Obat Peninggi Badan Alami dan Suplemen Apa Saja yang Cocok untuk Menambah Tinggi Badan

0
342

Banyaknya orang ingin menambah tinggi badan menjadikan obat peninggi badan menjadi salah satu produk kesehatan yang paling laku di pasaran, di samping obat pelangsing dan obat penghilang jerawat.

Sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan penjualan produk kesehatan telah merilis suplemen peninggi badan yang diklaim aman dan dapat menambah tinggi badan hanya dalam hitungan bulan bahkan minggu.

Namun, rata-rata harga yang ditawarkan produk peninggi badan tersebut tidak murah, sehingga banyak orang yang lebih memilih mencoba obat peninggi badan alami sebagai upaya menambah tinggi badan.

Obat Peninggi Badan

Buat anda yang juga ingin mencoba meningkatkan tinggi badan secara alami, anda bisa coba obat peninggi badan alami berikut ini:

1.  Gingseng India

Berdasar pengobatan tradisional India yang dikenal dengan istilah Ayurveda, gingseng India yang disebut ashwagandha memiliki khasiat membantu pertambahan tinggi badan. Herbal ini dapat anda temukan di toko herbal.

Kandungan mineral dalam Ashwagandha mampu menambah panjang kerangka tulang dan menambah massa tulang. Cara mengonsumsi obat peninggi badan alami ini adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan bubuk ashwagandha dengan segelas susu sapi hangat.

Agar lebih lezat anda bisa menambahkan gula secukupnya. Minum ramuan penambah tinggi badan tersebut secara rutin sebelum tidur selama sekitar 45 hari tanpa putus atau lebih.

Yang perlu anda ingat, agar obat ini dapat bekerja dengan optimal, jangan mengonsumsi makanan cepat saji selama program penambahan tinggi badan.

2. Shilajit

Masih dari ayurveda, obat peninggi badan alami berikutnya adalah Shilajit atau Asphaltum. Tumbuhan herbal ini berwarna kehitaman. Khasiat yang dimilikinya sangat beragam. Mulai dari meningkatkan stamina, menurunkan berat badan, meningkatkan daya ingat, memperbaiki emosi, hingga meningkatkan tinggi badan.

Cara mengonsumsinya sama seperti Ashwagandha, dapat dicampurkan pada susu hangat atau air putih hangat.

3. Ginseng Pseudo (Notoginseng) 

Tumbuhan herbal yang satu ini berasal dari negeri bambu, Cina. Gingseng khas Cina ini memiliki rasa yang agak pahit dan punya efek “hangat” sebagaimana gingseng pada umumnya.

Gingseng ini mampu mengobati penyakit liver, lambung dan usus besar, sebagai anti-aging dan anti-inflamasi, ternyata juga mampu membantu menambah tinggi badan. Karena khasiatnya yang baik untuk tulang, gingseng ini juga telah digunakan sejak dulu untuk menyembuhkan patah tulang. Khasiat Notogingseng sebagai obat peninggi badan utamanya bekerja pada anak-anak.

4. Shataavari (Liliaceae)

Shataavari juga merupakan tumbuhan herbal dari india yang dipercaya dapat merangsang pertumbuhan tinggi badan. Tumbuhan ini kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, B dan C.

Selain khasiatnya sebagai obat peninggi badan, tumbuhan ini juga mampu mengobati peradangan dan hipertensi. Namun herbal ini tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil.

Suplemen Peninggi Badan yang Baik untuk Menambah Tinggi Badan

Jika cara alami ternyata belum mampu membuat tinngi badan anda meingkat, anda bisa menggunakan alternatif lain dengan menggunakan suplemen peninggin badan. Berikut tiops cara memilih suplemen peninggi badan:

1. Suplemen yang kaya kalsium

Kalsium adalah salah satu senyawa terpenting yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan, kekuatan, dan pertumbuhan tulang. Akan sangat baik jika suplemen yang anda konsumsi mengandung kalsium tinggi dilengkapi dengan vitamin C, karena vitamin C berfungsi untuk mempercepat proses penyerapan kalsium ke dalam tulang.

Jika suplemen yang anda konsumsi hanya mengandung kalsium namun tidak mengandung vitamin C, anda bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi buah yang kaya vitamin C seperti jeruk misalnya.

2. Suplemen yang kaya vitamin D

Selain kalsium, vitamin D juga sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan dan mendukung pertumbuhan tulang. Organisasi kesehatan dunia WHO menyarankan, agar setiap orang, anak-anak hingga dewasa untuk mencukupkan kebutuhan kalsium, dan vitamin D-nya untuk mencegah berbagai penyakit tulang. Vitamin ini selain bisa didapatkan melalui suplemen juga bisa didapatkan lewat sinar matahari pagi.

Jika anda ingin lebih mengoptimalkan kerja suplemen peninggi badan anda, sangat disarankan jika setiap pagi sekitar pukul 6.30 – 9.30 pagi anda berjemur atau berolahraga di bawah sinar matahari.

3. Suplemen yang mengandung Fosfor

Sekitar 85% fosfor terdapat di tulang kita, selebihnya tersebar di seluruh tubuh. Jika tulang kekuragan fosfor, maka pertumbuhan dan kesehatan tulang akan terganggu. Bersama dengan kalsium, fosfor bekerja dalam proses pertumbuhan tulang.

Kekurangan fosfor ditandai dengan rasa mudah lelah, nyeri sendi, dan nyeri otot. Namun yang perlu diingat, konsumsi fosfor ini tidak boleh berlebihan karena jika tubuh kelebihan fosfor juga tidak akan baik bagi tubuh. Kelebihan fosfor mengakibatkan fosfor menumpuk di ginjal yang dapat mengakibatkan kerusakan ginjal.

4. Suplemen yang mengandung zinc

Zinc juga memainkan peran yang cukup penting dalam kesehatan dan pertumbuhan tulang. Kekurangan zinc menurut studi MRC Human Nutrition Research, Laboratorium Elsie Widdowson Cambridge akan menyebabkan kelainan pada tulang dan kondisi kekurangan gizi.

Selain bermanfaat bagi tulang, zinc juga memberi efek yang baik pada otot, kesehatan mata dan rambut. Anda boleh mengonsumsi suplemen peninggi badan yang mengandung kalsium maupun yang mengandung zinc, namun konsumsi keduanya harus anda jarak sekitar beberapa jam karena jika tidak, keduanya akan bersaing dalam proses penyerapan ke tulang.

5. Suplemen yang kaya Protein, buah-buahan dan sayuran

Suplemen yang kaya protein, buah-buahan dan sayuran utamnya akan sangat bermanfaat untuk kekuatan tulang. Pada program peningkatan berat badan, tulang dan ruas-ruasnya diharapkan mampu memanjang ke tingkat maksimal. Maka, tulang haruslah kuat agar mengindari risiko patah tulang atau pengeroposan.

Sama seperti suplemen yang mengandung zinc, suplemen ini juga bisa dikombinasi dengan suplemen kalsium.

Operasi Peninggi Badan, Amankah?

Saat ini, kedokteran di beberapa rumah sakit di luar negeri menawarkan operasi canggih yang diklaim aman untuk menambah tinggi badan. Di Korea Selatan dan Amerika Serikat misalnya, sejumlah pria dan wanita telah berhasil menambah tinggi badannya lewat jalan operasi. Karena keberhasilam operasi itulah, sehingga pria maupun wanita disana tidak segan merogoh kocek yang cukup dalam demi tinggi badan yang ideal.

Operasi dilakukan dengan memanjangkan paha dan betis menggunakan batang teleskopik yang dimasukkan ke dalamnya. Dengan begitu tinggi badan dapat bertambah sekitar 5-7 cm.

Namun risiko dari operasi ini juga cukup besar, di antaranya, kelainan syaraf, panjang kaki menjadi tidak seimbang atau tidak sama, selain itu, rasa perih di area kaki yang dipanjangkan akan sangat menyiksa pasien operasi.

Daripada mengambil risiko besar, lebih baik menjalankan cara-cara alami menambah tinggi badan, yang bisa anda baca disini.

Nah itu dia sejumlah herbal alami dan suplemen peninggi badan yang dipercaya ampuh dapat menambah tinggi badan. Anda bisa memilih, apakah ingin mencoba obat peninggi badan alami ataupun suplemen peninggi badan.

Namun yang perlu anda ingat, jauhi makanan cepat saji, kurangi kosumsi garam dan jika anda memiliki riwayat penyakit tertentu konsultasikan dulu pada dokter sebelum memutuskan mengonsumsi secara rutin obat peninggi badan.