41 Peluang Usaha Rumahan, Mudah Dijalankan Keuntungan Menggiurkan

0
942

Seiring dengan semakin berkembangnya jenis usaha, peluang usaha rumahan menjadi salah satu hal yang paling diminati banyak orang. Bagaimana tidak? Hanya dengan menjalankan bisnis di rumah, kita bisa mendapatkan rupiah setiap harinya.

Keuntungan yang ditawarkan usaha rumahan selain dapat dijalankan secara fleksibel, juga tentu lokasi kerjanya tidak perlu jauh-jauh, karena Anda akan “berkantor” di rumah. Selain itu, seperti kita ketahui, memiliki usaha bakal menempatkan anda sebagai konseptor sekaligus bosnya.

Peluang Usaha Rumahan

Bagi anda yang sedang berminat memulai bisnis yang dapat dengan segera dijalankan tanpa mesti menunggu terkumpulnya modal yang sangat besar, peluang usaha rumahan berikut ini bisa menjadi pilihan cerdas bagi anda:

1. Warung makan

Menjalankan jenis usaha rumahan ini anda perlu mempersiapkan ruangan yang cukup untuk menata meja dan kursi. Selain itu tentunya anda harus tahu cara memasak makanan yang mengundang selera, kalau perlu bikin ketagihan.

Menyediakan lebih dari 1 menu itu lebih baik. Pasanglah harga yang relatif terjangkau, karena harga memainkan peran penting untuk menarik pelanggan.

2. Bengkel

Anda hobi otomotif dan tahu seluk-beluk kendaraan bermotor? Tidak ada salahnya anda menuangkan hobi anda itu dengan membuka bengkel. Membuka bengkel juga dapat anda jadikan jenis usaha sampingan.

Misal, anda bekerja di kantor dari pagi hingga siang, anda bisa membuka usaha bengkel anda dari sore hingga malam hari. Usaha ini paling cocok jika posisi rumah anda ada di pinggir jalan yang ramai dilalui kendaraan.

3. Jual ATK dan Fotokopi

Bagi anda yang bertempat tinggal di daerah yang berdekatan dengan kampus, sekolah, kantor atau kos-kosan mahasiswa, ide bisnis rumahan yang satu ini sangat kami rekomendasi untuk anda jalankan.

Meski harga mesin fotokopi cukup mahal, belasan hingga ratusan juta rupiah, namun keuntungan yang ditawarkan peluang usaha rumahan ini cukup menjanjikan dan bertahan jangka panjang.

Atau jika modal anda tidak cukup untuk membeli mesin fotokopi, anda bisa memulai usaha anda dengan menjual alat tulis kantor (ATK) terlebih dahulu.

4. Jual pulsa

Peluang usaha di rumah yang satu ini bisa dilakukan oleh siapa pun. Tidak perlu keterampilan khusus, hanya perlu kebisaan menggunakan ponsel. Modalnya pun relatif kecil Rp.2 juta sudah bisa jalan.

Anda hanya perlu mendaftarkan nomor anda ke server pulsa, membeli etalase kecil, dan menambahkan item untuk etalase seperti kartu-kartu perdana dan kartu internetan. Kelebihan lain dari usaha ini adalah dimana pun posisi rumah anda, anda bisa membukanya, karena semua orang pasti membutuhkan pulsa.

5. Jasa perbaikan laptop atau HP

Punya keterampilan di bidang hardware? Tahu cara memperbaiki laptop atau HP? Jika iya, jangan buang-buang skill anda itu. Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka usaha service laptop atau HP.

6. Minuman Dingin

Sejak beberapa tahun terakhir, minuman dingin menjadi tren wirausaha. Membuka usaha ini relatif mudah, peralatan yang wajib dimiliki hanya blender. Soal es, anda bisa memanfaatkan freezer kulkas anda atau memesan khusus kristal es.

Keterampilan yang dibutuhkan, ya keterampilan membuat minuman enak, karenanya usaha menjual minuman ini sangat pas sebagai bisnis ibu rumah tangga. Agar menarik pembeli, siapkan booth cantik dengan warna, gambar, dan merek yang menjual.

7. Salon

Buat anda yang punya minat lebih di bidang kecantikan, tahu cara make-up yang benar sesuai bentuk wajah dan kebutuhan, piawai menata dan menggunting rambut serta menata jilbab, peluang usaha rumahan yang satu ini patut anda coba. Buat salon anda menarik, nyaman, dan bersih agar pelanggan tertarik datang.

8. Penyewaan Baju Pesta dan Pengantin

Terkadang salon juga menyediakan baju-baju pesta dan pengantin untuk disewakan. Namun jika anda tidak memilki keterampilan salon, anda bisa hanya menyewakan baju-baju pesta dan pengantin. Keuntungan yang didapatkan sekali penyewaan pun sangat besar.

Bisasanya, sekali menyewakan tarifnya paling murah Rp.1 juta sepasang untuk penyewaan selama seminggu. Jika anda memiliki keterampilan menjahit baju pengantin, tentu keuntungan yang anda peroleh jauh lebih besar dibanding anda harus membeli baju pengantin sebagai modal.

9. Laundry

Peluang usaha rumahan yang satu ini juga sedang berjamuran. Bisasanya, masa “panen” usaha ini adalah saat musim hujan dimana orang-orang kesulitan mengeringkan pakaiannya, dan kalau pun kering, pakaian biasanya berbau apek.

Anda bisa memulai usaha ini dari kecil, dengan menggunakan 1 atau 2 mesin cuci dulu, dan tentu yang wajib anda punya adalah mesin pengering dan pewangi pakaian.

10. Menjahit

Anda punya keterampilan menjahit aneka jenis pakaian? Usaha yang satu ini sangat pas anda geluti. Anda hanya perlu menyediakan mesin jahit dan mesin obras (jahit pinggir).

Anda juga perlu memajang beberapa pakaian terbaik hasil karya anda untuk menarik minat pelanggan menggunakan jasa jahit anda.

11. Katering

Usaha katering adalah salah satu bisnis ibu rumah tangga terbaik. Selain pekerjaannya cukup dilakukan di rumah, usaha ini sangat cocok dengan keterampilan yang sangat dikuasai ibu-ibu, ya masak-memasak.

Untuk membuat usaha katering anda berkembang anda perlu mempromosikan usaha anda dengan menyebar brosur-brosur yang berisi paket katering beserta harganya.

12. Kursus

Keahlian anda di salah satu atau beberapa mata pelajaran atau keterampilan tertentu dapat anda manfaatkan untuk membuka kursus di rumah anda.

Kelebihan yang ditawarkan peluang bisnis rumahan ini, tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya. Hanya perlu whiteboard, meja, ruangan seluas 5×5 meter, dan tentu saja ilmu dan keterampilan mengajar anda.

13. Toko Kelontong

Usaha yang satu ini juga bisa menjadi pilihan anda yang memiliki modal lumayan namun tidak punya keterampilan khusus. Agar pembeli toko kelontong anda banyak, juallah aneka barang dengan harga yang relatif murah dan dengan pelayanan yang baik. Usaha ini paling bagus dijalankan jika rumah anda berada dekat dengan pasar.

14. Penitipan Anak

Banyaknya orangtua yang sibuk dan membutuhkan jasa penjaga anak bisa anda manfaatkan dengan membuka usaha penitipan anak. Yang diperlukan dalam menjalankan usaha ini tentunya ruangan yang luas, mainan yang aman, kamar tidur yang nyaman dan bersih, serta makanan yang higienis.

Dan yang paling penting, sikap tanggung jawab dan kasih sayang anda terhadap anak. Jalankan usaha ini dengan beberapa teman anda yang lain, karena pekerjaan menjaga anak-anak selalu butuh kelincahan dan kesabaran ekstra.

15. Agen pembayaran online

Anda yang berada di daerah perumahan, anda bisa membuka usaha agen pembayaran online, sehingga untuk membayar segala macam keperluan, orang-orang di sekitar anda hanya perlu ke rumah anda dan anda pun akan mendapatkan untung.

Memulai jenis usaha rumahan ini, anda hanya butuh komputer dan printer, dan memampang spanduk berisi daftar jasa pembayaran online anda di pagar rumah anda.

16. Galon

Menjual galon juga menjadi jenis usaha yang lumayan laris pelanggan karena banyaknya orang yang membutuhkan produknya. Yang bagusnya lagi, anda bisa menjalankan usaha ini dimana pun.

17. Rental Buku dan Komik

Daripada membeli buku atau komik yang nantinya sudah tidak lagi terlalu dibutuhkan setelah selesai dibaca, sejumlah pecinta buku dan komik lebih memilih meminjamnya.

Dengan bermodalkan buku-buku dan komik yang menarik dan terbaru, anda bisa menjalankan peluang usaha rumahan ini. Promosikan usaha anda lewat media sosial jika ingin lebih dikenal.

18. Jasa Pengetikan

Tidak jarang saking padatnya tugas, mahasiswa butuh orang yang mampu mengetikkan tugasnya dengan cepat. Jika lokasi rumah anda dekat kampus atau kost mahasiswa, peluang usaha rumahan yang satu ini patut anda coba.

19. Penerjemah

Anda lulusan sastra inggris atau bahasa asing namun belum menemukan pekerjaan yang cocok? Menjadi penerjemah online bisa anda geluti. Carilah klien di internet, atau anda bisa mempromosikan jasa anda via situs jual beli online.

Anda juga bisa melamar menjadi penerjemah online ke penerbit-penerbit dengan mengirimkan 10 lembar contoh hasil terjemahan anda dan sumbernya.

20. Jual Pakaian

Menjual pakaian juga merupakan jenis usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Terlebih tren pakaian belakangan ini telah berkembang dengan sangat pesat.

Sembari menjual pakaian di rumah, juallah produk pakaian anda via media sosial, karena pasar online untuk pakaian sangat banyak diminati. Mau untung banyak? Perluas promosi dan tetapkan harga yang lebih murah.

21. Modifikasi Kendaraan

Mirip-mirip bengkel, tapi usaha yang satu ini lebih mengandalkan daya imajinasi dan kemampuan anda menata badan kendaraan. Sasaran usaha ini adalah mereka pemilik kendaraan yang anti-mainstream.

Karena pekerjaan anda sebagai modifikator, anda yang tidak tinggal di pinggir jalan tetap bisa membuka usaha ini, asal promosi anda melalui internet dan brosur mantap.

22. Yoga/ Senam

Punya perhatian lebih di dunia kesehatan dan keindahan tubuh? Tahu teknik olah tubuh seperti yoga dan senam yang benar? Jika iya, anda cocok membuka usaha ini.

Peluang bisnis rumahan yang satu ini hanya membutuhkan ruangan yang cukup luas dan nyaman, speaker untuk musik penunjang, dan tentunya promosi yang baik yang mampu mengajak orang-orang untuk yoga atau senam di tempat anda.

23. Studio Foto

Para pecinta fotografi sayang jika tidak mencoba usaha yang satu ini. Untuk memulainya, tentu saja anda butuh kamera yang berkualitas, ruang foto dilengkapi wallpaper yang menarik, serta tentunya printer khusus untuk menghasilkan lembaran foto yang berkualitas.

24. Kos-kosan

Rumah anda cukup luas tapi penghuninya sedikit? Kenapa tidak memanfaatkannya dengan membuat beberapa kamar untuk disewakan? Usaha kos-kosan bisa dibilang cocok dimana saja, namun peluang yang lebih besar jika anda berada di perkotaan.

25. Penulis Online

Kemajuan internet dan besarnya kebutuhan para pemilik website akan konten atau artikel menjadikan pekerjaan sebagai penulis online menjadi peluang usaha di rumah dengan lowongan yang cukup luas.

Jasa penulis online merupakan salah satu peluang usaha baru yang masih jarang pesaingnya. Modalnya pun sangat kecil, hanya butuh koneksi internet, smartphone atau laptop, serta keterampilan menulis yang tidak melanggar aturan jurnalisme.

26. Pembuat Web

Website diperlukan oleh banyak pemilik usaha, toko online, atau organisasi tertentu untuk memperkenalkan produk atau organisasinya ke khalayak. Namun banyak pula dari mereka yang tidak tahu atau tidak punya waktu untuk membuat dan mendesain website. Nah, kebutuhan ini menjadi peluang emas bagi anda, yang ahli di bidang teknologi informasi.

27. Jasa SEO

Peluang besar meraup dollar yang ditawarkan Google melalui Google Adsense-nya menjadikan banyak pemilik website atau blog membutuhkan jasa Search Engine Optimization (SEO).

Keterampilan SEO mutlak diperlukan untuk membuat sebuah web atau blog naik ke rangking atas dalam pencarian Google. Untuk anda yang ahli di bidang SEO, tawarkan jasa anda via online, dijamin anda akan kebanjiran job.

28. Membangun Website Pribadi

Daripada membesarkan website orang lain melalui jasa SEO anda, mungkin anda berpikir, kenapa tidak membangun website sendiri? Membuat dan membangun website sendiri yang keuntungannya diperoleh dari para pengiklan yang menempatkan iklannya di website anda juga sangat recommended bagi anda yang ahli di bidang SEO.

29. Menjual souvenir dan barang-barang lucu

Ini dia ide bisnis rumahan buat anda yang senang berkreasi, menciptakan pernak-pernik lucu dan menarik. Pernak-pernik hasil kerajinan anda bisa anda jual sebagai souvenir pernikahan atau ulang tahun.

Selain itu, anda juga bisa membuat barang-barang unik lainnya seperti lampu tidur karakter kartun, bantal unik, dan lain sebagainya. Tidak sedikit usahawan yang mampu meraup untung puluhan hingga ratusan juta di bidang bisnis yang satu ini.

30. Percetakan

Untuk anda yang mengusai bidang desain photoshop atau coreldraw, jenis usaha rumahan yang satu ini tepat buat anda. Pergunakan kemampuan desain anda dengan membuka usaha percetakan untuk undangan, kartu, brosur, dan lain sebagainya.

31. Baju Kaos Cetak

Mirip seperti percetakan, namun produk yang dihasilkan disini adalah baju kaos dengan desain gambar sesuai pesanan. Untuk menjalankan usaha ini, anda juga harus menguasai program desain seperti photoshop dan coreldraw.

Atau anda juga bisa meniru kesuksesan Joger dan Dagadu dengan memproduksi kaos-kaos berdesain unik lalu menjualnya.

32. Kursus Online

Suka mengajar dan cukup menguasai bidang tertentu tapi rumah anda tidak cukup luas untuk membuka kelas kursus? Anda bisa memfungsikan media sosial sebagai lapak anda.

Kursus online yang anda berikan bisa via whatsapp, BBM, atau facebook. Dengan cara ini, anda cuma perlu media pembelajaran berupa postingan, video, dan tentunya anda harus aktif menjawab pertanyaan siswa-siswa anda.

33. Event Organizer

Menurut Dr. Joe Goldblatt CSEP (Certified Special Events Professional) usaha event organizer akan terus meningkat dengan keuntungan yang menggiurkan, seiring gaya hidup yang semakin modern.

Jika anda punya rumah yang masih kosong, anda bisa menyulapnya menjadi kantor. Untuk menjalankan usaha ini, anda perlu tim yang nantinya akan mengurus segala hal yang dibutuhkan suatu event, seperti gedung, sound sistem, promosi, dan lain sebagainya.

34. Dropshiper

Jenis usaha sampingan tanpa modal yang paling mudah dijalan? Dropshiper adalah jawabannya. Dropship berarti anda menjualkan barang supplier dengan harga yang agak lebih tinggi, dan dari sanalah anda mendapat keuntungan.

Barang fisik tidak perlu ada di tangan anda. Anda hanya perlu mengupload foto barang dan menjualnya via online seperti di BBM, Whatsapp, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

35. Budidaya ikan hias

Ikan hias menjadi salah satu penghasil rupiah yang modalnya akan “lahir” sendiri seiring kembang biak ikan. Yang anda butuhkan untuk menjalankan usaha ini adalah ketelatenan mengembangbiakkan ikan, makanan ikan yang berkualitas dan tentunya kolam atau akuarium yang luas.

36. Industri Roti atau Kerupuk

Peluang usaha rumahan lain yang bisa anda lakukan, menciptakan produk roti dan kerupuk yang enak dan unik serta tersedia dalam aneka rasa.

Anda bisa menjajakannya dengan menggunakan motor yang sudah dipasangi box khusus dilengkapi suara rekaman sehingga anda tidak perlu berteriak-teriak saat menjual roti atau keripik anda. Industri roti dan kerupuk ini merupakan peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan.

37. Pengobatan Traditional

Peluang usaha rumahan yang satu ini, cocok anda geluti jika anda sebelumnya telah mengikuti pelatihan pengobatan tradisional dan bersertifikat.

Beberapa jenis pengobatan alternatif yang cukup terpercaya dan sudah terbukti dapat mengobati sejumlah jenis penyakit seperti akupuntur dan bekam.

Jika anda tertarik membuka kllinik pengobatan traditional ini, anda bisa mengikuti pelatihannya terlebih dahulu untuk mendapatkan ilmu yang lengkap dan sertifikat agar klinik anda lebih tampak kredibel.

38. Warkop Ber-Wifi

Meski sudah banyak yang membuka usaha warung kopi (warkop) yang dilengkapi wifi, namun usaha ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Jika rumah anda memiliki ruang depan yang cukup luas, anda bisa menyulapnya menjadi warkop yang menarik.

Anda tinggal memberi sentuhan wallpaper, meja dan kursi yang menarik, dan menambahkan fasilitas wifi. Peluang usaha rumahan yang satu ini berpeluang akan sukses dan banyak menarik pelanggan, bahkan jika rumah anda tidak berada di pinggir jalan.

39. Pijat

Apabila anda memiliki kemampuan memijat yang baik, anda juga bisa memanfaatkan kemampuan anda tersebut untuk membuka jasa pijat. Buat usaha pijat anda lebih modern dan lain daripada yang lain.

Misalnya dengan menyiapkan ruangan yang nyaman, bersih, dan menarik, disertai suara instrumen, musik klasik, atau suara alam yang menenangkan.

Anda juga bisa mempersiapkan beberapa jenis minyak, mulai dari yang tradisional hingga yang beraroma terapi agar pelanggan anda bisa memilih.

Di muka rumah anda, selain memasang spanduk atau papan nama usaha pijat anda, tuliskan juga poin-poin penting manfaat pijat agar orang tertarik. Kalau perlu, tuliskan tarif anda, sebab tidak jarang orang enggan untuk singgah karena berpikir tarifnya pasti mahal.

40. Jual Keperluan Anak dan Balita

Pasar anak-anak dan dan balita juga sangat menarik untuk dijejali. Biasanya, setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik buat anak-anaknya. Melihat kebutuhan tersebut, anda bisa membuka usaha yang meng-cover kebutuhan mereka.

Aneka barang keperluan anak dan balita yang banyak dicari seperti sabuk bonceng, mainan aman, boneka, bantal karakter, pengaman stop kontak, pakaian dan lain sebaiknya. Cukup besarnya permintaan akan barang keperluan anak yang unik dan berkualitas membuat peluang usaha rumahan ini cukup menjanjikan.

41. Programmer

Di zaman digital seperti sekarang, setiap orang pasti butuh aplikasi atau program yang bermanfaat memudahkan pekerjaan. Sebut saja aplikasi toko untuk melancarkan kegiatan keuangan toko, aplikasi keuangan dan program akuntansi untuk memudahkan pembuatan laporan keuangan, dan lain sebagainya.

Kemampuan anda membuat aplikasi atau program akan sangat potensial untuk anda gunakan sebagai modal mendapatkan rupiah dari rumah. Anda bisa menciptakan aplikasi inovatif untuk smartphone atau komputer lalu anda jual via internet.

Itu dia 41 peluang usaha rumahan yang mudah dijalankan dengan keuntungan menggiurkan, buat anda yang ingin mencoba berbisnis waralaba / franchise, anda bisa baca artikel kami tentang tips memilih bisnis waralaba.