10 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat tanpa Lapar

0
223

Banyak cara menurunkan berat badan, mulai dari yang instan, alami, yang murah tapi menyiksa, hingga yang mudah tapi membuat kantong kering.

Tentu yang paling dibutuhkan adalah cara cepat menurunkan berat badan tanpa membuat tersiksa akibat harus menahan lapar demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Buat anda sudah melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan namun tidak juga menampakkan hasil, berikut tips cara menurunkan berat badan dengan cepat dan aman tanpa lapar yang sayang jika tidak anda coba.

10 Tips Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

  1. Pangkas konsumsi gula dan karbohidrat

Gula dan karbohidrat selain mengandung kalori yang tinggi, juga akan menghambat pembakaran lemak. Lho, bagaimana bisa?

Dilansir dari Authority Nutrition, gula dan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan merangsang sekresi insulin agar glukosa dari kedua jenis makanan tersebut berubah menjadi energi.

Namun tahukah anda? Insulin adalah hormon penyimpan lemak yang utama dalam tubuh. Sehingga, jika insulin tidak sibuk memproses glukosa, maka tubuh akan membakar lemak tubuh menjadi energi dan bukannya membakar glukosa.

Diet rendah gula dan karbohidrat seperti ini terbukti lebih sukses dan cepat menurunkan berat badan, dibanding diet rendah lemak. Cara ini bahkan akan mengurangi bobot tubuh hingga sekitar 5 kg dalam bulan pertama jika konsisten menjalankan diet ini.

 

(Perbandingan penurunan berat badan diet tanpa lemak dan diet rendah karbohidrat)

2. Makan makanan mengandung protein, lemak, dan sayuran

Ubah komposisi makanan harian anda. Yang biasanya nasinya banyak, lauknya lebih sedikit dan sayurnya seadanya menjadi sebaliknya. Banyaklah konsumsi sayuran, lauk berprotein tinggi, bahkan makanan berlemak pun silakan anda konsumsi.

Protein, sayuran, dan lemak berfungsi sebagai pengganti karbohidrat sebagai makanan sumber energi. Ingat, asupan karbohidrat harian yang dianjurkan dalam diet menurunkan berat badan hanya sekitar 20-50 gram per hari.

Sumber Protein tinggi bisa diperoleh di berbagai macam daging, ayam, ikan Salmon, udang, lobster, dan telur kaya Omega-3. Mengonsumsi protein lebih banyak dari karbohidrat terbukti dapat meningkatkan metabolisme 80-100 kalori per hari.

Selain itu, cara menurunkan berat badan dengan diet kaya protein ini juga berefek positif mengurangi sekitar 60% rasa ngidam atau sangat ingin makan makanan tertentu, menekan rasa ingin ngemil pada tengah malam.

Mungkin anda bertanya, bukannya saat diet tidak boleh mengonsumsi makanan berlemak? Mengurangi konsumsi lemak memang bisa menurunkan berat badan.

Namun cara menurunkan berat badan tersebut akan membuat anda lemas tidak bertenaga, dan tersiksa karena akan mudah menjadi lapar.

Itu karena, kedua sumber energi yakni karbohidrat dan lemak sudah anda cut secara bersamaan dalam program diet anda. Alhasil, ada 2 kemungkinan: anda berhasil menurunkan berat badan namun anda menderita selama prosesnya, atau anda gagal menjalankan program diet karena tidak tahan menahan rasa lemas.

Maka, jangan ragu mengonsumsi lemak secukupnya, dengan syarat anda harus konsisten mengurangi konsumsi karbohidrat anda.

3. Olahraga Angkat Beban 3x Seminggu

Cara cepat menurunkan berat badan berikutnya adalah melaukan olahraga angkat beban. Karena olahraga ini mampu membakar kalori dengan cepat.

Olahraga ini juga dapat melancarkan metabolisme. Melambatnya metabolisme biasanya dialami pada orang-orang yang sedang dalam program menurunkan berat badan.

Lakukan olahraga ini setidaknya 3-4 kali dalam seminggu. Sebelum melakukan olahraga ini, lakukan pemanasan, dan akhiri dengan peragangan.

Namun jika anda baru pertama kali akan melakukan olahraga ini, sebaiknya konsultasikan pada ahlinya. Agar olahraga ini tidak membuat badan anda pegal.

Jika anda kurang suka dengan jenis orahraga ini, anda bisa memilih jenis olahraga yang lain sepert olahraga lari, jalan cepat, berenang dan lain sebagainya.

4. Sarapan dengan makanan tinggi protein

Sarapan itu penting jika anda ingin menurunkan berat badan. Karena pada pagi hari hingga siang hari, tubuh kita akan aktif beraktifitas. Lain cerita bagi orang yang baru memulai aktifitasnya pada siang hari, maka makan siang adalah yang utama baginya.

Pada saat sarapan, tetap terapkan diet rendah karbohidrat dan kaya protein. Cara ini selain memberi anda tenaga juga secara langsung bisa mencegah anda dari makan berlebihan di siang harinya.

5. Kurangi minuman yang manis

Gula adalah salah satu sumber glukosa. Seperti yang disebutkan di atas, konsumsi glukosa selama program penurunan berat badan ini perlu agar tubuh membakar lemak dalam tubuh menjadi energi dan bukannya membakara glukosa menjadi energi.

Minuman manis apapun, baik itu yang menggunakan gula, pemanis buatan, bahkan jus manis pun sebaiknya tidak anda konsumsi dalam jumlah banyak jika ingin program menurunkan berat badan anda berhasil.

6. Minum kopi atau teh

Untuk mendukung keberhasilan program penurunan berat badan, metabolisme tubuh haruslah lancar. Minuman yang mampu melancarkan metabolisme tubuh di antaranya minuman ber-kafein seperti kopi dan teh. Minumlah salah satu dari kedua jenis minuman ini dengan sedikit gula, maka metabolisme anda akan meningkat 3-11%.

7. Minum Air Putih 30 Menit Sebelum Makan

Tiga puluh menit sebelum anda makan, minumlah segelas air putih terlebih dahulu. Cara ini terbukti efektif membantu penurunan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan, minum air putih sekitar 30 menit sebelum makan mampu meningkatkan keberhasilan penurunan berat badan sekitar 44% selama 3 bulan.

8. Makan Perlahan dengan Piring Kecil

Salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat yang mungkin belum banyak diketahui orang lain adalah makan secara perlahan. Makan perlahan akan membuat anda merasa kenyang bahkan meski porsi makanan yang anda makan lebih sedikit dari biasanya.

Sebaliknya, makan cepat hanya akan membuat anda sulit merasa kenyang sehingga anda akan makan dengan porsi yang banyak. Makan dengan perlahan juga mampu meningkatkan aktifitas hormon penurun berat badan anda.

Makanlah dengan piring yang lebih kecil karena cara ini secara otomatis akan membuat anda makan dalam porsi yang lebih sedikit. Meski sedikit aneh, namun cara ini terbukti berefek.

9. Perbanyak Konsumsi Serat Larut

Makanan kaya serat larut, yakni serat yang dapat larut di dalam air lalu menyerap air membentuk gel sangat berperan dalam proses penurunan berat badan. Fungsi serat larut adalah membuat perut terasa kenyang lebih lama berkat gel yang dibentuknya di dalam perut.

Menurut studi yang dilakukan Jean Mayer, USDA Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University, Boston,konsumsi serat larut secara signifikan dapat menurunkan berat badan penderita obesits dan utamanya mengurangi lemak di daerah perut.

Kerja serat ini, selain mampu membantu pengurangan berat badan, juga dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol LDL. Sumber serat larut di antaranya pisang, apel, pir, wortel, timun, kacang merah, kacang polong, kedelai, brokoli, jeruk, strawberi, biji wijen, seledri, bawang, dan legume.

10. Tidur malam yang cukup

Tips menurunkan berat badan yang terakhir, Tidur malam yang cukup. Begadang dapat berpengaruh meningkatkan rasa ingin lapar di malam hari. Padahal, makan pada larut malam adalah salah satu hal yang paling terlarang dalam program penurunan berat badan.

Tidur yang cukup akan membuat sistem tubuh berjalan sebagaimana mestinya, dan akan berefek pada proses penurunan berat badan. Jika anda ingin jauh dari risiko kenaikan berat badan, hindari begadang, tidurlah dengan cukup dan berkualitas. Cara menurunkan berat badan seperti ini juga akan membuat tubuh anda terasa lebih fit.