Model Rambut Pendek yang Pas dengan Bentuk Wajah dan Tips Perawatannya

0
453

Banyaknya model rambut pendek yang bertebaran seringkali membuat para wanita kebingungan. Alhasil mereka pun berlomba-lomba untuk meniru gaya rambut yang sedang tren tersebut. Namun ada kalanya wanita juga sering salah dalam memilih model rambut pendek.

Model rambut pendek yang tidak sesuai dengan bentuk wajah kadangkala membuat tampilan wajah menjadi tidak serasi. Model rambut pendek yang sesuai dengan bentuk wajah tentu akan menambah pesona yang Anda miliki. Baca juga artikel tentang cara agar rambut cepat panjang.

Bagi Anda yang sedang bingung memilih model rambut pendek yang sesuai bentuk wajah, kami menyajikan beberapa model rambut pendek sesuai bentuk wajah yang dilansir dari situs Instyle.

Model rambut pendek untuk wajah bulat

Ciri dari wajah ini adalah jarak dari dahi ke dagu sama dengan jarak dari kedua pelipis. Model rambut pendek yang cocok untuk wajah bulat adalah dengan membuat rambut yang lebih panjang sedikit dari dagu. Apabila ingin menggunakan poni, maka ada baiknya Anda menggunakan poni miring. Poni miring akan menghilangkan kesan tembem pada pipi.

Anda bisa mencoba model rambut pixie. Potongan rambut ini memiliki ciri khas runcing seperti mahkota. Potongan berombak di bagian atas akan membuat kesan wajah lebih panjang.

Gaya ini cocok bagi Anda yang memiliki rambut lurus, bergelomabng dan halus. Namun hindari gaya ini jika Anda memilik rambut ikal kecil-kecil.
Model rambut pendek untuk wajah persegi

Bentuk wajah persegi adalah wajah yang cenderung lebar atau berbentuk persegi. Jarak antara pelipis dan rahang sama. Tulang rahang yang terlihat kuat dan dagu yang kurang menonjol. Bentuk wajah ini sedikit unik dari bentuk wajah lainnya.

Maka dari itu dalam memilih model rambut pendek untuk wajah persegi, Anda harus memilih dengan yang benar-benar sesuai agar tidak terlihat aneh. Wajah persegi sebaiknya menerapkan gaya rambut yang sedikit panjang yang diberi sedikit kesan curly agar menekankan kesan anggun dan elegan.

Model rambut bob dengan lapisan pendek dan poni halus cocok untuk Anda yang memiliki wajah persegi. Gaya ini akan lebih memfokuskan tulang pipi sehingga rahang menjadi tidak terlalu menonjol. Jika rambut keriting maka Anda bisa meluruskannya terlebih dahulu. Karena rambut yang terlalu bervolume bisa menutup wajah Anda.

Model rambut pendek untuk wajah segitiga

Ciri khas dari bentuk wajah segitiga adalah dagu yang panjang ditambah dengan jarak pelipis yang lebih lebar dari pangkal rahang. Model rambut pendek untuk wajah ini harus benar-benar disesuaikan dengan bentuk wajah.

Karena jika ada kesalahan gaya rambut maka itu akan menyababkan penampilan Anda menjadi kurang sempurna. Model rambut pendek yang cocok adalah yang diberi bentuk shaggy untuk memberikan kesan anggun.

Model rambut pendek untuk wajah hati

Bentuk wajah ini sebenarnya agak mirip dengan bentuk wajah segitiga dan cukup jarang ditemui. Namun yang membedakannya dengan bentuk wajah segitiga adalah wajah hati memiliki dagu yang lebih lancip. Bentuk wajah ini akan terlihat cantik jika diberi model rambut curly atau bob.

Bentuk wajah hati cocok dengan potongan rambut pixie yang dipotong secara merata pada sisi dan tengkuk dengan lapisan pendek pada bagian atas.

Model ini bertujuan untuk sedikit menghilangkan kesan menonjol pada rahang sementara lapisan berombaknya berfungsi untuk menutupi dahi yang lebar. Untuk mencegah efek berat pada dagu, rambut pada bagian dahi tidak perlu dibuat terlalu padat.

Model rambut pendek untuk wajah oval

Dari beberapa bentuk wajah, wajah oval merupakan bentuk yang paling proporsional. Jarak antara pelipis, rahang, tinggi kening dan dagu semua terbentuk secara proporsional. Jadi bagi Anda pemilik bentuk wajah ini tidak perlu merasa cemas karena bentuk wajah ini cocok dengan bentuk rambut apapun. Model rambut pendek untuk wajah oval bisa disesuaikan dengan karkater Anda.

Model rambut bob dengan ujung menyentuh dagu cocok bagi Anda yang berwajah oval. Gaya rambut bob ini bisa mempertegas bentuk wajah oval Anda. Sedangkan bagi Anda pemilik rambut ikal akan mengesankan rambut lebih bervolume.

Model rambut pendek untuk wajah lonjong

Bentuk wajah ini hampir sama dengan wajah oval. Hanya saja wajah lonjong ini memiliki proporsi wajah yang lebih lonjong dari wajah oval. Jika Anda termasuk pemilik wajah lonjong, Anda bisa mencoba model rambut pendek yang sedikit lebih lonjong dari bentuk wajah. Jika ingin tampil beda, usahakan agar rambut pada bagian samping terlihat lebih panjang.

Setelah mengetahui model rambut pendek yang sesuai dengan bentuk wajah, ada baiknya Anda juga mengetahui cara merawat rambut pendek agar tetap modis. Karena pemiliki rambut pendek juga tak boleh kalah modis dengan pemilik rambut panjang.

Model rambut pendek juga bisa modis dengan melakukan perawatan yang tepat. Rambut pendek mungkin akan membuat Anda sedikit lebih segar jika suhu sedang panas. Berikut merupakan tips perawatan rambut pendek agar tetap modis yang dilansir dari situs Daily Life.

Tips perawatan rambut pendek

1. Minta pendapat profesional

Model rambut pendek sangat beragam. Jadi Anda perlu konsultasikan kepada kepada hairstylist. Jika memang tidak memungkinkan cukup tanyakan saja pendapat orang yang Anda percayai. Minta pendapatnya tentang struktur dan ketebalan rambut Anda sebagai bahan pertimbangan dengan gaya yang sesuai dengan bentuk wajah.

2. Sisir rambut secara lembut

Rambut panjang biasanya lebih mudah kusut sehingga lebih seiring disisir. Berbeda dengan rambu pendek, yang lebih mudah disisr. Agar rambut tetap rapi, Anda bisa menyisirnya secara lembut dengan hanya menyisirnya menggunakan jari jemari.

3. Selektif memilih produk perawatan rambut

Rambut pendek juga membutuhkan perawatan khusus sama halnya dengan rambut panjang. Ada banyak produk perawatan rambut yang bertebaran di pasaran. Pilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

4. Jaga kebersihan rambut

Pemilik rambut pendek membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mencuci rambut. Namun bukan berati Anda bisa mengabaikan kebersihan rambut begitu saja.

Mencuci rambut pendek juga perlu perhatian. Sebelum keramas, cobalah menggunakan minyak kelapa dari pangkal rambut hingga ujung. Setelah itu cucilah rambut dengan sampo. Hal ini dilakukan untuk mencegah kekeringan pada rambut.

5. Jaga tekstur rambut agar tetap halus

Ketika bangun pagi, rambut pendek juga akan terlihat kusut. Namun proses untuk menghaluskannya kembali jauh lebih cepat. Caranya ambil bola kapas lalu rendm dalam air. Setelah itu, oleskan pada rambut untuk menyingkirkan helaian rambut yang keluar.

Oke, itu dia tips perawatan rambut pendek dari kami. Anda bisa menerapkan salah satunya atau semuanya. Jangan malas untuk merawat rambut meskipun rambut Anda pendek.

Karena rambut adalah mahkota wanita dan salah satu aset berharga bagi wanita. Jika tidak dirawat dengan baik, maka akan mengganggu penampilan Anda hingga membuat kehilangan kepercayaan diri.

Semoga artikel model rambut pendek yang kami sajikan membantu Anda dalam mencari ide mengganti gaya rambut.