8 Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah

0
261

Bagaimana cara mengecilkan perut dengan mudah? Perut yang buncit dan kelihatan gendut terkadang membuat sebagian orang merasa kurang nyaman serta tidak percaya diri untuk tampil di depan umum. Bukan hanya wanita terkadang sebagian pria juga mengalami hal yang sama.

Memiliki bentuk tubuh yang ideal mungkin menjadi harapan kebanyakan orang namun karena berbagai faktor harapan untuk memiliki bentuk badan yang ideal alias proporsional tidak bisa terwujud.

Perut yang buncit bukan hanya berpengaruh pada penampilan dan tingkat kepercayaan diri seseorang namun juga berisiko mengalami gangguan kesehatan. Perut yang buncit akan membuat seseorang semakin malas bergerak. Akibatnya, sejumlah penyakit pun berdatangan.

Perut yang buncit biasanya disebabkan oleh tumpukan lemak yang ada pada bagian perut. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh kurangnya melakukan olahraga, pola makan yang tidak teratur, mengomsumsi karbohidrat berlebihan serta pola hidup yang kurang sehat.

Berbagai efek yang bisa ditimbulkan ketika memiliki perut buncit tersebut membuat banyak orang yang berusaha melakukan berbagai cara mengecilkan perut buncit. Mulai dari diet ketat, mengomsumsi obat-obatan yang justru memiliki efek samping bagi penggunanya, olahraga dan berbagai aktivitas lainya.

Memang memiliki perut yang ideal dan proporsional bukanlah hal yang mustsahil, asalkan menggunakan cara yang tepat untuk mengecilkan perut. Cara apa saja yang bisa dilakukan untuk bisa mengecilkan perut dengan alami dan terhindar dari efek lain yang justru tidak diharapkan? Berikut ulasannya.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah

1. Batasi Konsumsi Karbohidrat dan Lemak Jenuh

Membatasi bukan berati tidak mengomsumsi sama sekali. Terlalu banyak mengomsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak utamanya lemak jenuh akan semakin membuat perut Anda kelihatan buncit.

Namun jangan serta merta berhenti sama sekali mengomsumsi makanan yang berlemak karena lemak juga dibutuhkan oleh tubuh untuk meyimpan kalori dalam tubuh. Selain itu, lemak juga akan menyediakan asam esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan membantu menyerap vitamin, serta menyebarkan vitamin ke seluruh tubuh.

2. Olahraga secara rutin

Salah satu cara mengecilkan perut yang ampuh adalah dengan berolahraga. Olahraga bisa membakar lemak yang ada di dalam tubuh serta bisa memperlancar aliran darah dan yang pastinya dengan berolahraga akan menurunkan berat badan anda. Bagaimana melakukan olahraga yang efektif?

Baca juga: Olahraga Mengecilkan Perut Buncit Disertai Senam Ringan yang Ampuh Ratakan Perut

Olahraga yang baik dan efektif biasanya dilakukan secara rutin dan terjadwal. Namun sebaiknya hindari melakukan olahraga yang berlebihan dengan dalih ingin mengecilkan perut Anda dalam waktu singkat karena hal tersebut bisa berdampak kurang baik. Misalnya keram yang berlebihan di tubuh dan juga bisa mengakibatkan jantung menjadi “kaget” karena tiba-tiba bekerja secara berlebihan.

3. Cukupi kebutuhan serat

Cara mengecilkan perut selanjutnya yang bisa Anda coba terapkan adalah dengan banyak mengkomsumsi makanan berserat. Serat memilki banyak fungsi bagi tubuh manusia seperti, menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, melancarkan sistem pencernaan, mencegah penyakit diabetes dan membantu menjaga kesehatan usus.

Makanan yang banyak mengandung serat seperti beras tumbuk, sayuran, telur, taoge selain itu beberapa buah-buahan juga terkenal memiliki serat yang baik untuk tubuh seperti pisang, lemon, jeruk dan kacang-kacangan.

4. Kurangi mengkomsumsi makanan yang manis

Sebagian orang pasti setuju bahwa salah satu makanan yang paling enak untuk di komsumsi adalah makanan yang manis, misalnya saja coklet, es krim, susu dan lain-lain.

Namun seperti yang kita ketahui terlalu banyak mengkomsumsi makanan manis atau yang banyak mengandung gula bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit diabetes. Dan bukan hanya itu, makanan manis juga ternyata memiliki efek negatif lain. Di antaranya meningkatkan resiko obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol jahat dan lain-lain.

Oleh karena itu, agar cara mengecilkan perut yang telah anda lakukan bisa maksimal maka sebaiknya anda mengurang mengkomsumsi makan yang banyak mengandung gula.

5. Tidur secara teratur

cara-mengecilkan-perut

Cara mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan tidur secara teratur dan cukup. Ketika seseorang sedang tidur, organ-organ dalam tubuh akan menjadi lebih optimal menjalankan fungsinya membakar lemak yang ada dalam tubuh. Tidur juga menjadi waktu terbaik untuk memproses kerja organ dalam tubuh, sehingga dapat membuat metabolisme dan regeneraisi sel dalam tubuh berjalan optimal.

Namun usahakan jangan tidur berlebihan. Hindari pula tidur dengan posisi yang kurang tepat. Sebab, hal tersebut juga akan berdampak kurang baik bagi tubuh Anda. Waktu tidur yang paling baik adalah sebelum jam 10 malam, dan sebaiknya Anda bangun pada jam 4 subuh. Udara subuh adalah udara yang sangat jernih dan sangat bermanfaat bagi tubuh, utamanya paru-paru.

6. Kurangi stres

Stres adalah perasaan yang tak karuan dan cenderung sulit untuk dikendalikan. Pikiran stres juga bisa berpengaruh pada berat badan. Stres memicu pola hidup yang tidak sehat. Pada sebagian orang, stres membuat keinginan untuk ngemil semakin tinggi. Karena ngemil dijadikan sebagai pelampiasan stres itu sendiri. 

Jadi anda yang ingin berusaha mengecilkan perut, maka sebaiknya hindari kondisi pikiran yang stres. Jika mengalami stress usahakan untuk mencari tempat yang tenang dan nyaman agar perasaan stres bisa segera hilang.

7. Mengkomsumsi vitamin C

Vitamin C memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Sebut saja di antaranya dapat mengendalikan stres dan mengembalikan hormon stress (kortisol) ke tingkat yang normal. Peningkatan kortisol membantu untuk mengurangi penyimpanan lemak di perut.

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin C misalnya jeruk, pisang, nanas, strwberry, jambu dan lain-lain. Anda juga bisa mengkomsumsi vitamin C dalam bentuk kapsul yang saat ini sudah banyak tersedia di swalayan.

Namun sebagai catatan, mengkomsumsi vitamin sangat tidak disarankan karena dapat berbahaya bagi tubuh. Jadi usahakan mengkomsumsi vitamin C secukupnya saja. Jangan terobsesi untuk mengecilkan perut secara instan karena untuk mengecilkan perut secara aman membutuhkan waktu dan proses. 

8. Minum air putih yang cukup

Tahukah Anda bahwa air putih selain memiliki fungsi untuk menghilangkan haus juga memiliki banyak manfaat lain. Beberapa manfaat minum air putih seperti menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, meningkatkan energi, membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, membuat kulit halus dan cerah, juga berfungsi mengontrol kalori dan menurunkan berat badan.

Mungkin Anda bertanya apa hubungan antara minum air putih dengan penurunan berat badan? Penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan antara meminum air putih dengan penurunan berat badan.

Air putih yang diminum sebelum makan akan membantu Anda merasa cepat kenyang. Alhasil, porsi makan bisa berkurang dan sebagai hasilnya jumlah kalori yang masuk dalam tubuh pun dapat diminimalisir, sehingga akan memicu penurunan berat badan.

Demikinlah 8 cara mengecilkan perut yang bisa anda coba. Agar keinginan anda untuk mengecilkan perut bisa maksimal, maka sebaiknya lakuka 8 tips di atas secara konsisten. Semoga artikel tentang cara mengecilkan perut ini bermanfaat untuk Anda.