Obat Sakit Gigi Alami yang Terbukti Ampuh Menghilangkan Sakit Gigi

0
621

Saat ini sudah beraneka obat sakit gigi yang dijual di pasaran dengan berbagai macam merek. Sakit pada gigi terdengar sepele, karena gigi hanya salah satu bagian kecil dari tubuh yang letaknya di dalam rongga mulut.

Tapi kenyataannya, sakit gigi sangat menyakitkan. Penderita seringkali tak bisa beraktifitas selama berhari-hari dan hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur.

“Lebih baik sakit hati, daripada sakit gigi,” saking menderitanya rasa sakit gigi, sebuah lagu bahkan membandingkan penyakit ini dengan rasa sakit hati.

Kenapa sakit gigi sangat menyakitkan?

Penyebab Sakit Gigi

Obat Sakit Gigi Alami

Obat Sakit Gigi Kimiawi

Cara Mencegah agar Sakit Gigi tidak Datang Lagi

Titik Akupuntur sebagai Obat Sakit Gigi

Kenapa sakit gigi sangat menyakitkan?

Seringkali sakit gigi menyebabkan berbagai macam keluhan, mulai dari rasa sakit tak tertahan pada gigi itu sendiri, pada gusi, pipi, dan rahang, sakit kepala, hingga mengakibatkan kpenderitanya sangat dengan mendengar berbagai suara.

Rasa nyeri yang teramat pada gigi dan kepala juga mengakibatkan mereka tidak mampu beraktivitas apapun. Tidak jarang sakit gigi juga disertai demam.

Hebatnya rasa sakit yang diakibatkan oleh sakit gigi ini dikarenakan adanya syaraf yang menyambung dari gigi ke kepala. Sehingga saat rasa nyeri di gigi muncul, kepala juga akan merasakan sakit.

Selain itu, sakit yang menjalar dari gigi ke kepala juga bisa disebabkan adanya zat kimia yang dihasilkan pada gigi yang sakit, yang kemudian zat kimia tersebut mengirimkan sinyal nyeri pada daerah di sekitarnya termasuk ke kepala.

Itulah sebabnya pada saat sakit gigi, kepala juga akan sangat pening dan kita pun akan sangat sensitif dengan suara di sekitar.

Penyebab Sakit Gigi

Ada beberapa penyebab timbulya masalah sakit gigi. Sakit gigi tidak melulu bersumber dari gigi, tidak jarang sakit gigi disebabkan oleh sakit pada bagian tubuh yang lain atau yang disebut reffered pain.

Hal ini disebabkan banyaknya syaraf yang terhubung antara gusi yang menopang gigi dengan organ tubuh yang lainnya.

Dikutip dari MedlinePlus situs penyedia informasi akurat tentang kesehatan, sakit gigi dapat terjadi karena:

  1. Gigi Bengkak

Gigi bengkak atau asbes gigi adalah kondisi dimana terjadi penumpukan nanah di tengah gigi. Nanah merupakan cairan kental putih hasil dari infeksi. Infeksi pada gigi tersebut disebabkan oleh gangguan bakteri.

Abses gigi baru akan muncul jika terjadi kerusakan pada fisik gigi, baik itu karena pecah di sebagian sisi atau terluka. Penyebabnya bisa saja kebiasaan buruk mengonsumsi makanan manis secara berlebihan dan jarang menyikat gigi, atau akibat terjatuh sehingga bagian tengah gigi pecah.

Kerusakan tersebut menyebabkan bagian enamel atau email gigi terbuka, sehingga bakteri dengan mudah masuk ke dalam tengah atau pusat gigi yang disebut pulpa, lalu menggerogoti gigi.

Infeksi yang disebabkan bekteri tersebut dapat menjalar ke bagian gigi yang lain seperti akar gigi hingga tulang penyokong gigi.

Selanjutnya, terjadi pembengkakan jaringan di sekitar gigi yang berujung pada sakit gigi. Sakit gigi jenis ini biasanya dapat diatasi dengan memberi tekanan pada gigi.

Namun hal itu sama sekali tidak dapat membantu menyembuhkan sakit gigi penderita. Bahkan jika tidak ditangani secara tepat, sakit infeksi akan terus menyebar dan merusak jaringan lainnya.

  1. Sakit pada telinga

Sakit telinga ditandai dengan rasa nyeri atau terbakar di salah satu atau kedua telinga. Pada telinga terdapat pipa Eustachio yang terhubung ke bagian belakang tenggorokan.

Hal ini mengakibatkan nyeri pada telinga juga akan berefek pada gigi. Sebaliknya, jika terjadi sakit pada gigi, telinga juga biasanya akan ikut sakit.
  1. Cedera pada rahang atau mulut

Rahang dan mulut merupakan bagian tubuh yang paling dekat dengan gigi. Maka cedera pada rahang dan mulut juga bisa mengakibatkan sakit pada gigi.

4. Serangan jantung

Serangan jantung disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah arteri yang membawa darah dan oksigen dari tubuh ke jantung.

Jantung merupakan organ tubuh pusat sehingga pada saat terjadi serangan jantung, rasa sakit dari dada akan menjalar ke lengan, bahu, leher, rahang hingga gigi. Maka dari itu, pada saat serangan jantung, seseorang akan sekaligus merasakan sakit pada giginya.

5. Infeksi sinus

Sinus terletak di bagian belakang tulang pipi dan dahi. Sinus berupa rongga kecil yang berisi udara. Karena letaknya yang dekat dengan gigi, sakit pada sinus juga akan berefek pada gigi.

6. Keturunan

Sebagian kasus sakit gigi merupakan penyakit keturunan. Pada beberapa orang, sakit gigi yang mereka alami karena adanya kelainan pada gigi yang didapatkan dari orangtuanya.

7. Kerusakan pada gigi

Sakit gigi juga biasa sering sekali disebabkan oleh kerusakan pada gigi itu sendiri. Kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang ataupun retak gigi akan mengakibatkan enamel atau email gigi menipis. Akibatnya, gigi jadi sangat sensitif dan mudah sakit.

Selain itu, sakit gigi juga dapat diakibatkan oleh bergeser atau longgarnya tambaalan gigi. Bisa juga diakibatkan oleh menurunnya gusi (contract) sehingga dentin yakni bagian gigi yang lembut yang terletak di dekat akar gigi akan terbuka, mengakibatkan gigi hiper-sensitif.

Obat Sakit Gigi Alami

Pada saat sakit gigi menyerang, ada bermacam cara mengobati sakit gigi. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang sudah tersedia di rumah kita.

Cara ini bisa ditempuh jika tidak sempat ke dokter gigi, atau jika ingin mencoba pengobatan dengan bahan-bahan herbal atau tradisional.

Sebagaimana yang dilansir dari Worldental, beberapa bahan alami berikut bisa menjadi alternatif obat sakit gigi yang tepat:

  1. Kantong teh

 

Kantong teh bisa bisa anda manfaatkan sebagai obat sakit gigi yang terbukti mujarab mengatasi nyeri pada gigi. Disebutkan, 9 dari 10 penderita sakit gigi dapat mengatasi masalah sakit giginya dengan metode ini.

Caranya sangat mudah, yakni hanya dengan mendiamkamkan kantong teh yang telah dibasasahi ke dalam freezer hingga membeku. Setelah itu letakkan kantong teh ke gigi yang sakit.

2. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh sudah dipercaya sejak zaman dulu sebagai obat sakit gigi. Karena sifat anti-septik dan kandungan eugenol alami yang terdapat dalam minyak cengkeh, minyak ini efektif untuk menghilangkan rasa nyeri dan infeksi pada gigi.

Cara penggunaannya, cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh ke gigi yang sakit. Untuk mencegah sakit gigi datang kembali bisa dilakukan dengan mengunyah cengkeh setiap pagi. Kebiasaan mengunyah cengkeh ini juga berkhasiat menguatkan gigi.

3. Bawang putih

Bawang putih mampu meredakan rasa sakit pada gigi. Tidak hanya itu, bawang putih bahkan mampu menyembukan sakit gigi. Karenanya, bawang putih banyak digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat sakit gigi berlubang.

Cara penggunaannya pun sangat simpel. Hanya dengan mengiris tipis bawang putih, atau menghancurkannya hingga halus lalu ditempelkan ke gigi yang sakit. Agar lebih berkhasiat, anda juga bisa campurkan bawang putih dengan garam.

4. Bubuk Lada dan garam
Obat sakit gigi dengan menggunakan bubuk lada dan garam juga ampuh mengatasi sakit gigi. Campurkan sejumput bubuk lada dan seperempat sendok teh garam, lalu oleskan ke gigi yang sakit.
5. Bawang merah

Bawang merah dapat dengan segera memberi efek baik pada gigi yang sakit. Cara pengaplikasian obat sakit gigi yang satu ini juga sangat mudah.

Sama seperti bawang putih, siapkan bawang merah segar. Iris tipis dan tempelkan pada gigi yang sakit.

Agar lebih simpel, anda juga bisa menggigit bawang merah saat tidur di malam hari untuk menghindari sakit gigi datang kembali.

6. Rumput gandum

Rumput gandum dapat dijadikan jus sebagai obat sakit gigi. Caranya hanya dengan mencampurkan rumput gandum dengan air kemudian diblender. Setelah jus jadi, kumurlah dengan jus tersebut.

Sakit pada gigi akan reda, karena rumput gandum mampu menetralkan zat racun yang menempel di gusi dan menghambat pertumbuhan bakteri.
7. Ekstrak vanili

Anda punya ekstrak valini di dapur? Selain sebagai perisa makanan, bahan ini juga dapat difungsikan sebagai obat sakit gigi. Cukup dengan setengah sendok teh ekstrak vanili. Diamkan di dalam mulut hingga rasa sakit gigi mereda.

8. Kain basah panas

Jika cara-cara di atas kurang mempan, anda bisa menggunakan kain basah panas sebagai alternatif. Mengompreskan kain basah panas pada gigi yang sakit juga terbukti ampuh menghilangkan rasa sakit gigi yang ekstrim.

Caranya dengan menyediakan kain dan air yang bersuhu cenderung panas, lalu dikenakan ke gigi yang sakit. Lakukan berulang-ulang dan anda akan melihat hasilnya.
9. Es batu

Rasa nyeri pada gigi juga dapat diusir dengan menggunakan es batu. Gosok perlahan es batu yang ukurannya agak kecil ke area gigi yang sakit. Cara ini memiliki tingkat keberhasilan 60%-90% meredakan sakit gigi.

Es batu ampuh meredakan nyeri karena suhunya yang sangat dingin mampu menghalau impuls nyeri pada syaraf gigi.

Semua cara pengobatan sakit gigi di atas telah dibuktikan khasiatnya oleh banyak orang. Namun jika sakit gigi tidak kunjung sembuh setelah melakukan cara-cara di atas, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter gigi. Anda mungkin akan diberi obat sakit gigi kimiawi khusus untuk mengatasi sakit gigi anda.

Obat Sakit Gigi Kimiawi

Selain menggunakan obat sakit gigi yang alami, anda juga bisa mencoba obat sakit gigi kimiawi. Menurut WebMD, obat kimia yang paling umum untuk mengobati sakit gigi di antarannya Aleve, acetaminophen, naproxen sodium, Tylenol, acetaminophen extra, dan lain sebagainya. Obat ibuproven dan paracetamol juga dapat meredakan sakit gigi.

Selain itu, sakit gigi juga bisa diatasi dengan menggunakan hidrogen peroksida. Caranya dengan berkumur dengan hidrogen peroksida.

Hidrogen peroksida mampu membunuh bakteri penyebab infeksi dan dan radang pada gigi. Setelah itu, kumur-kumurlah lagi dengan air garam panas.

Cara Mencegah agar Sakit Gigi tidak Datang Lagi

Daripada menunggu sakit gigi menyerang, lebih baik menghindari agar jangan kita terkena sakit gigi. Bagi yang sudah merasakan derita sakit gigi juga penting baginya untuk mencegah jangan sampai gigi sakit tersebut kembali.

Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk, mencegah sakit gigi:
1. Sikat gigi dengan cara yang benar

Salah dalam menyikat gigi dapat mengakibatkan timbulnya sakit gigi. Itu karena arah bulu sikat gigi yang salah dapat mengikis email gigi, mengakibatkan gigi sensitif dan mudah berlubang.

Cara sikat gigi yang benar adalah dengan menggerakkan bulu sikat ke atas dan ke bawah saat menyikat gigi bagian depan. Sedang saat menyikat gigi bagian dalam cara menyikat gigi yang benar adalah dengan menggerakkan sikat gigi memutar.

2. Sikat gigi sebelum tidur dan setelah makan

Setelah makan, akan banyak sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Jika tidak dibersihkan, sisa makanan tersebut membusuk dan akan membentuk plak pada gigi. Akibatnya, gigi jadi rusak yang jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan sakit gigi.

Sikat gigi juga penting dilakukan sebelum tidur. Karena pada saat tidur, rongga mulut akan tertutup dan tidak aktif bekerja. Akibatnya, bakteri akan mudah berkembang dan menggerogoti gigi.

Bakteri dalam mulut yang berkembang secara lebih aktif pada saat tidur ini ditandai dengan bau mulut mulut yang tidak sedap saat baru saja bangun tidur.

3. Bersihkan karang gigi secara rutin

Karang gigi atau karies gigi juga menjadi salah satu biang utama timbulnya sakit gigi. Karang gigi umumnya berkembang di bagian belakang gigi, dan terkadang juga ditemukan di gigi bagian depan gigi.

Biasanya, karang gigi berwarna kuning atau jika karang giginya sudah parah akan berwarna hitam. Terbentuknya karang gigi gigi jarang disikat.

Untuk karang gigi yang hanya menempel pada gigi, bisa dibersihkan secara manual. Namun jika karang gigi sudah sangat parah dan tampak sudah menyatu dengan gigi sebaiknya dibersihkan oleh dokter gigi.

4. Mengunyah bayam atau daun sirih

Sakit gigi dapat dicegah dengan memanfaatkan bahan alami yang sangat mudah didapatkan, yakni dengan menggunakan bayam atau daun sirih. Kedua bahan ini mampu mempertahankan kekuatan gusi dan menjaga kesehatan gigi.

Utamanya untuk sakit gigi yang disebabkan oleh karies gigi, kebiasaan mengunyah daun bayam akan sangat bermanfaat. Sedangkan daun sirih sendiri memang sudah sejak lama digunakan nenek moyang kita untuk menjaga kesehatan giginya.

Dan terbukti, orang tua yang rutin mengunyah daun sirih memiliki gigi yang tetap kuat meski usia mereka sudah tidak muda lagi.

5. Stop merokok

Sudah diketahui secara umum bahwa zat adiktif dalam rokok dapat memberi dampak yang sangat buruk bagi kesehatan, termasuk pada gigi.

Hal ini karena rokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh jadi sulit melawan berbagai jenis infeksi termasuk infeksi pada gusi dan gigi.

Dilansir dari situs Centers for Disease Control and Prevention  yang menyediakan berbagai info penting terkait cara mencegah penyakit, semakin sering anda merokok maka akan semakin rentan anda terkena radang gusi.

Selain mengakibatkan peradangan, merokok juga menyebabkan penampilan gigi kurang menarik. Gigi menjadi kuning dan tentunya napas menjadi tidak segar.

6. Gunakan pasta gigi ber-fluoride

Pasta gigi yang disarankan oleh kedokteran international adalah pasta gigi ber-fluoride. Kandungan dalam fluoride mampu memberi perlindungan terhadap gigi dari berbagai masalah, termasuk gigi berlubang.

Dengan membiasakan menggunakan pasta gigi ber-fluoride, Anda dapat mencegah terjadinya sakit gigi.

Titik Akupuntur sebagai obat sakit gigi

Dalam tradisi pengobatan Cina, dikenal metode pengobatan penyakit dengan menusuk atau menekan titik- titik tertentu di tubuh kita, atau dikenal dengan sistem akupuntur.

Untuk sakit gigi sendiri, menurut Dr Li Wenbo, dokter kepala Rumah Sakit Longhua, Cina, ada beberapa titik akupuntur yang dapat ditekan sebagai salah satu cara menghilangkan sakit gigi.

Titik tersebut yakni, titik He Gu di tangan, titik Jia Che di rahang, titik Nei Ting dan Tai Xi di kaki.

Pengobatan ini sebaiknya dikombinasi dengan meminum teh krisan, jus mentimun, atau seledri untuk meringankan peradangan.

Selain itu, irisan Gingseng Amerika yang ditampelkan pada gigi juga bisa menjadi obat sakit gigi yang mujarab.