40 Kata Kata Mutiara Kehidupan untuk Pola Pikir Lebih Positif

0
2804

Kata-kata mutiara kehidupan adalah serangkaian kalimat yang mengandung makna yang dalam tentang kehidupan. Kata-kata mutiara kehidupan selalu memberi kita inspirasi, motivasi, dan pelajaran.

Tidak sedikit kata-kata mutiara kehidupan yang mampu mengajarkan kita tentang arti sebuah perjuangan setelah berkali-kali mengalami kegagalan.

Kata-kata mutiara kehidupan juga mampu memberi pandangan baru kepada kita akan hal-hal yang tidak pernah terpikirkan dalam kepala kita sebelumnya.

Karena fungsinya yang begitu positif, kata-kata mutiara kehidupan ini telah banyak digunakan sebagai sebagai moto hidup oleh banyak orang, atau sebagai “mantra” ampuh untuk menghidupkan kembali semangat yang melesu.

Kata-kata mutiara kehidupan ini sudah banyak menghias buku-buku pengembangan diri, kalender, hingga buku-buku tulis. Untuk dapat selalu semangat menjalani hari, ada baiknya jika anda memulai setiap pagi anda dengan merenungi beberapa kata-kata mutiara kehidupan.

40 Kata Kata Mutiara Kehidupan agar Pola Pikir Lebih Positif

Bagi anda yang ingin mengambil manfaat baik dari kata-kata mutiara kehidupan, silakan simak 40 kata-kata mutiara kehidupan berikut ini dan rasakan semangat baru!

1. Hidup adalah siklus pasang surut, berkembang dan bertumbuh hingga akhirnya tiada. Maka isilah hidup sebaik yang kau bisa, sebermanfaat yang kau mampu, sebelum kehidupan itu pergi dan terlepas.

2. Kegagalan adalah teman yang lebih baik daripada pujian. Kegagalan mengingatkanmu untuk lebih serius mencapai tujuan, sedang pujian terkadang membuatmu lalai bahwa kau masih butuh banyak perubahan.

3. Hati adalah alat Tuhan berkomunikasi dengan hambanya. Jika kau merasa tersesat, dengarkan kata hatimu. Percayai dan jalankan yang dituntunnya, maka kau akan menemukan kejutan menyenangkan dari Tuhan.

4. Roda tidak akan berdiri jika tidak berputar. Begitu pun kehidupan, tidak akan berjalan jika tidak mengalami perputaran, naik turun nasib.

5. Tidak ada gunanya mengutuk hujan yang tak juga reda. Tapi kau selalu punya pilihan, berteduh di bawah pohon, mengembangkan payung, atau menari di bawah hujan.

6. Setiap manusia diciptakan berbeda untuk saling melengkapi. Tidak mungkin pelangi akan indah jika tidak terdiri dari warna-warna berbeda.

7. Hal yang paling konyol di dunia ini adalah memaksakan persamaan. Padahal Tuhan sengaja untuk menciptakan perbedaan di muka bumi. Perhatikan sidik jari manusia, adakah yang sama?

8. Sebuah pedang tidak akan tajam dan kuat jika sebelumnya ia tidak dipukul, dibakar dalam nyala api, dan direndam dalam air dingin. Begitupun manusia. Kualitasnya bergantung pada tahap kehidupan yang sudah dia jalani.

9. Memberi itu adalah mendapatkan. Mendapatkan kasih sayang, persahabatan, dan doa.

10. Sabar itu mudah, kau tidak perlu melawan, hanya perlu tenang menguatkan hati. Emosi dan egolah yang membuat sabar menjadi sulit.

11. Tidak penting siapa yang akan membalas kebaikanmu, yang terpenting adalah berbuat baiklah selalu. Karena Tuhan selalu punya cara unik untuk membalas jasamu, meski itu bukan melalui orang yang pernah engkau bantu.

12. Dirimu sesuai dengan apa yang kau pikirkan. Karena pikiran punya kekuatan yang mampu menggerakkan sikap diri, yang mengundang respon alam sesuai dengan sikap yang kau pancarkan.

13. Kecemasan adalah ilusi buruk tentang masa depan. Daripada membuang waktumu untuk cemas terhadap apa yang belum pasti terjadi, lebih baik mempersiapkan diri untuk menghadapi.

14. Itulah gunanya Tuhan memberi indra yang lengkap, akal yang berfungsi, dan hati yang hidup. Agar setiap kita mampu bertanggung jawab menjalani kehidupan, dan bukannya terus menyalahkan Tuhan atas apa yang terjadi.

15. Tidak ada anak yang mampu berlari sebelum merasakan jatuh bangun saat belajar berdiri dan berjalan. Kita yang sudah dewasa seringkali lupa dengan filosofi ini. Sering-seringlah meniru sikap pantang menyerah anak-anak dalam mencapai keberhasilan.


16. Semua berawal dari mimpi. Namun mimpi itu tinggallah bunga tidur tak bermakna jika kau hanya terbuai dan tak punya upaya untuk membuatnya nyata.

17. Ketenangan adalah kunci untuk melakukan segala sesuatunya dengan cepat dan tepat.

18. Kita tidak selamanya bisa mencegah hal buruk terjadi. Tapi kita selalu diberi pilihan untuk menyikapinya. Pilihannya, ingin menjadi korban yang tak berdaya, atau menjadi pejuang yang mengambil hikmah di balik setiap peristiwa.

19. Hidupmu adalah hidupmu. Namun hidupmu itu tumbuh di tengah hidup lingkunganmu. Hiduplah dengan caramu, selaraskan dengan hidup lingkunganmu, maka kau akan hidup damai.

20. Jika orang lain tidak bisa memahamimu, maka kamulah yang memahami mereka. Karena lebih mudah mengontrol diri sendiri, daripada menyetir orang lain untuk sesuai harapan kita.

21. Kekayaan yang paling berharga adalah kekayaan hati. Karena jika seseorang sudah memiliki kekayaan hati, dia akan terus merasa bahagia meski hidup seadanya.

22. Kehidupan adalah tentang keberanian. Keberanian menetapkan pilihan, keberanian menjalani pilihan, dan keberanian mengambil risiko atas pilihan.

23. Banyak orang yang tidak berhasil bukan karena mereka tidak bisa berhasil, tapi karena mereka tidak sadar betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah.

24. Jika hidup sekedar mengejar materi, Tuhan tidak akan menciptakan rasa cinta, rindu, dan kasih sayang untuk kita.

25. Tidak perlu takut optimis, karena optimisme tidak akan merugikanmu sedikit pun bahkan saat kenyataan nantinya tak seperti harapanmu. Yang perlu kau takutkan justru pesimisme, karena ia akan terus menghalangimu bahkan untuk sesuatu yang mestinya kau menangkan.

26. Semakin kau mengeluhkan sesuatu, semakin sesuatu itu menjadi sulit bagimu.

27. Hukum alam mengajarkan manusia tentang filosofi hukum karma. Sebagaimana bola yang dilempar ke atas pasti akan jatuh kembali, begitu pun kebaikan dan keburukan yang dilakukan, pasti akan berbalik.

28. Jangan pernah menghakimi kehidupan seseorang saat ini jika kamu bukan bagian penting dari masa lalunya.

29. Bersyukur adalah cara terbaik menikmati keterbatasan.

30. Kegagalan adalah anak tangga menuju kesuksesan. Semakin sering kau gagal, semakin dekat kau dengan keberhasilan.

31. Kau tidak sampai ke garis finish jika terus sibuk mengamati pelari lain saat berlari. Fokuslah dengan jalurmu dan garis finish yang ingin kau capai.

32. Kau tidak akan bisa berhasil mencapai tujuanmu jika terus sibuk mengubah jalur demi menyenangkan semua orang.

33. Kau mungkin belum mendapatkan apa yang kau impikan, namun selama kau hidup, kemungkinan baik akan selalu ada, hanya soal waktu.

34. Syukurilah hidupmu. Karena hidup yang kau keluhkan saat ini mungkin adalah hidup yang tengah didamba-dambakan orang lain.

35. Apa yang dimiliki orang lain mungkin tidak kau miliki. Tapi yang kau miliki mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Setiap kita punya keberuntungannya masing-masing, jadi syukurilah.

36. Ketakutan yang paling mengerikan adalah rasa takut itu sendiri.

37. Teori dan kenyataan seringkali berbeda. Kau tidak akan pernah tahu apakah kau bisa atau tidak sebelum mencoba untuk mempraktekkannya.

38. Jangan menilai orang lain hanya dari luarnya saja. Pribadi seseorang terlalu kompleks untuk dapat diketahui hanya dari kulitnya.

39. Setiap orang berbuat kesalahan. Dan Tuhan selalu memberikan kita kesempatan untuk memperbaikinya.

40. Tidak akan sempurna suatu kesuksesan jika kau hanya menikmatinya seorang diri.
Itu dia 40 kata-kata mutiara kehidupan, semoga bisa menginsirasi anda untuk bisa menjalani hidup dengan cara yang lebih positif.