebelum menyentuh bayi. Hal ini penting bayi belum memiliki kekebalan tubuh yang kuat sehingga mereka rentan terhadap bakteri.

2. Ketika menggendong atau hendak membaringkan bayi anda, berhati- hatilah saat menahan kepala dan lehernya. Leher dan kepala bayi masih sangat rapuh maka dari itu diperlukan perhatian khusus.

3. Hindari mengguncang tubuh bayi Anda. Sebuah guncangan pada bayi dapat mengakibatkan pendarahan pada otak yang mungkin saja dapat berujung pada kematian.

4. Jika Anda menaruh bayi ke dalam keranjang bayi atau kereta dorong, maka usahakan hindarilah guncangan yang mengakibatkan bayi menjadi kaget.

5. Berhati-hatilah saat bermain dengan bayi Anda. Hindari permainan kasar seperti melemparkannya ke udara karena itu bisa mengguncang tubuhnya.

6. Selalu hangatkan tubuh bayi dengan menggunakan selmut atau minyak khusus untuk perawatan bayi.

7. Rajinlah membersihkan popok bayi agar kulitnya terhindar dari iritasi.

8. Saat memandikan bayi, bersihkanlah kulit bayi secara lembut. Mandikan bayi Anda dengan menggunakan spons lembut dan sabun khusus untuk bayi.

9. Bersihkan bekas tali pusar bayi secara lembut agar kulitnya tidak terluka.

10. Jika bayi Anda lapar, segera berikan ASI atau jika tidak berikan mereka susu formula. Bayi lapar bisa ditandai dengan menangis atau mengisap jempol.

11. Bayi yang baru lahir biasanya membutuhkan waktu tidur sekitar 16 jam. Maka dari itu Anda harus membangunkannya setiap 4 jam untuk memberikan dia makan.

Sebagai orangtua tentunya Anda harus menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bayi. Suhu bayi juga sangat perlu diperhatikan agar nantinya dia tidak rewel. Demikianlah beberapa daftar peralatan bayi baru lahir serta beberapa kiat perawatan bayi baru lahir. Baca juga artikel tentang nama anak bayi laki-laki modern.