18 Tipe Desain Baju dalam Dunia Fashion

0
2076

Dalam perkembangan dunia mode, desain baju juga turut memberikan andil secara nyata. Desain baju memang tidak dapat dipisahkan dari mode. Tanpa adanya desain baju, mode seolah hambar.

Seseorang tertarik menggunakan suatu pakaian tentu juga dipengaruhi oleh desainnya. Semakin menarik desain baju tersebut maka semakin banyak pula orang yang mengenakannya. Jika semakin banyak yang menggunakannya, maka desain baju tersebut tentu akan menjadi tren.

Tren mode bisa membuat seseorang rela merogoh kocek dalam-dalam. Hal ini dikarenakan mode yang dikenakan seseorang dapat mencerminkan siapa orang itu. Pakaian yang mahal, tentu akan dibeli oleh orang-orang kaya saja.

Karena sejatinya pakaian bukan hanya sebatas untuk menutup tubuh saja, namun ada status sosial yang ingin ditampilkan dari pakaian. Selain itu, pakaian juga merupakan identitas dari suatu budaya tertentu. Seseorang bisa diketahui asal daerahnya hanya dengan melihat pakaiannya saja.

Sebuah tren mode memang bisa menyihir siapa saja yang melihatnya. Apalagi jika ditampilkan melalui desain baju yang indah. Akan tetapi tidak semua desain baju cocok bagi semua orang.

Ada beberapa jenis desain yang berkembang dalam masyarakat sehingga mereka bebas memilih desain baju mana yang mereka suka. Maka dari itu ada baiknya Anda juga mengetahui apa saja jenis-jenis desain baju tersebut.

Tipe Desain Baju dalam Dunia Fashion

1. Casual

Desain baju casual adalah desain busana yang dapat digunakan pada waktu dan situasi santai. Jenis desain baju ini lebih menekankan kenyamanan pribadi. Pakaian casual sangat mendukung segala aktivitas yang sifatnya santai dan tidak formal. Jenis pakaian yang menggambarkan kesan kasual adalah celana jeans, t-shirt, cardigan, dan sebagainya.

Jika Anda ingin tetap modis dengan pakaian casual, pilihlah baju dengan desain baju yang praktis. T-shirt longgar dengan warna abu-abu lembut yang dipadukan dengan celana jeans juga cocok untuk tampilan casual. Tapi jangan lupa, Anda juga harus memperhatikan situasi dan kondisi dalam berpakaian. Anda tentu tak ingin berpakaian santai ala pantai saat sedang mendaki gunung. Maka dari itu, pilihlah setelan casual yang sesuai tempat.

2. Vibrant

Secara harfiah vibrant berarti bersemangat atau bertenaga. Namun dalam dunia fashion vibrant berarti desain baju dengan perpaduan warna-warna berani yang cerah hingga terlihat kontras. Tapi inilah yang membuatnya terkesan dramatis.

Bayangkan saja jika Anda memakai atasan warna merah merah cerah yang dipadu dengan rok warna kuning, maka Anda akan memberikan kesan berani pada penampilan Anda.

Perpaduan warna-warni cerah dalam desain baju ini sangat cocok untuk Anda yang berjiwa muda. Warna-warna vibrant ini akan semakin membuat Anda lebih berani dalam mengekspresikan diri dan membuat Anda selalu penuh semangat. Warna-warna yang termasuk dalam golongan warna vibrant adalah pink, hijau, biru, orange dan semua warna menyala lainnya.

3. Preppy

Desain baju preppy sebenarnya merupakan adaptasi dari tampilan ala pelajar Amerika tahun 1912. Kala itu pelajar-pelajar di Amerika mengenakan setelan ini, khususnya mahasiswa. Busana ini pun identik dengan orang terpelajar. Kesan yang ditampilkan dari busana ini adalah elegan, muda, rapi dan cerdas.

Tapi sekarang Anda juga bisa mencoba tampilan busana preppy. Kenakan kemeja putih dan rok lipit atau rok payung hitam selutut dengan style baju dimasukkan ke dalam rok. Padukan dengan pita stylish sebagai dasi di kerah kemeja dan belt cokelat di pinggang. Maka, kecerdasan Anda pun akan kian terpancar dengan desain baju preppy ini.

Bagi pria yang ingin mengaplikasikan desain baju preppy ini bisa dengan menggenakan kemeja putih yang dipadankan dengan rompi rajut berwarna berbeda dan blazer hitam atau biru tua di luarnya.

4. Bohemian

Gaya bohemian adalah perpaduan dari gaya busana hippe, gypsy, ethnic, dan vintage. Hal inilah yang menawarkan beragam variasi gaya dalam desain baju bohemian.

Kesan damai dan bebas membuat desain baju ini sangat digandrungi para wanita masa kini. Namun banyaknya variasi gaya kadang membuatnya terlihat berlebihan. Padu padan yang tidak sesuai akan membuat tampilan Anda terlihat eksentrik.

Untuk tampil cantik dengan gaya bohemian, Anda perlu trik khusus. Gunakan maxi dress yang panjangnya sampai mata kaki dengan motif etnik, atau setelan atasan dan rok sebetis.

Pilihlah yang berwarna natural, seperti putih, krem, abu-abu, atau hitam. Dan dengan bahan yang melambai, seperti sifon. Tambahkan pula topi lebar agar penampilan Anda semakin boho (sebutan untuk gaya bohemian).

desain-baju

Selain topi, alternatif lain yang bisa Anda pilih adalah ikat kepala. Anda bisa mengenakan blazer berwarna cerah, dipadankan dengan rok rumbai, atau rok dengan motif etnik.

5. Cowgirl

Cowgirl merupakan desain baju yang menampilkan gaya berpakaian ala koboy wanita. Gaya ini terinspirasi dari pakaian ala koboy yang sangat melegenda. Gaya ini seolah ingin menampilkan pesona dari selatan Amerika. Kesan yang ditampilkan dari gaya ini adalah praktis tapi tetap modis dengan perpaduan gaya feminin dan maskulin.

Bila Anda tertarik, Anda juga bisa mencobanya. Kenakan celana jeans yang sudah mulai usang. Padukan dengan kemeja merah bermotif kotak-kotak. Ingat celana jeans dan kemeja haruslah yang pas.

desain-baju-cowgirl

Usahakan kancing bagian atas terbuka. Jika Anda menggunakan kemeja lengan panjang, maka gulungkan lengan kemeja hingga menyentuh bagian siku. Tambahkan pula topi koboy dan sepatu boot agar tampilan ala barat Anda semakin keren.

6. Punk

Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar istilah punk? Mungkin Anda akan membayangkan kenakalan dan kerusuhan. Namun dalam dunia fashion istilah punk merujuk ke dalam salah satu gaya berpakaian. Ciri khas yang ditampilkan dalam gaya ini memang desain baju yang menampilkan kesan lusuh, kriminal, anti sosial dan sederet stigma negatif lainnya.

Gaya punk memang terkesan urakan, namun bukan berarti Anda tidak bisa mencobanya. Jika Anda ingin mengekspresikan kebebasan dalam berpakaian, maka cobalah gaya ini.

Kenakan t-shirt abu-abu yang dilapisi dengan jaket kulit yang juga berwarna hitam. Padukan dengan skinny jeans dengan aksen robek-robek dan sepatu boot. Maka Anda pun siap tampil dengan gaya ala punker tanpa harus membuat kerusuhan.

7. Formal

Desain baju selanjutnya adalah gaya formal. Jenis pakaian ini biasanya dikenakan di kantor-kantor perusahaan besar atau instansi nasional. Kesan yang ditampilkan melalui pakaian ini adalah kecerdasan dan kehormatan.

Seseorang tentu akan terlihat terpelajar bila mengenakan pakaian ini. Pakaian yang termasuk dalam kategori ini adalah jas, blazer, vest, belt, kemeja, dasi, celana bahan dan sebagainya.

Jika Anda ingin tampil modis ke kantor, maka ini bisa menjadi pilihan. Biasanya pakaian formal cenderung berwarna gelap seperti, hitam, abu-abu merah maroon, dll. Tapi jika tidak suka, Anda juga bisa mengenakan blazer merah muda, kuning, atau warna apa pun yang tidak terlalu mencolok.

Misalkan, Anda bisa mengenakan kemeja berwarna putih, dipadankan dengan blazer biru cerah dan celana bahan bermotif hitam-putih. Permanis tampilan Anda dengan sepatu pantofel berhak rendah.

8. Gothic

Gaya gothic adalah gaya berpakaian yang ditandai dengan nuansa gelap mencolok dan terkesan misterius. Ciri khas dari gaya ini adalah kulit yang dipucatkan, penggunaan lipstik berwarna hitam pada bibir, dan desain baju yang serba hitam.

Selain itu gaya ini juga ditandai dengan penggunaan eyeliner tebal dan cat kuku berwarna hitam. Gaya ini disebut-sebut mengadaptasi gaya punk dan menggambarkan heavy metal.

desain-baju-gothic

Gaya berpakaian ini memang terkesan menyeramkan tapi bukan berarti Anda tidak bisa mencobanya. Kenakan gaun berwarna hitam selutut atau warna lain seperti warna ungu gelap.

Pulaskan eyeliner hitam di sepanjang garis mata atau aplikasikan riasan smokey eyes, tapi jangan berlebihan. Anda tidak perlu menggunakan lipstik hitam pada bibir Anda. Gunakan saja lipstik warna merah untuk kesan anggun dan misterius.

9. Vintage

Kata vintage biasanya merujuk kepada sesuatu yang kuno. Sebenarnya istilah ini tidak bisa didefinisikan secara umum karena mengacu pada konteks tertentu. Namun dalam dunia fashion, vintage biasanya merujuk kepada gaya berpakaian tahun 20 sampai 60an. Jadi bisa dikatakan gaya vintage adalah gaya berpakaian klasik.

Meskipun gaya berpakaian ini sering dianggap norak bukan berarti Anda tidak bisa tampil manis dan menarik. Anda bisa menggunakan mini dress biru muda dengan ujung berenda atau dress dengan motif bunga-bunga. 

Ubah model rambut menjadi rambut bergelombang. Kemudian tambahkan topi lebar sebagai pemanis.

10. Sporty

Gaya hidup wanita yang semakin gesit membuat desain baju ini lahir. Busana sporty biasanya merujuk pada pakaian yang digunakan saat menonton acara olahraga.

Model baju seperti ini sangat cocok untuk wanita yang aktif dan senang berolah raga. Para wanita biasanya menggunakan pakaian sporty yang diproduksi oleh perusahaan olagraga ternama, seperti Adidas dan Nike.

Meskipun simpel, tapi Anda tetap bisa tampil modis dengan gaya sporty. Kenakan kaos t-shirt sengan aksen garis pada bagian lengannya. Jika atasan Anda berwarna netral, maka warna yang cerah cocok menjadi bawahan dan sebaliknya.

Gunakan sepatu kets warna putih untuk tampilan sporty yang semakin modis. Atau Anda bisa memadukannya sesuai selera, dengan topi atau tas ransel.

11. Trendy

Trendy memiliki arti bergaya mutakhir. Jadi pakaian trendy adalah pakaian dengan gaya terkini dan menjadi sebuah tren. Gaya busana ini sangat banyak diincar para wanita karena modelnya yang kekinian.

Saat ini, gaya trendy yang sedang in adalah padu padan bahan menjadi satu pakaian yang unik namun tetap enak dipandang. Misalkan paduan kain brokat dengan katun, sifon, atau kaos spandek. Kesan trendy semakin diperkuat dengan penggunaan alas kaki dengan model terkini, seperti sneaker feminin, flat shoes, atau wedges.

Baju trendy biasanya lebih dominan pada baju remaja. Karena ini merupakan gambaran tentang kehidupan remaja yang dinamis, aktif, dan percaya diri. Maka warna-warna cerah dan atau potongan yang simple serta unik menjadi ciri khas dari model pakaian ini.

Namun dalam memilih desain baju trendy, Anda juga harus menyesuaikan dengan kondisi. Meskipun banyak yang menyukainya, tidak semua orang bisa cocok dengan baju trendy. Gunakan saja baju yang sesuai dengan bentuk tubuh atau kepribadian Anda.

Untuk Anda yang ingin tampil trendy layaknya anak muda, namun tidak ingin tampil terlalu mencolok, Anda bisa mengenakan baju yang sedang trend dengan warna yang lebih kalem seperti warna krem, atau warna apa saja yang Anda sukai. Tapi yang perlu diperhatikan adalah Anda tak perlu mengikuti tren jika tidak sesuai dengan diri Anda

12. Exotic

Dalam penerapannya, gaya berpakaian exotic biasanya menampilkan kesan berbeda, unik, dan etnik. Maka tak heran jika pecinta jenis desain baju ini memiliki selera berbeda.

Ciri dari gaya busana ini adalah pakaian bernuansa etnik seperti bahan tenun atau organza. Warna magenta, kuning loker, hitam, warna tanah, putih tualng, dan hijau lumut merupakan warna yang menggambarkan gaya ini.

Anda bisa memadukan warna gelap dan terang untuk mencoba gaya ini. Cobalah menggunakan dress selutut warna putih tulang dengan motif berwarna merah muda cerah. Jika ingin lebih simpel, bisa juga dengan cukup mengenakan atasan pendek putih tulang dengan motif etnik dipadu celana atau rok polos.

Tambahkan aksesori seperti kalung etnik yang terbuat dari bahan kayu atau batu-batuan. Anda juga bisa menggunkan gelang yang terbuat dari kayu atau batu-batuan agar penampilan Anda semakin eksotis.

13. Sexy

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata sexy? Mungkin Anda akan berpikir tentang sesuatu yang terbuka. Tapi dalam dunia fashion, sexy berarti gaya berpakaian yang glamour, simpel, dan berani.

Gaya berpakaian ini identik dengan warna-warna berani seperti merah, ungu, dan hitam. Wanita yang menerapkan gaya ini biasanya senang menjadi pusat perhatian.

Selama ini pakaian sexy memang identik dengan pakaian terbuka. Tapi Anda juga bisa mencobanya meski tanpa harus mengekspos terlalu banyak bagian tubuh. Cobalah dress dengan panjang selutut berwarna berry. Pakailah stiletto heels untuk membuat kaki lebih jenjang.

Desain baju elegan biasanya terlihat simpel tapi tetap memberikan kesan mewah. Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan yang formal dan berat. Wanita yang senang dengan gaya berpakaian ini selalu menampilkan kesan rapi dan terorganisir. Wanita tipe ini sangat detail tentang penampilan dan selalu memperhatikan kualitas.

Anda mungkin bukan tipikal wanita yang rapi, namun tidak ada salahnya mencoba gaya ini. Gunakan maxi dress warna merah dengan model duyung yang bagian bawahnya melebar. Tambahkan clutch dan platform heels berwarna hitam, putih, atau emas. Gaya ini cocok digunakan jika ingin menghadiri acara formal, seperi pesta pernikahan.

15. Girly

Wanita memang dekat dengan keanggunan, maka tak salah jika mereka menyukai gaya busana girly. Gaya busana girly cenderung menunjukkan lekukan, lipatan, atau motif yang ramai dari suatu pakaian.

Hal ini bisa Anda lihat dari frilly dress, ruffle dress, tunic tops, atau gaun. Pada motif, kebanyakan pakaian girly berisi sentuhan motif yang sangat erat dengan wanita, seperti, bunga dan boneka.

Jika Anda ingin menonjolkan sisi feminin Anda, maka cobalah gaya ini. Gunakan frilly dress berwarna pastel, seperti pink lembut. Percantik tampilan Anda dengan high heels warna senada. Jangan lupa tambahan bandana atau bunga pada rambut tergerai Anda. Maka penampilan Anda pun akan berubah bak tuan putri yang sedang menanti pangeran.

16. Girl Next Door

Gaya berbusana yang satu ini terbilang simpel. Bisa dikatakan ini merupakan gaya busana ala rumahan. Gaya busana ini tidak memerlukan tren terbaru dan tidak butuh penambahan aksesoris. Kesan yang ditampilkan dari gaya busana ini adalah kesederahaan dan kelucuan.

Pakaian ini sangat cocok dikenakan di akhir pekan. Anda bisa menghabiskan hari libur dengan gaya ini. Gunakanlah kaos oblong warna putih yang dibalut dengan cardigan putih. Padukan dengan celana skinny jeans dan sepatu kets agar Anda tetap modis di akhir pekan.

17. Artsy

Gaya busana artsy memberikan kesan seni yang kental. Orang-orang yang menerapkannya biasanya memiliki jiwa seni yang tinggi dan juga kreatif. Ciri dari gaya ini adalah memilih sesuatu yang unik.

Misalnya karena mereka tidak suka dengan pakaian yang terlalu banyak samanya, akhirnya mereka memutuskan membuat sendiri pakaiannya. Jadi wajar saja jika baju maupun aksesorisnya tidak ditemukan di tempat lain.

Jika Anda ingin mencoba gaya ini, Anda juga bisa membuat sendiri pakaian maupun aksesoris Anda. Cobalah membuat desain baju sendiri lalu latihlah diri Anda untuk menjahit.

Setelah hasilnya selesai, Anda pasti akan tercengang karena desain baju Anda tidak ditemukan di mana-mana. Jadi Anda pun bisa tampil lebih spesial.

18. Tomboy

Desain baju tomboy biasanya dikenakan oleh wanita yang tidak suka dengan hal-hal yang terlalu rumit. Mereka lebih suka tampil simpel dan praktis layaknya seorang pria. Gaya berpakaian ini biasanya identik dengan kaos longgar, lengan baju yang digulung hingga siku, ataupun celana jeans yang dibiarkan robek.

Walaupun Anda tomboy, tapi bukan berarti Anda tidak punya hak untuk tampil menawan. Gunakan kemeja lengan panjang berwarna biru dengan motif polkadot. Padukan dengan celana jeans. Gunakan sepatu kets untuk melengkapi penampilan Anda.

Nah, itulah beberapa desain baju yang mewarnai dunia fashion. Mana yang Anda pilih semua tergantung selera. Semoga artikel tentang desain baju ini bermanfaat untuk Anda.