5 Tips Memilih Model Kebaya untuk Orang Gemuk

0
570

Memilih model kebaya untuk orang gemuk membutuhkan ketelitian. Karena salah sedikit saja maka akan berpengaruh terhadap penampilan. Kebaya merupakan busana tradisional Indonesia yang dapat digunakan oleh para wanita dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja putri, wanita dewasa, bahkan wanita lanjut usia sekalipun bisa mengenakannya.

Biasanya kebaya digunakan untuk menghadiri acara-acara formal semacam pernikahan, wisuda kelulusan, ataupun acara formal lainnya. Kebaya diciptakan untuk seluruh wanita Indonesia.

Selain karena merupakan busana asli tetapi juga menambah keanggunan bagi setiap wanita yang memakainya. Meski demikian, ada teknik khusus untuk mengenakan kebaya. Untuk menambah keanggunan, kebaya yang dikenakan haruslah sesuai dengan postur tubuh.

Seseorang bertubuh langsing tentu lebih mudah memilih kebaya karena hampir semua kebaya yang di jual di pasaran menyasar wanita dengan jenis tubuh ini. Lalu bagaimana dengan wanita bertubuh gemuk? Model kebaya untuk orang gemuk memang agak sulit ditemukan. Tapi bukan berarti tidak ada. Wanita bertubuh gemuk juga bisa tampil anggun dengan model kebaya untuk orang gemuk.

Anda yang bertubuh gemuk mungkin merasa kecewa karena tren kebaya selama ini selalu menyasar wanita bertubuh langsing. Lalu bagaimana cara menyiasatinya? Berikut tips memilih kebaya bagi Anda yang bertubuh gemuk. 

Tips Memilih Model Kebaya untuk Orang Gemuk

1. Hindari penggunaan kebaya berbahan tebal

Hindari menggunakan yang terbuat dari bahan tebal dan kasar. Model kebaya seperti itu hanya akan membuat lekukan pada tubuh Anda terlihat jelas. Lemak pada tubuh pun jadi nampak dan membuat Anda jadi merasa tidak nyaman. Hindari juga kebaya dengan aksen tumpuk karena itu hanya akan membuat tubuh Anda terlihat semakin besar.

2. Pilih kebaya yang sesuai dengan ukuran tubuh

Kebaya yang sesuai dengan tubuh tak hanya digunakan oleh wanita bertubuh langsing saja. Wanita bertubuh gemuk juga harus memperhatikan kebaya yang akan dikenakan. Pilihlah kebaya yang tidak terlalu longgar juga tidak terlalu kecil. Karena kebaya yang sesuai dengan ukuran tubuh bisa membuat efek tubuh lebih seksi.

3. Pilih kebaya dengan bentuk kerah V

Umumnya seseorang yang bertubuh gemuk memiliki leher pendek. Untuk menyiasatinya, hindari mengenakan kebaya berkerah tinggi dan menutupi leher. Karena itu hanya akan membuat leher Anda semakin pendek dan tubuh semakin terlihat besar.

4. Hindari penggunaan kebaya bermotif besar

Jika Anda bertubuh gemuk, maka hindarilah menggunakan kebaya dengan motif yang besar. Motif besar hanya akan membuat tubuh Anda semakin bulat. Gunakan kebaya dengan motif kecil dan sederhana. Motif seperti ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang bertubuh gemuk.

5. Perhatikan pemilihan warna

Sama halnya dengan ketika Anda memilih warna pada pakaian sehari-hari, memilih warna pada kebaya juga dapat berpengaruh pada penampilan. Jika Anda termasuk bertubuh gemuk, maka warna-warna gelap cocok bagi Anda. Tak mesti hitam, saat ini ada banyak jenis warna gelap yang cocok diaplikasikan pada tubuh Anda, seperti biru tua, coklat, abu-abu dan lain sebagainya.

6. Stop aksesori berlebihan

Anda mungkin senang menggunakan banyak aksesori. Namun jika tubuh Anda gemuk sebaiknya hindari menggunakan banyak aksesori, khususnya pada bagian tubuh yang memiliki banyak lemak. Jika Anda tetap ‘ngotot’ ingin memakai aksesoris, maka gunakanlah yang kecil, misalnya kalung pendek dengan liontin yang kecil.

Itulah beberapa tips memilih model kebaya untuk orang gemuk yang perlu Anda ketahui. Perhatikan pula make-up, model rambut atau model hijab jika Anda berhijab.

Mari kita lestarikan budaya Indonesia dengan menggunakan kebaya. Jangan takut menggunakan kebaya hanya karena alasan Anda bertubuh gemuk. Semoga artikel tentang tips memilih model kebaya untuk orang gemuk bisa menjadi inspirasi bagi Anda.