6 Manfaat Jus Buah Naga Bagi Tubuh dan Cara Membuatnya

0
441

Jus buah naga merupakan salah satu makanan sehat untuk mendapatkan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi bagi sebagian orang, menyiapkan makanan sehat adalah hal yang merepotkan. Oleh karena itu diperlukan alternatif lain untuk mendapatkan gizi dari makanan, misalnya membuat jus.

Jus merupakan minuman yang terbuat dari buah-buahan yang dihaluskan. Saat ini ada banyak sekali jenis buah sehat yang dibudidayakan di masyarakat kita, salah satunya adalah buah naga.

Buah ini tak hanya enak dijadikan pendamping makanan, tetapi juga segar saat dibuat menjadi jus. Tetapi kadang orang-orang malas membuat jus dengan alasan bosan.

Anda tak perlu khawatir, karena kami akan menguraikan kreasi mudah membuat jus buah naga yang sehat dan segar. Tapi sebelumnya ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu manfaat dari buah naga seperti yang dibagikan Medical Daily.

Manfaat Jus Buah Naga bagi Kesehatan

1. Anti penuaan

Antioxidan sangat penting untuk menjaga kekencangan kulit. Anti oksdian juga dapat melawan radikal bebas pada tubuh yang bisa menyebabkan penyakit, seperti kanker. Kandungan vitamin C pada buah eksotis ini menjadikannya sebagai salah satu anti oksidan terbaik.

2. Pencegahan kanker

Buah naga mengandung karoten yang berfungsi sebagai anti-karsinogenik yang baik untuk melawan tumor. Selain itu, likopen yang terknadung dalam warna merah buah naga, terbukti mampu menurunkan risiko kanker prostat.

Sebuah studi yang diterbitakn oleh Asian Pasific Journal Prevention pada tahun 2011, menemukan bahwa likopen dari 2.498 mcg / hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Buah naga baik untuk meningkatkan kesehatan jantung karena berfungsi mengurangi tingkat kolestrol jahat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal penelitian farmakologis pada tahun 2010, menemukan bahwa mengonsumsi buah naga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Buah ini merupakan sumber lemak monosaturated yang baik untuk menjaga kondisi hati agar selalu baik.

4. Mencegah diabetes

Tingginya jumlah serat yang terkandung dalam buah ini dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah seseorang. Hal ini akan menghambat terjadinya lonjakan gula yang terjadi setelah makan makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Dalam studi yang sama di jurnal Farmakognosi Research, peneliti menemukan buah naga memiliki efek yang berharga pada stres oksidatif yang diakibatkan dari kekakuan aorta. Hal ini menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi buah ini secara teratur bermanfaat dalam mencegah diabetes.

5. Melancarkan pencernaan

Buah naga memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Serat pada tubuh berfungsi untuk meningkatkan gerakan usus dengan menfasilitasinya melalui pencernaan. Mengonsumsi buah ini dapat membantu mengurangi kemungkinan kondisi seperti sembelit dan sindrom iritasi usus besar.

6. Mendorong kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah naga dapat menambah sistem kekebalan tubuh dan menambah rangsangan aktivitas antioksidan lainnya. Vitamin C, mineral, pytoalbumin dalam buah naga mampu melawan radikal bebas dan memiliki antioksidan.

Vitamin B1, B2, B3, kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin, dan serat juga memberikan kontribusi untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Baca juga artikel menarik kami yang lain tips hidup sehat agar tubuh tampak lebih menarik dan tetap fit.

Cara Membuat Jus Buah Naga yang Enak dan Menyegarkan

Bahan-bahan untuk membuat kreasi jus buah naga

1. Buah naga ukuran sedang sebanyak 2 buah

3. ¾ gelas air dingin

3. 1 sdm air perasan lemon

4. 2 sdm gula

Cara pembuatan jus buah naga

1. Ambil pisau dan potong buah naga menjadi 2 bagian. Keruk daging buah dengan menggunakan sendok bersih. Pastikan semua daging dikeruk.

2. Jangan membuang kulit buah. Masukkan kulit buah yang telah dikeruk isinya ke dalam kulkas.

3. Masukkan daging buah, air dingin, air lemon, dan gula ke dalam blender. Biarkan sampai semua bahan menyatu dengan lembut.

4. Matikan blender, tuang ke dalam mesin pembuat es krim. Kocok sampai membeku.

5. Setelah membeku, keruk buah naga yang telah menjadi es krim lalu masukkan ke dalam kulit buah yang tadi dibekukan. Bisa juga Anda membekukan es krim bersama dengan kulit buahnya.

6. Kreasi jus buah naga pun siap dinikmati.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah naga. Jika tak suka makan buahnya langsung, anda bisa menjadikannya jus buah naga.