Cara Mengatasi Maag dan Mengobatinya dengan Bahan Alami

0
282

Ada berbagai macam cara mengatasi maag. Mulai dari cara yang alami dengan menggunakan bahan-bahan herbal, hingga dengan menggunakan obat-obat kimia yang mampu meredakan penyakit maag.

Penyakit maag sendiri merupakan penyakit yang sudah sangat umum diderita oleh banyak orang. Masalah lambung ini sangat berkaitan erat dengan pola makan yang salah. Mereka yang cenderung menderita penyakit maag adalah yang memiliki aktivitas harian yang padat, yang menjadikan mereka sering telat makan.

Meski penyakit maag sudah umum dialami oleh kebanyakan orang, penyakit pencernaan ini tidak bisa disepelekan. Sebab, tidak sedikit dari penderita penyakit maag yang berakhir di ruang gawat darurat rumah sakit akibat sudah sangat parahnya penyakit maag yang dideritanya.

Cara Mengobati Maag dengan Bahan Alami

Pada saat maag kambuh, rasanya tentu sangat menyiksa. Gejala maag yang timbul di antaranya sakit pada perut hingga ke ulu hati (diafragma), perut tersasa penuh dan sesak, tidak jarang penderita merasa mual dan muntah. Ada beberapa cara mengobati maag saat kambuh yang bisa anda coba.

Dilansir dari healthlline sejumlah jenis makanan dan minuman herbal terbukti mampu mengtasi maag, diantaranya :

1. Flavonoid

Salah satu jenis makanan dan minuman yang mampu mengatasi sakit maag secara alami adalahl makanan yang mengandung flavonoid. Flavonoid banyak terkandung dalam:

  1. Kedelai
  2. Kacang-kacangan
  3. Anggur merah
  4. Kubis
  5. Brokoli
  6. Apel

Namun, yang perlu diingat, ada beberapa jenis makanan dan minuman mengandung flavonoid yang tidak boleh dikonsumsi pederita penyakit maag seperti buah jeruk dan anggur merah. Karena keduanya justru akan mengakibatkan iritasi pada ulkus lambun

2. Probiotik

Probiotik merupakan bakteri hidup yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencerrnaan. Bakteri baik inii utamanya terdapat dalam berbagai jenis makanan berfermentasi seperti:

  1. Mentega susu
  2. Yogurt
  3. Sup Kedelai Jepang
  4. Kimchi

Probiotik kini juga sudah tersedia dalam bentuk suplemen, sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi.

3. Madu

Madu juga terbukti mampu mengatasi masalah lambung, berkat kandungan alaminyan yang begitu kaya. Berisi 200 elemen penting untuk tubuh, termasuk di antaranya antioksidan dan polifenol.

Selain mampu mengatasi maag, madu juga mengandung anti bakteri yang kuat, yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri H.Pylori.

Namun, bagi mereka yang memili kadar gula darah yang tinggi, sebaiknya menghindari konsumsi madu manis secara berlebihan.

4. Bawang putih

Meski baunya kurang sedap, mengonsumsi bawang putih ternyata juga menjadi cara mengobati sakit maag yang manjur. Sama halnya madu, bawang putih juga memiliki kemampuan melawan pertumbuhan bakteri H. pylori dalam lambung.

Agar kandungan baik dalam bawang putih tidak hilang, bawang putih harus dikonsumsi secara langsung tanpa dimasak. Namun jika anda tidak tahan dengan baunya, agar lebih simpel anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih.

Bawang putih berfungsi sebagai pengencer darah, jadi jika anda juga sedang mengonsumsi obat pengencer darah dari dokter, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan bawang putih sebagai obat maag andalan anda.

5. Buah, Sayuran, dan Gandum Utuh

Dikutip dari Mayo Cllinic, rutin mengonsumsi buahah-buahan, sayuran, dan gandum utuh selain baik untuk kesehatan secara umum juga merupakan cara mengobati penyakit maag terbaik. Pilihlah buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A dan C sebagai terapi untuk mengatasi penyakit maag.

Cara Mengatasi Maag dengan Menjauhi Pantangannya

Cara mengobati sakit maag tidak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan atau minuman khusus saja, namun juga harus dibarengi menghindari pantangannya. Apa saja? Ini dia :

  1. Kopi, termasuk kopi tanpa kafein
  2. Minuman berkarbonasi
  3. Cabe
  4. Makanan olahan
  5. Daging merah asin
  6. Gorengan yang mengandung terlalu banyak minyak.

Nah, itu dia cara mengatasi maag yang bisa anda coba saat maag kambuh ataupun sebagai terapi pengobatan penyakit maag.