Motivasi Hidup yang akan Jadikan Hidupmu Lebih Bermakna dan Bahagia

0
473

Sebagaiman kata Zig Ziglar tentang motivasi hidup:

Orang-orang sering mengatakan bahwa motivasi tidak akan bertahan. Nah, begitu juga mandi. Itu sebabnya kami menyarankannya setiap hari. -Zig Ziglar

Setiap kita tentu akan selalu membutuhkan motivasi hidup, mengingat masalah selalu datang silih berganti. Masalah yang kita alami ada yang berasal dari lingkungan tempat kita tinggal, keluarga, teman, bahkan masalah itu bisa datang dari dalam diri kita sendiri.

Anda yang sedang punya masalah dan sedang membutuhkan motivasi, simak 10 motivasi hidup berikut, dan temukan kembali motivasi dalam diri anda!

1. Motivasi Hidup : Jadilah Manusia yang Bermanfaat bagi Orang Lain bukan Hanya Bermanfaat bagi Diri Anda Sendiri

Kita seringkali terlalu sibuk untuk menimbun harta, mencari penghasilan yang melimpah hingga kita lupa dengan tujuan utama Tuhan menciptakan kita. Bahwa semestinya kita menjadi manusia yang memberi manfaat kepada dunia.

Untuk ini, coba anda tanyakan pada diri anda sendiri, apa yang sudah anda lakukan untuk orang lain? Atau anda hanya sibuk mendapatkan sesuatu untuk kesenangan anda sendiri?

Hidup adalah tentang memberi efek, bukan tentang membuat penghasilan.
–Kevin Kruse

Hidup bukanlah tentang mendapatkan dan memiliki, ini tentang memberi dan menjadi. -Kevin Kruse

2. Motivasi Hidup : Pikirkan dan Yakini, dan Anda akan Mendapatkannya

Apa yang kita dapatkan bermula dari keinginan. Keberhasilan kita mendapatkan sesuatu bergantung pada upaya kita. Sedang kuat tidaknya upaya sangat dipengaruhi oleh pikiran dan rasa yakin kita.


Jadi, jika anda ingin mendapatkan sesuatu, perbaiki dulu pikiran dan rasa percaya anda. Yakinlah bahwa anda bisa meraihnya karena itu akan sangat berpengaruh pada keberhasilan anda nantinya.

Apa pun yang manusia pikirkan dan yakini, akan dapat dicapainya. -Napoleon

3. Motivasi Hidup : Jadilah Bernilai

Adalah wajar jika setiap orang ingin sukses. Sukses dalam karir, hubungan, dan lain sebagainya. Namun hal penting lain yang tidak boleh kita lupakan adalah menjadi bernilai.

Karena kesuksesan materi mungkin akan membuat kita senang, namun menjadi bernilai dengan berbuat sesuatu yang positif untuk orang lain akan membuat kita merasakan kebahagiaan yang sangat manis.

Upayakan agar tidak hanya menjadi sukses, melainkan untuk bernilai. -Albert Einstein

4. Motivasi Hidup : Keuletan adalah Syarat Kesuksesan

Seringkali, hal yang paling susah dari suatu pekerjaan adalah memulainya. Padahal, jika kita telah memulai dan menjalaninya, selanjutkan akan lebih mudah.

Saat anda mengalami masalah untuk memulai sesuatu, misalnya anda berencana akan menjalankan bisnis yang bagus namun anda belum juga anda mulai, maka ingatkan diri anda bahwa semuanya akan jadi alebih mudah kalau anda menjalaninya selanjutnya.

Hal yang paling sulit adalah memutuskan untuk bertindak, sisanya hanyalah keuletan. -Amelia Earhart

5. Motivasi Hidup : Semua Tergantung dari Caramu Bereaksi

Banyak hal yang terjadi pada diri kita tanpa kita bisa mencegahnya. Bahkan seringkali apa yang kita alami itu bukan hal yang kita inginkan. Kita mungkin berpikir bahwa peristiwa yang terjadi itulah yang mengubah nasib kita.

Padahal, peristiwa tersebut bukan akhir dari segalanya. Berikutnya adalah tentang bagaimana kita menyikapinya. Apakah akan menyerah atau akan terus berjuang. Sudah banyak orang yang telah membuktikan kebenaran bahwa nasib kita tergantung pada bagaimana kita merespon peristiwa yang terjadi pada diri kita.


Hidup adalah 10%-nya dari apa yang terjadi kepada saya, dan 90% sisanya dari bagaimana saya bereaksi. -Charles Swindoll

Saya bukan produk dari keadaan saya. Saya adalah produk dari keputusan saya. -Stephen Covey

6. Motivasi Hidup : Anda Menjadi Apa yang Anda Pikirkan

Letak kekuatan kita ada pada pikiran kita. Semakin kita berpikir tidak bisa makan yang terjadi adalah ketidakbisaan. Sebaliknya, semakin kita berpikir bisa, maka kita pun akan lebih tangguh untuk bisa mencapai sesuatu.

Tuhan telah memberikan kita anugerah berupa indra yang lengkap, berikut pikiran dan hati yang mampu menguatkan dan membimbing kita. Kita sejatinya telah memiliki modal yang sangat luar biasa. Maka jangn pernah berpikir anda tidak punya apa-apa sehingga anda tidak akan sukses. Karena segala modal yang diperlukan untuk itu sudah tuhan berikan kepada anda.

Pikiran adalah segalanya. Apa yang Anda pikir Anda menjadi. -Budha

Cara yang paling umum orang kehilangan kekuatan mereka dengan berpikir bahwa mereka tidak memiliki apapun. -Alice Walker

7. Motivasi Hidup : Jalani Hidup Anda Sendiri, Bukan Hidup Orang Lain

Karena hidup dalam suatu lingkungan sosial dengan aneka anggapan dan pendapat, terkadang kita tidak menjadi diri kita sendiri lalu mengikuti mentah-mentah apa yang dikatakan oleh orang lain.

Kita terkadang menjadi enggan untuk melakukan apa yang menurut kata hati kita benar karena tidak enak dengan anggapan orang lain. Kita bahkan terkadang bertindak melawan kata hati kita karena mengikuti pandangan orang kebanyakan.

Padahal, menjadi minoritas itu bukan berarti salah. Tidak jarang bahkan mereka yang memiliki pendirian yang berbedalah yang memiliki pendapat yang lebih benar.

Jadi, jadilah diri anda sendiri dengan melakukan apa yang anda yakini benar dengan tetap menjaga harmonisasi dengan lingkungan sosial anda. Jangan menjadi seorang dokter jika hati anda lebih ingin menjadi seorang arsitek.

Waktu Anda terbatas, jadi jangan sia-siakan dengan menjalani hidup orang lain. -Steve Jobs

8. Motivasi Hidup : Jadilah seperti “Anak Kecil”

Setiap anak yang dilahirkan ke dunia ini memiliki potensi yang tiada tara dari Tuhan. Dulu waktu kita masih kecil, kita mampu mengenali lingkungan secara otomatis dan mempelajari berbagai macam hal tanpa kenal lelah. Kita memiliki daya imajinasi yang tinggi.

Namun ketika kita tumbuh dewasa, satu per satu dari kemapuan tersebut hilang dan kita seringkali lupa dengan diri kita yang dulu. Yang tidak kenal lelah berusaha menguasai sesuatu.

Jika anda sedang dalam kondisi tidak mampu untuk melakukan segala sesuatu, ingatlah bahwa anda pernah menjadi anak-anak yang penuh potensi. Kembalilah menjadi “anak-anak”.

Setiap anak adalah seniman. Masalahnya adalah, bagaimana agar ia tetap menjadi seniman setelah ia tumbuh. – Pablo Picasso

9. Motivasi Hidup : Tinggalkan Zona Malas

Kita tidak akan pernah bisa berubah ke arah yang lebih baik jika kita masih berbetah-betah berada di tempat kita yang sekarang. Yang diperlukan dalam memulai proses perubahan adalah berani untuk meninggalkan “zona nyaman”, yaitu kondisi saat kita menyadari bahwa kita bisa berbuat lebih namun kita masih enggan atau malas bergerak karena sudah merasa terlalu nyaman dengan tempat kita yang sekarang.

Kau tidak pernah bisa menyeberangi lautan, hingga kau memiliki keberanian untuk melupakan pantai. -Christopher Columbus

10. Motivasi Hidup : Peduli pada Perasaan Orang Lain

Dalam menjalin hubungan dengan orang lain, hal yang akan paling diingat mereka adalah perkataan atau perbuatan apa yang kita lakukan kepadanya yang mungkin menyentuh atau mengena di hatinya.

Jadi, dalam setiap hubungan, entah itu dengan teman atau bahkan dengan keluarga sendiri, anda harus berhati-hati dengan perkataan negatif yang mungkin akan menyinggung hatinya.

Sebaliknya, jika anda ingin memberi kesan kepada orang lain, maka katakanlah atau lakukan sesuatu yang menyentuh hatinya.

Orang akan melupakan apa yang kau katakan, orang akan melupakan apa yang kau lakukan, tapi mereka tidak akan pernah lupa bagaimana kau membuat mereka merasa. -Maya Angelou

Semoga 10 motivasi hidup dari kami membuat anda semakin termotivasi tak hanya untuk menjadi orang yang lebih sukses tapi juga lebih baik.