Menghitung Berat Badan Ideal Itu Mudah, Begini Caranya

0
251

Menghitung berat badan ideal anda apakah sudah pas sesuai atau belum sangat mudah. Hanya dengan menghitung tinggi badan dan berat badan.

Tinggi dan berat badan lalu dimasukkan ke dalam rumus Index Massa Tubuh (IMT) yang disebut juga dengan Body Mass Index (BMI). Hasil dari IMT tersebutlah yang menentukan apakah berat badan anda sudah normal atau belum.

Setiap kita tentu mendambakan berat badan yang ideal. Kita pun melakukan berbagai cara untuk mendapatkan berat badan ideal, misalkan dengan mengurangi makan.

Namun sebelum melakukan hal tersebut sebaiknya anda mengetahui dulu, status berat badan anda, apakah masih normal, berlebih atau gemuk, atau sangat berlebihan atau obesitas.

Cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus IMT yang sangat sederhana, sebagai berikut :

IMT = Berat badan : (tinggi badan x tinggi badan)

Untuk wanita, jika setelah menghitung berat badan ideal hasil yang didapatkan adalah 17-23 itu berarti berat badannya masih tergolong normal.

Berat badan dikatakan melebihi batas normal jika hasil IMT yang dihasilkan adalah 23-27. Sementara, jika hasil IMT menunjukkan angka lebih dari 27, maka itu berarti anda tergolong obesitas.

Untuk pria, jika hasil yang diperoleh adalah 18-25, itu artinya berat badan anda masih normal. Sedang jika hasil setelah menghitung berat badan ideal 25-27, berat badan anda sudah dikateogrikan berlebih atau gemuk.

Namun anda patut berhati-hati jika hasilnya menunjukkan angka lebih dari 27, karena itu bertanda bahwa berat badan anda sudah sangat tidak normal, obesitas.

Bagi penderita obesitas, adalah langkah yang tepat untuk menjalankan program penurunan berat badan dengan serius.

Karena obesitas merupakan masalah tubuh yang hanya akan membuat tubuh tampak sangat gemuk dan sulit bergerak namun juga akan berdampak buruk untuk ke depannya karena dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit serius.

Selain obesitas, masalah berat badan lain yang harus tidak boleh dipandang enteng adalah kekurangan berat badan.

Kekurangan berat badan ini juga dapat diketahui dengan menggunakan rumus IMT, yakni jika dari perhitungan menunjukkan hasil di bawah angka 17.

Turunkan Berat Badan dengan Konsumsi Jumlah Kalori yang Tepat

Setelah mengetahui status berat badan anda, dan berniat untuk menurukan berat badan, salah satu ide yang terpikir tentu dengan mengurangi konsumsi makanan. Namun mengurangi asupan makanan pun ada metodenya.

Pertama, anda harus tahu dulu, berapa batas asupan kalori yang harus anda konsumsi setiap harinya agar program penurunan berat badan anda dapat berhasil tanpa membuat anda kekuragan nutrisi.

Kalori harian yang diperlukan tubuh bergantung pada beberapa faktor. Di antaranya :

1. Aktivitas

Semakin sering beraktivitas maka akan semakin banyak asupan kalori yang boleh dikonsumsi. Sebaliknya, semakin jarang beraktivitas maka kalori yang masuk ke tubuh pun lebih sedikit.

2. Jenis kelamin

Pria membutuhkan kalori yang lebih banyak dibanding wanita. Hal itu karena pada umumnya pria lebih banyak beraktifitas dan memiliki massa tubuh yang lebih dibanding wanita.

3. Usia

Semakin bertambah usia maka asupan kalori semakin banyak. Namun saat mencapai usia 30 ke atas, kebutuhan akan kalori pun sedikit demi sedikit akan berkurang.

Untuk wanita yang berusia sekitar 19-30 tahun yang sangat jarang beraktivitas, asupan kalori harian untuk mengurangi berat badannya adalah 2000 kalori.

Mereka dengan intensitas beraktivitas yang sedang akan sebaiknya mengonsumsi kalori di batasan 2000-2200. Sedang bagi wanita yang sangat aktif bergerak dapat mengonsumsi kalori sebanyak 2400 kalori.

Sementara untuk wanita yang berusia sekitar 31-51 konsumsi kalori yang tepat adalah 1800 jika ia tergolong sangat jarang berktivitas. Jika aktifitas hariannya cukup sering, asupan kalori yang tepat adalah 2000 kalori.

Adapun jika anda termasuk wanita yang sangat sering beraktivitas, maka jumlah kalori harian yang pas buat anda adalah 2200 kalori.

Nah itu dia cara mengetahui berat badan ideal dengan rumus IMT, semoga membantu anda untuk menghitung berat badan ideal anda.