Contoh Kata Pengantar yang Baik dalam Makalah

0
310

Untuk Anda yang tengah menyusun tugas kuliah berupa makalah, mengetahui contoh kata pengantar yang baik tentu menjadi hal yang patut Anda ketahui. Makalah adalah sebuah karya ilmiah yang mengkaji suatu topik tertentu, yang ditulis secara sistematis, logis yang disertai analisis yang objektif.

Dalam suatu makalah terdapat komponen yang saling menunjang sehingga menjadi kesatuan yang utuh dan saling melengkapi. Bagian-bagian makalah secara umum adalah sebagai berikut:

1. Sampul
2. kata pengantar
3. Daftar isi
4. Latar belakang
5. isi/pembahasan
6. Penutup
7. Daftar pustaka

Kata pengatar merupakan bagian dalam makalah yang menjadi gambaran umun seorang penulis tentang isi makalah secara keseluruhan. Kata pengatar biasanya terdiri dari tiga bagian yaitu pembukaan isi dan penutup. Bagaimanakah struktur kata pengantar yang baik dalam makalah? Berikut tips menyusun dan contoh kata pengantar yang baik pada makalah:

1. Pembuka

Pembuka dalam kata pengantar biasanya berisi ucapan salam penulis. Ucapan salam terebut bisa bersifat umum atau lebih khusus misalkan menggunakan ucapan salam dari agama tertentu. Penulisan ucapan salam lebih bersifat subjektif atau lebih tepatnya ditekankan lebih kepada “siapa yang akan menjadi pembaca makalah tersebut”.

2. Ucapan syukur kepada tuhan yang maha esa

Selanjutnya penulis atau penuyusun sebaiknya menyampaikan ucapan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa karena atas segala kemudahan yang ia dapatkan makalah tersebut berhasil diselesaikan

3. Tujuan penulisan makalah

Penulis juga harus menjelaskan secara singkat namun tetap refsentatif tujuan dari penulisan dari makalah yang ia susun, tujuan penulisan makalah tersebut bisa meliputi latar belakang penulisan makalah, fokus/pembahasan.

4. Proses penyusunan makalah

Dalam penyusunan makalah penulis sebaiknya menceritakan secara sekilas kendala-kendala apa saja yang ditemui dalam proses penyusunan makalah tersebut

5. Menyertakan pihak yang ikut terlibat dalam penyusunan makalah

Penulis juga sebaiknya menjelaskan siapa-siapa saja yang ikut terlibat dalam penyusunan makalah tersebut. Misalkan pembimbing, teman kelompok, saudara.

6. Ucapan terima kasih

Ucapan terima kasih dalam makalah dipaparkan secara berurutan, mulai dari ucapan terima kasih kepada pihak lembaga tempat menuntut ilmu, kepada pembimbing yang telah memberi arahan dan petunjuk dan kepada pihak-pihak yang dianggap memberi kontribusi dalam penyusunan makalah, misalkan kepada orang tua dan teman.

7. Harapan penulis terhadap makalah tersebut

Penulis juga sebaiknya menjelaskan apa harapan-harapannya terkait dengan makalah yang berhasil ia susun, misalkan “semoga makalah ini bermanfaat, menjadi refrensi dan digunakan sebagaimana mestinya.

8. Kesedian menerima kritik dan saran

Dibagian terakhir sebaiknya penulis memaparkan bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu kritikl dan saran sangat dibutuhkan untuk lebih menigkatkan kualitas makalah

9. Tahun penyusunan makalah

Dan pada bagian terakhir wajib untuk menyertakan nama kota/tempat dimana makalah tersebut disusun, bulan, tahun dan nama lengkap penulis namun tidak disertai tanda tangan.

Demikianlah struktur atau langkah-langkah dalam kata pengatar yang sebaiknya dilampirkan agar kata pengatar tersebut bisa memuat secara lengkap dan jelas makalah secara keseluruhan walau pepmbaca hanya membaca bagian kata pengantarnya.

Bagaimana? Apakah contoh kata pengantar yang baik dalam makalah diatas sudah memberi gambaran kepada anda bagaimana cara dalam menulis kata pengantar yang baik dan benar?

Jadi dapat disimpulkan bahwa menulis kata pengatar dalam makalah itu tidak sulit hanya saja anda perlu belajar dan berlatih agar hasilnya bisa maksimal. Berikut contoh kata pengantar yang sengaja penulis susun untuk anda sebagai referensi atau pedoman dalam menulis kata pengantar.

Contoh kata pengantar yang baik dalam makalah

Kata pengantar

Puji syukur kepada tuhan yang maka kuasa karena atas segala kemudahan yang ia berikan sehingga makalah ini selesai disusun tepat waktu. Tujuan penulisan makalah dengan judul (isi dengan judul makalah) ini untuk memenuhi tugas individu dalam (isi dengan mata kuliah atau mata pelajaran) yang diberikan oleh (isi dengan nama guru atau nama dosen). Dalam makalah ini membahas tentang (fokus pembahasan masalah).

Dalam proses penyusunan makalah ini penulis menemui berbagai hambatan dan tantangan namun karena semangat pantang menyerah serta motivasi untuk terus belajar akhirnya makalah ini selelsai tepat waktu.

Penyusunan makalah ini tidak akan bisa terealisasi tanpa bantuan (isi dengan pihak yang terlibat dan memberi support dan bantuan dalam penyusunan makalah) oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak yang telah menemani baik dalam keadaan suka maupun duka.

Semoga makalah yang berhasil (isi dengan saya jika tugas kolektif dan isi dengan kami jika merupakan tugas kelompok) memberi banyak manfaat dan semakin menambah khazanah pengetahuan serta bisa menjadi bahan pembelajaran baik oleh guru/dosen maupun siswa.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak hal yang mesti diperbaiki oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis butuhkan untuk menjadi bahan instrosfeksi serta masukan agar tulisan-tulisan selanjutnya bisa lebih baik lagi.

Makassar, 28 februari 2017
Penulis

 

Syamsurijal

 

Nah, demikianlah artikel yang sempat penulis bagikan tentang bagaimana cara atau langkah-langkah dalam menyusun kata pengantar yang baik dan benar serta contoh kata pengantar yang baik dalam makalah. Semoga bermanfaat.