Hasil BRI Liga 1: Diimbangi Persita 1-1, Persebaya Gagal Dekati Arema, Rawan Digeser Bhayangkara FC

Hasil Persita vs Persebaya pekan 29 BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali berakhir dengan skor 1 1, Minggu (6/3/2022) malam. Persita membuka keunggulan melalui sontekan Ahmad Nur Hardianto pada menit ke 40. Namun sebelum jeda turun minum, Taisei Marukawa berhasil menyamakan kedudukan.

Ini menjadi gol ke 15 pemain asal Jepang itu untuk Persebaya di BRI Liga 1. Dengan hasil imbang ini, Persebaya gagal mendekati Arema FC di papan klasemen BRI Liga 1. Persebaya saat ini mengoleksi 55 poin dari 29 pertandingan dan menempati peringkat 4.

Sementara Arema FC mengoleksi 58 dari jumlah pertandingan yang sama. Posisi Persebaya rawan tergusur Bhayangkara FC jika berhasil mengalahkan PSS Sleman besok malam. Persebaya menggencarkan serangan di awal babak pertama pertandingan lawan Persita.

Kerjasama Bruno Moreira dengan Marselino menghasilkan peluang pertama untuk Persebaya. Bruno Moreira berikan umpan pendek ke Marselino yang berlari mencari ruang di luar kotak penalti. Tanpa pikir panjang, ia lepaskan tembakan percobaan, tetapi masih melebar ke sisi kanan gawang Persita.

Pada menit ke 7 Persebaya kembali mendapat kesempatan, kali ini dari skema bola mati. Peluang yang dieksekusi Marselino masih bisa digagalkan penjaga gawang Persita, Rendy OS. Tembakan Marselino masih terlalu lemah dengan mengarah ke sisi tengah gawang Persita.

Tim asuhan Aji Santoso mengandalkan setplay umpan umpan pendek untuk menguasai permainan hingga membuat pemain Persita turun. Persita bukan tanpa perlawanan, berawal dari kesalahan Arif Satria yang lengah ketika mengoper bola. Bola berhasil direbut Bae Sin Yeong yang kemudian mengoper ke Ahmad Nur Hardianto.

Pemian bernomor punggung 9 itu memilih lepaskan tembakan percobaan dari luar kotak penalti Persebaya dengan kaki kirinya. Tapi sayang, lari bola masih jauh dari target. Persita lebih mengandalkan serangan bali, tetapi dalam upaya tersebut tim berjuluk Laskar Cisadane ini memberikan perlawanan alot.

Bae Sin Yeong punya tiga kesempatan untuk membuka keunggulan pada menit ke 20, tapi sayang belum berhasil. Empat menit berselang, mantan pemain Persis Solo yang berikan ancaman. Ia mendapat peluang dan lepaskan tembakan dengan kaki kiri, namun bola masih bisa diblok Arif Satria.

Menit ke 28, Rendy Oscario melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola tembakan jarak dekat Samsul Arif. Tidak lama berselang giliran Bruno yang mengancam gawang Persita dengan tembakan mendatarnya. Lagi lagi Rendy Oscario berhasil menjadi penyelamat dengan menggagalkan tembakan Bruno.

Pemain Persebaya mendominasi permainan dan penguasaan bola, kerja sama apik diperagakan Bruno dengan Alwi. Bruno berikan umpan chip yang melewati pertahanan Persita, di sana sudah ada Alwi yang berlari mengejar bola. Berhadapan satu lawan satu dengan kiper Persita, Alwi lepaskan tembakan. Tapi masih bisa ditepis Rendy.

Jelang jeda turun minum, Edo Febriansyah yang bergerak dari sisi kiri berhasil melawat pertahanan Persebaya. Ia lepaskan tembakan percobaan yang mengarah ke gawang Andhika Rama, namun masih melambung tipis di atas mistar gawang. Selang dua menit, giliran Ricki Ariansyah yang melepaskan tembakan, tapi bisa ditepis Andhika Rama dan menghasilkan tembakan penjuru untuk Persita.

Gol yang dinanti nanti tercipta, Persita Tangerang berhasil memecah kebuntuan pada menit ke 41. Ahmad Nur Hardianto memanfaatkan kemelut di depan gawang Persebaya yang sempat diblok Alwi Slamat. Di penghujung babak pertama, Persebaya sukses menyamakan kedudukan menjadi 1 1.

Berawal dari pergerakan Arif Satria di sisi sayap, dia berikan umpan ke kotak penalti dan disambut Samsul Arif dengan sontekannya. Bola sempat mengenai mistar gawang Persita, dan pemain Pendekar Cisadane, Syaeful Anwar coba membuang bola. Alih alih membuang, bola mengenai Taisei Marukawa hingga merubah laju bola yang justru masuk ke gawang sendiri.

Skor 1 1 bertahan hingga jeda turun minum. Di babak kedua, Persita cukup mendominasi permainan, Ahmad Nur Hardianto sempat menceploskan si kulit bundar ke gawang Andhika Rama. Namun sayang, sontekan Hardianto dianulir wasit karena lebih dulu dalam posisi offside.

Tensi pertandingan cukup keras di babak kedua, Dedy Gusmawan dan Andre Agustiar Prakoso mendapat kartu kuning dari wasit. Begitu juga dengan Arif Satria. Menit ke 78, Surpiadi yang masuk menggantikan Samsul Arif hampir mmbawa Persebaya unggul.

Tapi sayang, ketika sudah berada di kotak penalti dan hendak lepaskan tembakan, pemain Persita datang memblok bola dan membuahkan sepakan penjuru. Tembakan penjuru tersebut coba dimanfaatkan Persebaya, Elie Sesai dapat kesempatan dan menundul bola. Namun untuk kesekian kalinya dalam pertandingan ini, Rendy berhasil menepis bola yang melantun dari sundulan Sesay.

Jelang waktu normal usai, Persebaya mendapat kesempatan dari skema bola mati yang tak jauh dari gawang Persita. Reva Adi yang mengambil kesempatan tersebut lepaskan tepat sasaran ke pojok kiri gawang Persita, tetapi masih mampu ditepis Rendy. Hingga peluit panjang dibunyikan, tidak ada gol tambahan yang tercipta, kedua tim bertahan dengan skor 1 1.

Persita Rendy, Hamdi, Syaeful, D Gusmawan, Kasim Botan, M Toha, Bae Sin Yeong, Rian, Edo, Agung, Nur H Pelatih: Widodo Cahyo Putro

Persebaya Andhika Rama, Alie Sesay, Arif satria, Koko Ari, Reva Adi, Rachmat Irianto, Alwi Slamat, Marselino Ferdinan, Taisei Marukawa, Bruno Moreira, Samsul Arif. Pelatih: Aji Santoso

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post KUMPULAN Foto Momen Akad Nikah Belva Devara dan Sabrina Anggraini dalam Balutan Adat Jawa
Next post Gelar MotoGP di Indonesia, Erick Thohir Sebut Kontribusi BUMN Lebih dari Rp 3,8 Triliun