7 Inspirasi Kerajinan dari Barang Bekas Botol dan Kardus

0
1112

Jika di rumah Anda banyak botol dan kardus bekas, maka janganlah membuangnya karena Anda bisa membuat kerajinan dari barang bekas dengan menggunakan botol maupun kardus.

Barang bekas tersebut dapat dibuat menjadi beberapa benda yang bermanfaat. Hal itu tentu lebih baik daripada membuangnya karena akan mencemari lingkungan. Jika tidak dibuang maka hanya akan membuat rumah penuh dengan barang bekas yang tidak berguna.

Kerajinan dari barang bekas selain dapat bermanfaat sebagai alat rumah tangga, juga dapat kembali Anda jual, lho. Ada banyak contoh kerajinan dari barang bekas yang mudah dibuat. Nah, inilah beberapa contoh kerajinan dari barang bekas yang bisa jadi inspirasi bagi Anda.

Kerajinan dari Barang Bekas yang Kreatif

1. Pot dari botol plastik

Bagi Anda yang hobi menanam segala jenis tumbuhan di rumah, maka membuat pot dari botol bekas air mineral bisa Anda coba. Cara membuatnya sangat mudah. Anda hanya perlu memotong salah satu sisi dari botol bekas tersebut. Potonglah secara vertikal seperti bentuk persegi panjang. Untuk memperindah tampilan, Anda dapat mewarnainya dengan cat atau menghiasinya sesuai dengan selera Anda.

2. Lampu hias dari botol bekas

Tak hanya membuat pot. Botol bekas juga dapat digunakan untuk membuat lampu hias, tapi sebaiknya gunakan botol kaca misalnya botol bekas sirup. Ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan dekorasi rumah yang unik tapi minim budget. Cara membuatnya tidak sulit. Anda cukup memasukkan kabel atau lampu (curtain lamp) ke dalamnya. Atau Anda juga bisa membuatnya sesuai selera.

Baca juga: 

Cara Membuat Slime yang Aman dan Mudah untuk Si Buah Hati

41 Ide Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

3. Mini labirin dari kardus bekas

Apakah di rumah Anda banyak kardus bekas berukuran besar? Apakah Anda memiliki anak kecil? Jika iya, maka membuat mini labirin dari kardus bekas untuk anak Anda adalah pilihan yang tepat. Selain murah, bermain dalam labirin juga akan membantu perkembangan otak dan fisik anak.

Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya perlu menyusun beberapa kardus bekas berbentuk labirin. Rekatkan masing-masing kardus dengan selotip agar tidak terlepas saat anak Anda bermain di dalamnya.

4. Kursi dari kardus

Jika selama ini kita sering melihat kursi terbuat dari kayu, besi atau plastik, maka kini ada juga kursi dari bahan kardus. Kursi kardus ini bisa Anda buat sendiri dengan memanfaatkan kardus bekas.

Anda bisa mendesainnya sendiri sesuai selera. Meski demikian, kursi kardus ini hanya bisa dijadikan sebagai pajangan dan tidak dapat diduduki mengingat bahannya yang tidak sekuat kursi kayu atau plastik.

5. Celengan dari kardus

Kardus bekas juga bisa dibuat untuk membuat celengan. Untuk membuatnya, Anda harus membuat dulu desainnya, misalnya berbentuk kotak. Setelah itu, potong dan rekatkan agar berbentuk celengan. Anda bisa menghiasi dan mewarnainya sesuai selera.

6. Bunga dari kardus

Membuat bunga dari kardus memiliki kesan unik dan kreatif. Anda bisa membuat bunga dari kardus sebagai hiasan ruangan ataupun sebagai hadiah. Bentuk dan desainnya bisa Anda kreasikan sendiri sesuai selera. Bagian terbaiknya adalah bunga kardus ini tidak akan layu, jadi bisa dipajang dalam jangka waktu yang lama.

7. Binatang dari kardus

Kerajinan dari barang bekas selanjutnya adalah binatang dari kardus. Setelah membuat bunga dari kardus, Anda juga bisa membuat berbagai bentuk binatang dari dengan menggunakna kardus bekas. Bunga dan binatang dari kardus memang tidak membantu pekerjaan tapi dapat dijadikan pajangan di rumah. Anda pun tidak perlu lagi mengeluarkan terlalu banyak uang untuk membeli hiasan rumah.

Bagaimana, keren bukan kerajinan dari bahan botol dan kardus di atas? Semoga artikel bisa memberi Anda inspirasi dalam membuat kerajinan dari barang bekas.