9 Obat Vertigo Kimiawi dan 6 Cara Alami untuk Menyembuhkannya

0
284

Obat vertigo yang ampuh menjadi salah satu hal yang paling dicari-cari oleh mereka yang bermasalah dengan jenis gangguan sakit kepala ini. Vertigo adalah sakit kepala hebat yang disertai oleng.

Orang yang sedang terserang vertigo akan sulit menjaga keseimbangan tubuhnya karena menurut penglihatan matanya area di sekitarmya tampak goyang.

Ciri lain dari penyakit vertigo adalah rasa berdenyut di kepala. Saking hebatnya rasa sakit yang ditimbulkan oleh vertigo, penderita seringkali tak bisa beraktivitas dan hanya bisa berbaring sembari menahan rasa sakit yang luar biasa di kepala.

Apa yang Menjadi Penyebab Timbulnya Vertigo?

Seperti yang dilansir dari situs Up to Date dan MedlinePlus, ada beberpa penyebab paling umum vertigo. Berikut di antaranya:

  1. Masalah telinga bagian dalam

Peradangan ataupun infeksi yang terjadi di telinga bagian dalam, yakni pada sistem vestibular dapat menyebabkan vertigo. Salah satu fungsi bagian tubuh ini adalah mengontrol keseimbangan tubuh.

Penyebab radang atau infeksi ini di antaranya akibat menumpuknya kalsium atau cairan di telinga bagian dalam, ataupun virus.

  1. Cedera kepala

Cedera kepala yang biasa diakibatkan oleh benturan keras juga seringkali mengakibatkna vertigo. Itu karena kuatnya guncangan pada kepala yang kadang juga akan menciderai telinga bagian dalam dan bagian-bagian kepala lainnya.

  1. Obat

    Meski jarang ditemukan, ada beberapa jenis obat yang memilliki efek samping mengganggu sistem bagian dalam telinga. Saat hal tersebut kita alami, tentu masalah vertigo juga akan datang, karena salah satu organ pengatur keseimbangan tengah terganggu.

  2. Migrain

    Migrain, salah satu jenis sakit kepala dimana rasa sakitnya hanya di sebelah (kanan atau kiri) kepala juga dapat berujung pada penyakit vertigo. Biasanya, vertigo yang disebabkan oleh migrain yang tidak segera diatasi, atau karena penderita migrain masih saja aktif beraktifitas dalam kondisi sedang migrain.

  3. Masalah otak

    Vertigo juga bisa dikarenakan masalah kesehatan serius seperti stroke atau TIA (transient ischemic attack), perdarahan di otak, atau multiple sclerosis yakni sejenis penyakit yang mengakibatkan kelumpuhan.

    Penyakit yang biasa disingkat MS ini terjadi akibat adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh sehingga keliru menyerang selaput pelindung saraf dalam otak dan saraf tulang belakang.

  4. Tumor otak

    Tumor otak terbentuk dari sel-sel rusak yang kemudian berkembang dan mengganggu sistem otak. Karena menempati ruang di otak dan mempengaruhi kinerja otak, tumor otak juga tidak jarang mengakibatkan sakit kepala yang hebat disertai oleng.

  5. Kejang

    Kejang terjadi akibat adanya gangguan pada otak berupa muatan listrik yang kemudian direspon oleh tubuh, dengan gejala gerakan atau ketegangan yang kuat pada seluruh anggota tubuh. Terkadang kejang juga berefek pada kondisi vertigo.

    Obat Vertigo Kimiawi

    Vertigo bisa diatasi dengan mengonsumsi obat khusus. Apa saja obat vertigo yang paling sering direkomendasikan atau diresepkan oleh dokter? Dikutip dari situs E Medicine Health berikut 9 obat vertigo yang paling umum digunakan:

    1. Meclizine hydrochloride (Antivert)

    2. Skopolamin patch transdermal (Transderm-Scop)

    3. Promethazine hydrochloride (Phenergan)

    4. Metoclopramie (Reglan)

    5. Ondansetron (Zofran)

    6. Diazepam (Valium)

    7. Iorazepan (Ativan)

    8. Clonazepam (Klonopin)

    9. Prednisone

    Selain kesembilan obat tersebut, dokter juga terkadang meresepkan jenis obat over-the-counter (OTC) antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl) dan dimenhydrinate (Dramamine).

    Sangat dianjurkan bahwa sebelum mengonsumsi obat-obat ini, anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karena, beda penyebab vertigo maka beda pula obat yang harus digunakan untuk menyembuhkannya.

    Berkonsultasi kepada dokter juga penting sebelum mengonsumsi obat kimia mana pun karena seringkali ada kandungan obat yang tidak cocok dengan pasien dengan penyakit tertentu.

    Karena fungsinya untuk meredakan penyakit vertigo, obat-obat vertigo ini memilikiefek samping menyebabkan kantuk. Sebaiknya, setelah meminum obat ini, penderita beristirahat agar obat bisa bekerja optimal.

    Cara Alami Mengobati Vertigo

    Selain pengobatan dengan menggunakan obat-obat kimiawi dari dokter, anda juga bisa mengatasi penyakit vertigo dengan cara-cara alami. Sebagaimana yang dilansir E Medicine Heatlh, cara-cara alami berikut ini secara saintifik telah terbukti mampu meredakan vertigo.

    1. Terapi fisik Epley

    Terapi ini berupa gerkan fisik ini dilakukan dengan melibatkan kepala dan tubuh. Untuk melakukan terapi fisik ini, anda perlu bantuan seseorang.

    Bagaimana cara melakukan terapi ini?

    Pertama, anda duduk di tengah tempat tidur di posisi yang kira-kira saat anda berbaring, bahu anda akan berada di pinggir tempat tidur sementara kepala anda tidak tertopang bagian tempat tidur.

    Teman anda membantu menahan tubuh anda dari belakang agar dapat berbaring peerlahan. Biarkan tubuh anda rebah secara perlahan, sementara kepala anda akan ditopang oleh kedua tangan teman anda. Agar lebih efektif, ubah posisi kepala ke kanan dan ke kiri. Setelah dirasa cukup, anda bisa kembali duduk.

    Biasanya, setelah melakukan terapi ini, anda akan merasa kepala lebih ringan. Terapi ini juga tak jarang dilakukan oleh tim medis untuk membantu meredakan penyakit vertigo pasien.

    2. Mengonsumsi vitamin D

    Mengonsumsi vitamin D juga dapat menjadi alternatif meringankan vertigo. Namun sebaiknya, sebelum mengonsumsi sumplemen kaya vitamin D, anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter. Dokter akan melihat apakah kondisi tubuh anda cocok dengan cara ini, karena kelebihan vitamin D juga akan berdampak negatif bagi kesehatan.

    3. Mengonsumsi obat herbal

    Kandungan dalam beberapa jenis bahan herbal juga terbukti mampu meringankan vertigo. Cara pengobatan dengan bahan herbal ini tentu sudah lama dilakukan oleh orang-orang zaman dulu.

    Jahe, ginkgo biloba, dan ketumbar adalah beberapa jenis tanaman herbal yang dipercaya mampu mengatasi sakit kepala hebat yang diakibatkan vertigo.

    Namun, tumbuhan herbal tertentu mungkin akan menurunkan fungsi obat kimia yang juga sedang rutin anda konsumsi. Jadi, sebaiknya anda konsultasikan dulu ke dokter anda sebelum menggunakan tanaman obat tertentu sebagai terapi pengobatan.

    4. Akupuntur

    Akupuntur adalah cara pengobatan penyakit dengan menekan titik-titik khusus pada tubuh. Sistem pengobatan ini pertama kali dipopulerkan olah tabib-tabib dari negeri Cina.

    Menekan atau menusukkan jarum akupuntur pada titik di tengah bawah pergelangan tangan, di beberapa titik di leher dan kepala juga mampu mengatasi penyakit vertigo.

    5. Mencium aroma terapi

    Mencium beberapa jenis aroma terapi yang lembut pada minyak esensial atau aroma peppermint, jahe, atau lavender yang memiliki efek menenangkan juga dipercaya dapat meringankan vertigo.

    Namun anda harus yakin bahwa anda tidak alergi terhadap aroma tersebut. Agar lebih meyakinkan, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter anda.

    6. Hindari bau-bau menyengat

    Sebaliknya, anda wajib menghindari aroma-aroma yang berbau terlalu menyengat seperti bau alkohol atau parfum yang mengandung alkohol, bau rokok, asap kendaraan, dan lain sebagainya.

    Nah, itu dia bermacam cara dan obat vertigo yang dapat anda coba untuk mengatasi vertigo anda.