Ragam Motif dan Model Baju Batik Modern Paling Kekinian

0
1045
Food Photography

Saat ini model baju batik modern sangat berkembang pesat. Hal itu dikarenakan kain batik juga kian hari kian populer. Sebagai warisan asli budaya Indonesia tentu kita perlu melestarikannya. Caranya adalah dengan memakai batik.

Desain batik yang kian modern dan kekinian tak perlu diragukan lagi. Telah banyak model baju batik yang berkembang di pasaran. Anda hanya perlu memilihnya sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Jika dulu kain batik hanya digunakan untuk acara formal saja, lain halnya dengan sekarang. Kain batik telah disulap menjadi aneka macam model baju batik yang trendy. Popularitasnya pun bahkan sudah sampai ke mancanegara.

UNESCO juga telah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009. Suatu hal yang wajar bila batik disebut sebagai warisan dunia mengingat batik mengandung sejarah dan nilai-nilai tradisi bangsa Indonesia yang sangat berharga.

Seiring dengan berkembangnya zaman, motif batik pun juga turut mengalami perkembangan. Hal itu pun lebih memudahkan dalam memilih model baju batik yang sesuai.

Selain menggunakannya sebagai busana, cara lain menunjukkan cinta terhadap batik ialah dengan mengetahui apa saja motif-motif batik yang ada di Indonesia. Maka dari itu, simak penjelasan mengenai motif-motif batik yang ada di Indonesia.

Baca juga:

Ragam Model Kebaya Modern untuk Wanita Masa Kini

18 Tipe Desain Baju dalam Dunia Fashion

Motif Baju Batik di Indonesia

1. Motif Batik Sekar Jagad

Sekar Jagad adalah salah satu motif yang paling khas di Indonesia. Motif batik ini berasal dari Yogyakarta sehingga sering pula disebut dengan Batik Jogja. Disebut sekar jagad karena pesona keindahan yang dimilikinya.

Sekar jagad sendiri berarti keindahan atau kecantikan yang membuat siapapun yang melihatnya akan terpesona. Ada juga yang menyebutkan bahwa alasan mengapa batik ini disebut demikian karena sekar jagad yang diambil dari kata ‘kar jagad’ dalam bahasa Jawa berarti peta dunia.

2. Motif Batik Pekalongan

Motif batik Pekalongan kebanyakan mendapat pengaruh dari kebudayaan-kebudayaan luar. Hal ini disebabkan karena Pekalongan terletak di lokasi yang strategis sehingga memudahkan pedagang-pedagang asing dari segala penjuru untuk masuk. Motif batik Pekalongan juga didominasi dengan bentuk flora dan fauna.

3. Motif Batik Sidomukti Magetan

Batik asal Magetan ini memiliki ciri khas pada motif dasar yang bergambar bambu. Sama halnya dengan batik-batik lainnya, batik sidomukti biasanya digunakan pada acara-acara resmi maupun acara-acara adat. Adapun filosofi dari motif batik ini adalah harapan untuk mendapatkan ketenangan lahir batin.

4. Motif Batik Jepara

Motif batik Jepara terdiri dari dua jenis, yakni motif lama dan motif baru. Jenis motif Jepara lama memiliki ciri khas berupa pola warna lung hitam, gajah coklat, flora, fauna daun ulir hijau dan sebagaianya. Sedangkan motif baru Jepara merupakan batik tulis yang terdiri dari ragam variasi. Batik ini juga sering disebut dengan Batik Kartini karena R.A. Kartini berasal dari Jepara.

5. Motif Batik Keraton

Pada mulanya, motif batik keraton adalah batik yang eksklusif karena hanya boleh digunakan oleh Sultan dan keluarganya saja. Alasannya karena yang menemukan motif batik ini adalah putri-putri keraton Yogya yang masih termasuk anggota keluarga Sultan.

Hal itu pun membuat rakyat biasa tidak diperkenankan memakai batik ini. Tapi peraturan tersebut akhirnya dicabut sehingga rakyat pun juga boleh menggunakan batik ini.

6. Motif Batik Solo

Batik Solo atau yang biasa juga disebut sebagai batik sogan memiliki ciri khas pada warna motifnya yang berwarna kecoklatan. Pembuatannya terbilang unik karena masih menerapkan konsep-konsep tradisional dengan hanya menggunakan bahan alami sebagai pewarnanya. Pembuatan motif batik Solo terinspirasi dari gelombang-gelombang sungai Bengawan Solo yang membawa ketenangan.

7. Motif Batik Tasik

Batik Tasik berkembang di Tanah Sunda. Motif batik ini juga memiliki ciri khas tersendiri sebagaimana sebagaimana motif batik lainnya. Batik Tasik umumnya memiliki ciri yakni berupa motif rerumputan, flora, fauna, dan hal lainnya yang berkaitan dengan alam. Batik Tasik kebanyakan berwarna biru, merah padam, dan coklat.

Model Baju Batik Modern

1. Kemeja

Model baju batik kantor banyak digemari oleh para pekerja kantoran maupun profesi lainnya. Bahkan ada beberapa perusahaan atau instansi yang mewajibkan seluruh karyawannya untuk mengenakan batik tapi ada juga yang mewajibkan pemakaian batik pada hari-hari tertentu saja.

Dengan begini, para pekerja kantoran bisa tampil modis dengan batik. Baju batik kantor tentu dibuat lebih nyaman dan simpel sehingga kesan profesional tetap melekat. Model baju batik ada yang dibuat untuk pria dan ada juga yang dibuat untuk wanita.

2. Gamis

Siapa bilang kalau berhijab tidak boleh bergaya? Sekarang ada banyak sekali model baju batik gamis yang dibuat khusus untuk para hijaber. Gamis batik tentu dibuat sesuai syariat Islam yakni harus menutup aurat dan sopan.

Meski demikian, tetaplah memilih gamis batik yang nyaman dipakai. Pilihlah bahan yang nyaman dipakai dan sesuaikan motif dengan momen yang dihadiri. Pemilihan jilbab juga harus disesuaikan dengan warna dan motif batik agar terlihat lebih eye cathing.

3. Gaun Pesta

Model baju batik pesta tentu lebih anggun dan mewah bagi wanita, sedangkan untuk pria harus berkelas. Tapi tidak semua baju batik pesta dibuat mewah. Pemilihannya tentu harus didasarkan pada tema pesta yang akan dihadiri.

Jika pestanya berkonsep mewah maka pilihlah batik yang juga glamor. Tapi jika pestanya berkonsep santai maka pilihlah batik yang elegan. Pemilihan warna juga harus diperhatikan. Bila pestanya malam hari maka pilihlah warna cerah. Namun jika pestanya siang hari maka pilihlah warna lembut.

4. Blazer

Motifnya yang aneka ragam membuat para desainer berlomba-lomba menerapkan batik pada berbagai fashion item, salah satunya blazer. Saat ini sudah banyak blazer yang menggunakan motif batik.

Blazer batik ini dapat digunakan untuk acara formal seperti ke kantor, pertemuan, acara reunian, maupun pesta. Warnanya juga bermacam-macam tergantung coraknya. Jadi Anda bisa memilih blazer batik sesuai dengan momen yang ingin Anda datangi.

5. Dress

Batik juga sudah merambah ke pakaian anak muda seperti dress, baik itu long dress maupun mini dress. Batik untuk dress biasanya lebih cheerfull dengan pemilihan warna-warna ceria yang cocok untuk anak muda.

Desainnya yang cantik serta tampilannya yang kekininan tentu akan membuat para gadis remaja menyukainya. Gadis-gadis remaja pun bisa menggunakannya walau hanya untuk sekedar bersantai dengan teman-temannya.

model-baju-batik

6. Jaket

Jaket yang digunakan untuk melindungi tubuh dari ganasnya suhu dingin juga telah menjadi kanvas untuk batik. Sudah banyak orang, baik pria ataupun wanita yang menggunakan jaket dengan motif batik.

Jaket yang modern berpadu dengan batik yang klasik hingga tampillah gaya modern nan klasik. Selain sebagai mode, jaket batik juga secara tidak langsung turut membawa nuansa kultural sehingga penampilan pun terlihat lebih beda dari yang lainnya.

Semoga artikel tentang ragam motif batik dan model baju batik modern paling kekinian ini bisa bermanfaat bagi Anda.