Kata Kata Bijak Kehidupan tentang Kegagalan, Kesabaran, hingga Kesuksesan

0
1031

Sudah ada banyak sekali kata-kata bijak kehidupan yang telah diciptakan para filsuf dan tokoh-tokoh yang dikenal bijak. Kata-kata bijak kehidupan ini banyak diabadikan dalam karya-karya sastra puisi maupun prosa.

Hingga kini, kata-kata bijak kehidupan masih terus populer di kalangan muda dan tua. Wajar memang, karena kata-kata bijak kehidupan tersebut selalu mampu membangkitkan kembali perasaan dan pikiran positif bagi orang yang membacanya.

Saat ada masalah, atau saat semangat sedang melempem, kita tentu membutuhkan motivasi, dan kata-kata bijak kehidupan adalah salah satu sumber inspirasinya.

Untuk anda yang sedang membutuhkan inspirasi agar semangat dan sikap positif anda kembali bangkit, berikut kami sajikan kata-kata bijak kehidupan tentang kegagalan, kesabaran, ilmu, hubungan antar manusia, dan kesusksesan.

Kata-Kata Bijak Kehidupan tentang Kegagalan

  1. Kegagalan adalah risiko dari setiap upaya menuju kesuksesan. Jika anda takut dan terus menghindari kegagalan, itu sama saja anda tidak akan menemui kesuksesan.

  2. Anak panah akan melesat jauh ke depan jika sebelumnya ditarik jauh ke belakang. Begitu pun mereka yang telah sukses. Kesuksesan luar biasa yang mereka raih seringkali setelah mengalami kegagalan yang teramat.

  3. Kegagalan adalah bumbu yang akan membuat perjuangan semakin terasa, dan kesuksesan semakin lezat.

  4. Bahkan para penemu handal nan ternama harus mengalami belasan, puluhan hingga ribuan kali percobaan gagal sebelum menemukan titik sukses.

  5. Kegagalan adalah guru terbaik yang mengajarkan kita untuk bangkit kembali dan mengetahui hal-hal yang keliru yang harus kita hindari berikutnya. Tanpa kegagalan, kita tidak akan pernah belajar.

  6. Orang yang hebat bukan dia yang mencapai keberhasilan sekali berusaha. Melainkan dia yang terus bangkit dan tidak kapok berusaha meski sudah berkali-kali gagal.

  7. Ciri orang yang akan sukses adalah mereka yang menghargai setiap kegagalan sebagai suatu proses yang harus dijalani. Bukan mereka yang mengutuki kegagalan sebagai penghalang kesuksesan.

  8. Kegagalan adalah pelajaran berharga yang akan paling diingat oleh memori otak.

Kata-kata Bijak Kehidupan tentang Kesabaran

  1. Kesabaran adalah teman baik kesuksesan. Seseorang yang mencapai kesuksesan adalah mereka yang selalu bersabar menghadapi segala cobaan dan rintangan.

  2. Orang sabar bukan orang yang pasif. Orang sabar justru orang yang aktif. Aktif menata hati agar tidak dikalahkan oleh emosi dan keadaan.

  3. Sabar bukan berarti diam saja saat merasa dirugikan, tapi mampu mengungkapkan pandangannya dengan cara yang terkendali.

  4. Orang sabar adalah orang-orang yang memiliki kemampuan berpikiran positif yang luar biasa. Karena mereka mampu melihat masa depan yang cerah di tengah kesulitan yang mendera.

  5. Sabar itu tidak ada batasnya, jika sabar masih ada batasnya, itu bukan kesabaran, hanya kekesalan yang tertunda untuk dikeluarkan.

  6. Kesabaran bukan anugerah yang hanya Tuhan berikan pada orang-orang tertentu. Kesabaran adalah seni menata hati dan sikap yang bisa dikuasai dengan belajar.

  7. Bersyukur dan bersabar adalah dua modal utama yang akan membuatmu bahagia dan bertahan dalam segala kondisi.

Kata-kata Bijak Kehidupan tentang Ilmu

  1. Jika kau memberi sekantong beras untuk seseorang, kau telah memberinya makan untuk beberapa hari. Tapi jika kau memberinya ilmu tentang cara menanam dan memanen beras, kau telah memberinya makan untuk selamanya.

  2. Guru hanyalah penyampai ilmu. Tentang apakah ilmu itu akan bermanfaat atau tidak, itu tergantung muridnya.

  3. Ilmu tanpa praktek hanya menjadi teori usang yang tidak bermakna. Praktek tanpa ilmu akan menyebabkan kesalahan yang merugikan.

  4. Cara terbaik untuk mensyukuri akal dan otak yang Tuhan berikan kepada kita adalah dengan menghiasinya dengan ilmu.

  5. Semakin tinggi ilmu seseorang, semakin jauh dia dari sifat sombong dan sikap sok pintar.

  6. Ada dua hal yang akan menghalangi seseorang dari kecerdasan: sikap sombong yang akan menjadikannya berhenti belajar karena merasa sudah hebat, dan sikap rendah diri yang akan membuatnya berhenti belajar karena merasa pasti akan gagal.

  7. Orang cerdas adalah dia yang sadar betul bahwa dia belum tahu segalanya.

  8. Sehebat apapun seseorang, menjadi pengusaha sukses, dokter ahli, atau perancang pesawat yang handal, keberhasilannya tidak akan terlepas dari seorang sederhana yang bernama ‘guru’.

Kata-kata Bijak Kehidupan tentang Hubungan antar Manusia

  1. Orang miskin yang kau tolong mungkin tidak punya harta untuk membalas kebaikanmu tapi dia punya doa tulus ikhlas untukmu yang bersambungan langsung dengan restu sang Pencipta.

  2. Kata maaf, terima kasih, dan tolong adalah tiga kata sederhana yang mencerminkan kualitas seseorang dalam menghargai orang lain.

  3. Alasan Tuhan menciptakan kita dengan potensi yang berbeda-beda adalah untuk saling menolong dan berinteraksi.

  4. Kita tidak selamanya bertemu dengan orang-orang yang kita inginkan. Dan salah satu cara untuk menghadapinya adalah dengan memaklumi bahwa setiap orang berbeda.

  5. Jangan takut jika kebaikan yang kamu lakukan tidak akan dihargai. Karena harga dari kebaikanmu adalah seberapa ikhlas kamu melakukannya meski tidak dihargai.

  6. Jangan mudah menyimpulkan kepribadian seseorang, karena selalu ada hal-hal unik dalam diri seseorang yang baru bisa kau dapati setelah lama berinteraksi.

  7. Dua sikap yang akan menjauhkanmu dari kasih sayang orang lain adalah sikap terlalu menutup diri dan sikap terlalu buka-bukaan mengkritik orang lain.

  8. Selalulah menampakkan wajah yang ramah pada orang lain, karena pada saat itu, kau tidak hanya menyenangkan hati orang lain namun juga sedang membentuk kebahagiaan di dalam hatimu sendiri.

Kata-kata Bijak Kehidupan tentang Kesuksesan

  1. Kesuksesan tidak melulu dinilai dari harta atau jabatan. Sukses adalah saat kau merasa bahagia dengan apa yang telah kau capai. Jika kau bahagia dengan keluarga yang harmonis yang kau miliki, maka keluarga harmonis itu adalah kesuksesanmu.

  2. Kesuksesan ibarat buah manis yang siap dipetik dari pohon yang telah kau pupuk dan kau rawat dengan sangat sabar.

  3. Kesuksesan akan diraih oleh orang-orang yang setia pada mimpi dan upayanya. Karena kesuksesan diawali dari keberanian bermimpi dan diraih dengan ketekunan berupaya.

  4. Barangsiapa yang menginginkan mutiara harus berani terjun ke laut yang dalam (Ir. Sukarno)

  5. Kesuksesan dibentuk dari mental. Jika ingin sukses, bangun mental pemenang. Dan salah satu mental seorang pemenang adalah berani mencoba dan tidak takut gagal.

  6. Kesuksesan bukan untuk dipikirkan berlama-lama tapi untuk direalisasikan. Karena tanpa realisasi, itu bukan kesuksesan melainkan hanya angan-angan indah.

  7. Orang sukses adalah yang mampu mengubah kekurangannya menjadi kekuatannya, dan bukan terpuruk dalam rasa sesal tidak berdaya akibat kekurangannya.

  8. Kesuksesan yang mulia adalah saat kau berbagi kesuksesan dengan membantu orang lain mengembangkan potensinya agar turut sukses.

Itu dia kata-kata bijak kehidupan tentang kegagalan hingga kesuksesan, semoga memberi inspirasi kepada anda agar menjadi pribadi yang semakin bijak menapaki hidup.