5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan-Bahan yang Ada di Sekitar Anda

0
386

Anda sudah mencoba berbagai cara menghilangkan jerawat namun jerawat Anda tidak juga sembuh? Seperti yang kita ketahui, jenis kulit setiap orang pada dasarnya berbeda.

Jadi Anda harus cukup selektif dalam memilih cara menghilangkan jerawat pada wajah Anda. Sebab, bisa jadi cara yang diaplikasikan orang lain kemudian berhasil belum tentu cocok untuk kondisi kulit Anda.

Jerawat terkadang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Hingga menyebabkan orang tersebut kurang percaya diri tampil di muka umum apalagi jika kondisi jerawat yang ada di wajahnya sudah cukup parah.

Jerawat sendiri biasanya disebabkan oleh minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan akhirnya memicu munculnya komedo. Akibatnya kulit wajah menjadi kemerahan karena iritasi, muncul flek hitam, dan biasanya gejala yang paling parah adalah munculnya jerawat yang bernanah.

Sebenarnya munculnya jerawat tak lepas dari kebiasaan kurang baik dan selebihnya dipengaruhi oleh hormon. Untuk mengobati jerawat sebaiknya hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba mencari tahu apa penyebab munculnya jerawat di wajah Anda.

Beberapa kebiasaan yang bisa memicu muculnya jerawat seperti :

  1. penggunaan kosmetik yang dapat menyebabkan iritasi,
  2. terlalu sering mencuci muka, terlalu sering mencuci kulit wajah,
  3. mengalami stres atau tekanan batin,
  4. malas membersihkan keringat,
  5. malas keramas,
  6. kurang tidur dan sering begadang,
  7. mengeringkan wajah secara berlebihan,
  8. menggunakan produk rambut yang tidak sesuai dengan kondisi kulit,
  9. jarang membersihkan wajah sebelum tidur,
  10. pola makanan yang kurang tertatur, dan
  11. berjemur dibawah sinar matahari dalam waktu yang lama.

Baca juga: Cara memerahkan bibir secara alami.

Setelah Anda mengetahui beberapa kebiasaan yang pada umunya dapat memicu munculnya jerawat, maka cobalah untuk menganalisa kebiasaan apa saja yang sering Anda lakukan sehingga menyebabkan munculnya jerawat di wajah Anda. Setelah itu pilih cara yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit wajah anda.

Dalam mengatasi jerawat, ada dua cara yang biasa dilakukan yakni menggunakan obat-obatan dan dengan cara alami. Menggunakan obat-obatan mungkin hasilnya bisa maksimal namun terkadang bisa menyebabkan efek samping bagi penggunanya.

Lain halnya jika cara yang digunakan adalah cara yang alami. Karena efek samping yang bisa ditimbulkan sangat minim selain itu biaya yang diperlukan cukup terjangkau.

Cara Menghilangkan Jerawat

Berikut beberapa cara menghilangkan jerawat di wajah Anda.

1. Menggunakan Madu

Madu terkenal memiliki banyak khasiat serta manfaat. Salah satu manfaat madu adalah dapat membantu menghilangkan jerawat. Madu sendiri memiliki kandungan antobiotik dan gizi yang cukup tinggi sehingga dapat meminimalisir infeksi pada kulit wajah.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan madu

Pertama-tama, bersihkan kulit wajah Anda dari debu dan kotoran dengan membilasnya sampai bersih menggunakan air. Selanjutnya tuangkan madu secukupnya pada telapak tangan Anda, kemudian oles secara merata di wajah Anda. Diamkan selama 15 menit setelah itu bilas sampai bersih.

Cara selanjutnya, Anda bisa mengombinasikan madu dengan putih telur. Caranya cukup sederhana, yakni campurkan madu dan putih telur dalam mangkuk kemudian aduk secara merata. Selanjutnya oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan beberapa menit. Terakhir, bilas sampai bersih menggunakan air.

2. Menggunakan lidah buaya

Tumbuhan yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat. Selain mampu menyehatkan rambut dan memuluskan kulit, lidah buaya juga efektif untuk menghilangkan jerawat.

Kandungan hormon giberelin dan polisakarida memiliki fungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat serta kandungan antioksidan, vit C dan E serta mineral berkhasiat untuk menyembuhkan kulit yang berjerawat.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan lidah buaya

Ambil daun lidah buaya yang masih hijau dan berisi. Kemudian belah menjadi dua bagian setelah itu ambil isi dari lidah buaya tersebut yang bening seperti jel.

Haluskan isi dari daun lidah buaya di dalam mangkuk setelah dirasa sudah halus silahkan usapkan di wajah Anda secara merata. Diamkan selama 3-5 menit kemudian bilsa menggunakan air dingin sampai bersih.

3. Mengoleskan Es batu pada wajah

Mungkin selama ini Anda banyak melihat es batu digunakan untuk membuat minuman dingin atau pengawet makanan. Namun fungsi es batu tidak hanya itu. Es batu juga memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat.

Suhu dingin pada es batu yang jika diusapkan ke wajah mampu mengecilkan pori-pori tempat minyak dan kotoran menumpuk. Selain itu juga dapat melancarkan sirkulasi darah pada kulit wajah. Keuntungan menggunakan es batu selain mudah didapat, bisa dibilang juga tidak memerlukan biaya sama sekali.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan es batu

Agar kualitas es batu yang digunakan baik, Anda bisa memasukkan air yang bersih dan jernih untuk dibekukan dalam kulkas maupun frezeer. Selanjutnya gunakan kain yang lembut dan halus untuk membungkus es batu tersebut.

Kemudian tempelkan es batu yang sudah dibungkus tersebut pada bagian wajah yang berjerawat selama beberapa menit. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan cara tersebut secara rutin.

4. Menggunakan lemon

Lemon terkenal dengan kandungan vitamin C yang cukup tingg. Selain itu lemon juga memiliki kandungan Asam alpha dan akrobat-L yang bisa mengurangi peradangan pada kulit wajah Anda yang berjerawat dan mampu membersihkan pori-pori wajah dari kotoran serta minyak yang menumpuk. Lemon juga memiliki kandungan zat anti bakteri dan mikroba yang bisa berfungsi meminimalisir munculnya jerawat.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan lemon

Pertama-tama bersihkan kulit wajah dengan menggunakan air hangat sampai bersih selanjutnya ambil buah lemon yang masih segar. Belah lemon tersebut menjadi dua bagian kemudian peras sarinya (air lemon) ke dalam mangkuk. Ambil kapas (cotton) yang bersih kemudian celupkan ke dalam air yang sudah diperas tadi dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

Cara kedua, Anda bisa mencampurkan air perasan lemon dengan yogurt (Anda bisa membelinya di supermarket) kemudian aduk secara merata setelah itu gunakan kapas yang bersih dan usapkan pada bagian wajah yang berjerawat.

Cara ketiga, campurkan air perasan lemon dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis (bubuk kayu manis berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat) aduk secara merata hingga menjadi pasta selanjutnya oleskan pada bagian wajah berjerawat. Diamkan selama 15-20 menit setelah itu bilas dengan menggunakna air bersih sampai bersih.

5. Menggunakan tomat

Tomat biasanya paling banyak ditemui sebagai bahan pelengkap masakan. Namun tahukah anda bahwa tomat juga ternyata cukup efektif untuk menghilangkan jerawat.

Kandungan antioksidan bernama lycopene pada tomat berfungsi melindungi kulit dan digunakan sebagai bahan dasar produk anti-aging, mengobati kemerahan pada kulit dan membantu meregenerasi sela kulit mati. Selain itu tomat juga mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk tubuh maupun kulit.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan tomat

Pertama-tama, pilihlah tomat yang segar, yang ditandai dengan warna tomat yang masih kemerahan. Kemudian iris tomat tersebut tipis-tipis dan tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10-15 menit. Agar hasilnya maksimal, lakukan hal tersebut secara rutin.

Demikianlah 5 cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat