Cara Menghilangkan Kantung Mata dan Tips Mencegahnya

0
357

Jika Anda memiliki masalah kantung mata, tentu Anda perlu tahu bagaimana cara menghilangkan kantung mata yang mengganggu keindahan mata Anda itu? Sebab wajah merupakan salah satu hal pertama yang dilihat orang lain dari Anda. Wajah yang kuyu dengan kantung mata yang tebal tentu saja membuat Anda kelihatan letih dan tidak bersemangat. Wajah pun tampak lebih tua dan layu.

Masalah kantung mata dapat dialami oleh siapa pun, baik pria maupun wanita. Beberapa faktor disebut sebagai pemicu timbulnya kantung pada mata, seperti stres, perubahan hormon, kurang tidur, dan masih banyak lagi. Maka dari itu Anda perlu mencari tahu bagaimana cara menghilangkan kantung mata. Karena jika tidak segera ditangani, kantung mata tak hanya mengganggu penampilan tapi juga dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan.

Sebenarnya banyak cara menghilangkan kantung mata yang bisa Anda coba, misalnya saja produk yang dijual di pasaran. Hanya saja tak semua orang cocok dengan bahan kimia. Beberapa orang memiliki kulit sensitif sehingga alergi terhadap bahan kimia.

Jika Anda termasuk dalam hal ini, maka Anda sebaiknya menggunakan cara menghilangkan kantung mata dengan bahan alami. Selain lebih murah, bahan alami juga lebih aman bagi kulit Anda. Tapi sebelum itu, ketahui dulu apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan terbentuknya kantung mata.

Apa yang Menyebabkan Terbentuknya Kantung Mata?

Ada banyak faktor yang bisa memicu terbentuknya kantung mata. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor pemicu timbulnya kantung mata sebagaimana yang dilansir dari situs Women Health Mag.

1. Suhu Panas

Suhu yang panas dapat menyebabkan mata jadi kering dan lebih sensitif dari biasanya. Hal itu dikarenakan suhu panas dapat membuat selaput lendir pada bola mata menjadi kering sehingga kulit di bawah mata pun mengalami penebalan sehingga terlihat bengkak.

2. Kurang Tidur

Selama ini kita tahu bahwa kurang tidur dan tidur yang gelisah akibat stres dapat memicu timbulnya kantung pada mata. Kurang tidur dapat membuat kulit terlihat pucat dan lelah sehingga bayangan mata tampak jelas.

3. Alergi

Kantung mata juga dapat disebabkan karena alergi musiman, misalnya alergi sari bunga, kosmetik, makanan, dan lain sebagainya. Alergi menyebabkan terjadinya peradangan yang dapat memperbesar pembuluh nadi kecil di bawah mata. Pembuluh nadi yang bengkak ini kemudian menekan kulit area mata yang tipis sehingga kantung mata jelas terlihat.

4. Menstruasi

Selama masa menstruasi, mata juga dapat menyimpan air sehingga terlihat mata seperti bengkak. Tapi ini bisa hilang setelah menstuasi selesai.

5. Menangis

Kantung mata yang disebabkan menangis timbul karena kelenjar lakrimal pada mata memproduksi banyak air mata. Ketika kelenjar ini mengaduk air mata, maka air mata akan kurang asin dan lebih encer. Adanya perbedaan konsentrasi garam antara air mata dengan jaringan di sekitarnya inilah yang membuat pembengkakan terjadi pada mata.

6. Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan pembuluh darah meluas dan bengkak. Maka dari itu kurangi konsumsi alkohol dan kafein agar terhindar dari dehidrasi dan kurang tidur.

7. Masalah Kesehatan

Kantung mata memang bukanlah masalah besar tapi hal itu bisa saja merupakan dampak dari masalah masalah kesehatan yang serius. Misalnya mata bengkak akibat adanya penebalan lemak di area mata pada penderita hipertiroidisme. Selain itu, kantung mata juga dapat dilihat pada penderita penyakit lupus, dermatomiositis, dan sebagainya.

Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Bahan Alami di Rumah

Berikut ini merupakan cara menghilangkan kantung mata dengan bahan alami :

1. Tomat

Cara menghilangkan kantung mata yang pertama adalah dengan menggunakan tomat. Tomat sangat baik untuk menyingkirkan kantung mata dan melembutkan kulit. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh jus tomat dengan 1 sendok teh jus lemon. Setelah itu, oleskan di bawah mata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali sehari. Atau Anda juga bisa meminum jus tomat yang dicampur dengan jus lemon dan daun mint.

2. Kantong Teh

Cara menghilangkan kantung mata menggunakan kantong teh bisa dikatakan cara paling sederhana. Anda cukup merendam teh celup ke dalam air hangat. Sebaiknya gunakan teh chamomile atau teh hijau. Setelah direndam, dinginkan kantung teh di dalam lemari es. Setelah dingin, letakkan kantung teh tersebut di atas mata Anda. Lakukan hal ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Susu

Susu juga merupakan cara menghilangkan kantung mata yang dapat menenangkan kulit di sekitar mata. Cara menggunakannya yaitu dengan menyiapkan semangkuk susu dingin. Lalu celupkan bola kapas ke dalam mangkuk tersebut. Setelah itu, oleskan bola kapas tersebut ke mata yang berkantung. Pastikan seluruh kulit mata terkena susu dingin. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

4. Daun Mint

Daun mint tak hanya dikenal berkat aromanya yang menyegarkan. Namun juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata. Caranya adalah hancurkan beberapa helai daun mint dengan air. Setelah berbentuk pasta, oleskan pada kantung mata. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan hal ini setiap malam selama seminggu. Maka Anda pun siap melihat hasil yang menakjubkan.

5. Buttermilk

Cara menghilangkan kantung mata dengan buttermilk adalah dengan mencampurkannya dengan kunyit. Caranya adalah campurkan 2 sendok makan buttermilk dan kunyit bubuk. Setelah berbentuk pasta, oleskan pada kantung mata. Biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat.

6. Kentang

Kentang juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata. Caranya adalah dengan memarut beberapa kentang mentah lalu campur dengan ekstrak jus kentang. Setelah itu rendam bola kapas ke dalam jus kentang. Lalu letakkan bola kapas di atas mata yang terpejam. Pastikan seluruh kapas menyentuh area kulit mata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

7. Minyak Almond

Vitamin E yang terkandung dalam minyak almond sangat baik untuk membuat kulit tetap kenyal dan membantu menghilangkan kantung pada mata. Cara menggunakannya adalah oleskan minyak almond pada mata yang berkantung sambil memberikan pijatan lembut. Diamkan semalaman lalu bilas keesokan harinya.

8. Jeruk

Cara menghilangkan kanutng mata selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk. Caranya adalah campurkan jus jeruk dengan beberapa tetes gliserin. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada kantung mata. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

9. Ketimun

Anda tentu sudah tahu bahwa ketimun sangat baik untuk kulit, termasuk untuk menghilangkan kantung mata. Cara melakukannya yaitu iris ketimun secara tipis. Setelah itu, simpan dalam lemari es selama 30 menit. Setelah dingin, keluarkan lalu letakkan pada mata yang berkantung. Biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Maka Anda pun akan merasakan kesegaran pada mata.

10. Air Mawar

Air mawar memang berfungsi untuk meremajakan kulit. Selain itu, air mawar juga sangat cepat menghilangkan kantung pada mata. Caranya adalah rendam bola kapas ke dalam air mawar lalu usapkan pada kantung mata. Diamkan selama sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan hal ini setiap malam selama sebulan untuk hasil optimal.

11. Lemon

Lemon sangat kaya akan vitamin C yang dikenal baik untuk mencerahkan kulit dan membantu menghilangkan kantung mata. Cara menggunakannya adalah dengan membuat jus lemon. Kemudian aplikasikan jus lemon pada mata yang berkantung dengan menggunakan bola kapas. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas sampai bersih. Lakukan hal ini sekali setiap hari selama beberapa minggu. Jika Anda merasakan panas pada mata setelah menggunakannya, maka segera hentikan pemakaian.

12. Minyak Kelapa
Minyak kelapa sangat efektif untuk menghilangkan kantung mata. Karena minyak kelapa memiliki sifat melembabkan sehingga mampu mencegah kantung mata, keriput dan garis halus di sekitar mata. Caranya adalah dengan memijat kulit area mata dengan menggunakan minyak kelapa. Diamkan selama beberapa jam lalu bilas hingga bersih. Lakukan hal ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari selama beberapa bulan hingga Anda puas dengan hasilnya.

13. Air Es

Mengompres mata dengan air dingin adalah cara menghilangkan kantung mata selanjutnya. Dengan melakukan hal ini maka pembuluh darah di bawah mata akan menyempit sehingga kantung mata pun berkurang. Cara menggunakannya adalah rendam handuk ke dalam air es. Lalu kompreskan ke kelopak mata yang tertutup selama beberapa menit. Anda juga bisa melakukannya dengan membungkus beberapa es batu lalu kompreskan di mata selama beberapa menit. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari sesuai kebutuhan Anda.

14. Kunyit

Kunyit kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti peradangan yang baik untuk menghilangkan kantung pada mata serta melembutkan kulit mata. Caranya adalah campurkan 2 sendok teh kunyit bubuk dengan jus nanas. Setelah berbentuk pasta, oleskan ke bagian mata yang berkantung. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan kain basah yang lembut.

cara-menghilangkan-kantung-mata

Tips Mencegah Terbentuknya Kantung Mata

Setelah mengetahui apa saja penyebab dan cara menghilangkan kantung mata, maka ada juga beberapa tips untuk mencegah terbentuknya kantung mata. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah terbentuknya kantung mata.

  1. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur adalah salah satu faktor pemicu munculnya kantung mata, maka dari itu Anda harus istirahat dan tidur yang cukup jika tidak ingin memiliki kantung mata besar. Sebaiknya tidurlah lebih awal dan hindari sebisa mungkin hindari begadang. Durasi tidur terbaik adalah 7 sampai 8 jam setiap malam.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Dehidrasi juga bisa memicu munculnya kantung mata. Maka dari itu, lawan dehidrasi dengan banyak minum air putih. Selain itu, air putih juga berfungsi mengeluarkan racun-racun yang tidak baik bagi tubuh.

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur kaya akan kandungan mineral, vitamin, serat dan anti oksidan. Oleh karena itu, sayur dan buah sangat baik untuk mencegah radikal bebas pada kulit serta menjaga elastisitas kulit dan mencegah kantung mata.

Nah itu di ulasan tentang penyebab dan cara menghilangkan kantung mata plus tips mencegahnya, semoga bermanfaat.