Introvert Adalah Pribadi yang Manis, Berikut Tanda-Tanda Anda Seorang Introvert

0
472

Extrovert dan Introvert adalah sebuah teori kepribadian yang dipopulerkan oleh psikolog terkenal asal Swiss, Carl Gustav Jung. Menurutnya kepribadian setiap orang terbagi ke dalam dua hal tersebut, yakni kepribadian terbuka (ekstrovert) dan tertutup (introvert). Seseorang yang ekstrovert cenderung lebih banyak bicara dan enerjik, sedangkan seseorang yang introvert cenderung lebih pendiam dan suka menyendiri.

Banyak yang beranggapan bahwa kepribadian ekstrovert lebih baik daripada kepribadian introvert. Hal itu dikarenakan orang dengan kepribadian ekstrovert pandai bergaul dan memiliki banyak teman. Berbeda halnya dengan orang yang berkepribadian introvert yang cenderung menarik diri dari pergaulan. Benarkah demikian? Lalu apa sebenarnya definisi introvert?

Baca juga artikel tentang tes psikologi kepribadian untuk mengetahui jenis kepribadian Anda.

Introvert adalah?

Introvert adalah suatu keadaan mental di mana seseorang lebih senang terfokus pada perasaan internal daripada sumber-sumber yang berasal dari luar. Mereka cenderung menyuai situasi yang tenang, suka menyendiri, serta kurang berinteraksi dengan orang lain. Mereka juga senang melakukan segala aktivitas yang sifatnya soliter yakni aktivitas yang dapat dilakukan sendiri meski tanpa bantuan dari orang lain, misalnya menulis, mengoperasikan komputer, memancing, dan lain sebagainya.

Mereka yang memiliki kepribadian introvert lebih senang menghabiskan waktu sendirian karena bagi mereka hal itu sangat menyenangkan. Tapi bukan berarti mereka tidak memiliki teman. Teman tetap ada meskipun tidak banyak. Bagi mereka kepercayaan adalah hal penting sehingga mereka selalu serius dalam memilih teman maupun pasangan.

Tanda-Tanda Kepribadian Introvert

Jika Anda masih penasaran seperti apa karakter seorang yang introvert, maka berikut ini merupakan tanda-tanda orang introvert yang dirangkum dari situs Very Well.

1. Kurang suka dengan keramaian

Bagi seorang yang introvert, berada dalam keramaian adalah sesuatu yang melelahkan. Tapi bukan berarti mereka benar-benar total untuk menghindari kegiatan sosial. Mereka sebenarnya senang berinteraksi dengan orang lain hanya saja setelah itu mereka membutuhkan suasana tenang untuk menghabisakan waktu secara pribadi atau dengan teman-teman dekat.

2. Menikmati kesendirian

Seorang yang introvert senang menikmati hobi meski hanya dilakukan seorang diri. Duduk berjam-jam membaca buku, menonton siaran TV favorit, atau berolah raga sendirian sudah cukup membuat seorang introvert senang. Namun bukan berarti mereka ingin sendiri sepanjang waktu. Mereka juga akan menghabiskan waktu dengan teman terdekat setelah itu barulah mereka kembali menyendiri.

3. Punya sedikit teman

Mereka yang berkepribadian introvert seringkali dituding sebagai anti sosial dan tidak suka dengan orang lain. Padahal mereka hanya tidak terlalu suka bertemu banyak orang. Mereka lebih senang berinteraksi dengan kelompok kecil mereka, yakni beberapa teman yang benar-benar dekat. Bagi mereka memiliki sedikit teman tapi sangat akrab lebih baik daripada banyak teman tapi tidak akrab. Mereka beranggapan bahwa hubungan jangka panjang sangat ditentukan oleh faktor kedekatan satu sama lain.

4. Pendiam

Kepribadian introvert adalah mereka yang selalu digambarkan sebagai sosok yang tenang, pendiam, lembut, bahkan pemalu. Padahal seorang yang pemalu belum tentu ia introvert. Orang yang introvert masih suka bergaul dengan orang lain meskipun tidak selalu, sementara pemalu memang enggan untuk bergaul dengan orang lain, apalagi yang baru ia kenal. Mereka yang intovert tidak banyak bicara dan hanya bicara seperlunya.

5. Sangat fokus

Mereka yang introvert seringkali kewalahan saat harus melakukan banyak hal sekaligus. Hal itu membuat mereka jadi tidak fokus pada pekerjaan. Itulah sebabnya mereka lebih suka suasana tenang di mana mereka bisa melakukan segala hal sendirian tanpa perlu bantuan orang lain.

Demikianlah penjelasan tentang definisi introvert dan tanda-tandanya. Jika Anda memiliki tanda-tanda tersebut, maka ada kemungkinan bahwa Anda seorang introvert. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing. Dan kelebihan yang dimiliki seorang yang introvert adalah rasa setia kawan yang besar.