Cara Memutihkan Kulit secara Alami

0
378

Cara memutihkan kulit secara alami dapat menjadi pilihan yang cerdas bagi anda yang mendambakan kulit yang cerah sekaligus sehat. Di samping berkhasiat, cara ini juga terbilang sangat aman dan ramah di kantong.

Yang dibutuhkan dalam menerapkan cara alami ini tentunya kesabaran dan konsistensi, karena bahan alami yang digunakan sebagai pemutih haruslah diolah sedemikian rupa hingga dapat diaplikasikan ke kulit.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan bahan-bahan alami

1. Mentimun

Mentimun memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kulit. Sudah sejak dulu mentimun menjdai bahan andalan untuk mengatasi lingkar hitam di bawah mata alias mata panda.

Itu karena mentimun memiliki efek mendinginkan sehingga membuat kulit menjadi rileks. Selain itu sifatnya yang mampu meningkatkan kadar kolagen pada kulit juga sangat baik dalam membuat kulit tampak lebih kencang dan kenyal.

Yang lebih bagusnya lagi, mentimun dapat digunakan untuk segala jenis kulit. Sehingga tidak akan ada efek samping membuat kulit kering atau berminyak jika rutin menggunakannya.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan menggunakan mentimun bisa dengan cara penempelkan langsung irisan mentimun pada kulit yang gelap. Atau, bisa juga dengan menjadikannya sebagai masker dengan campuran madu yang juga memiliki khasiat sebagai pelembab dan pencerah kulit.

Caranya, parut mentimun dan campurkan dengan madu. Olehkan pada wajah dan leher dan biarkan selama 15 – 20 menir lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil cepat dan maksimal, lakukan 2x dalam sehari.

Cara lain, anda bisa mencampurkan parutan mentimun yang sudah halus dengan 1 sendok teh jus lemon. Terapkan pada wajah dan tunggu hingga 15-20 menit atau hingga masker kering. Lalu bilas dengan air. Jika anda memilih menggunakan masker ini, anda cukup melakukannya 1x sehari.

2. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan yang mampu mencerahkan dan menyehatkan kulit dari dalam dan dari luar. Karena sifat pepaya yang dapat membersihkan tubuh, maka mengonsumsi pepaya juga akan membantu pembersihan kulit dari dalam. Untuk terapi memutihkan kulit dari dalam, anda bisa memakan buah pepaya secara rutin.

Sedang untuk memutihkan kulit dari luar, anda bisa menggunakan kulit pepaya, lalu menggosokkannya pada wajah anda. Biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air dingin. Anda akan melihat hasil berupa kulit yang segar. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda pun bisa membuat masker pepaya dengan campuran jus lemon. Dengan cara menghaluskan pepaya matang lalu campurkan dengan 1 cangkir jus lemon. Pijatkan ke wajh dan leher lalu diamkan selama 30 menit. Aplikasikan masker ini setidaknya sekali dalam seminggu. Anda akan melihat perubahan pada warna kulit anda dengan menerapkan cara ini secara rutin.

3. Kunyit

Kunyit yang memiliki warna khas kuning cerah juga ternyata mampu mencerahkan kulit. Kandungan alami dalam kunyit mampu membantu pembentukan melanin kulit untuk mempertahankan kulit tetap cerah.

Selain itu, kunyit juga mngandung anti-oksidan yang bermanfaat menjaga kulit dari pengaruh radikal bebas dan anti-septik untuk menjauhkan kulit dari bakteri penyebab jerawat dan masalah kulit lainnya.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan kunyit juga sangat mudah. Anda sisa mencampurkan bubuk kunyit dengan susu krim hingga berbentuk pasta. Oleskan pada kulit wajah maupun kulit tubuh anda. Biarkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.

Lakukan langkah ini secara teratur setiap harinya, dan anda akan melihat warna kulit anda akan berangsur-angsur semakin cerah.

Anda juga bisa membuat masker kunyit dengan bahan pencerah lainnya. Campurkan1 setengah sendok teh bubuk kunyit, 1 sendok teh jus lemon, dan 2 sendok teh tepung besan. Gunakan masker pada kulit sekitar 20-25 menit atau hingga masker mengering. Gosok masker yang telah kering hingga secara perlahan, lalu bilas dengan air hangat.

4. Pisang

Buah berkulit kuning ini juga memiliki khasiat yang baik untuk mencerahkan kulit sekaligus melembabkannya. Tidak hanya untuk kulit, buah ini juga sangat baik diaplikasikan ke rambut, menjadikan rambut halus dan bercahaya.

Lalu bagaimana cara memutihkan kulit secara alami dengan pisang? Simpel saja, hanya perlu menghalusdkan buah pisang setelah dikupas kulitnya ke dalam blender. Atau, anda juga bisa menghaluskannya secara manual, namun usahakan pisang benar-benar halus agar dapat menempel dengan baik di kulit.

Gunakan bubur pisang tersebut pada wajah sebagai masker dan diamkan hingga sekitar 20 menit. Jika tipe kulit anda sangat kering, anda bisa mencampurkan pisang dengan susu. Setelah halus, oleskan pada wajah dan leher. Lakukan secara teratur setiap hari untuk hasil yang optimal.

5. Lidah buaya

Warna kulit tidak merata akibat hiperpigmentasi? Gel lidah buaya bisa menjadi solusinya. Mirip seperti mentimun, lidah buaya juga memiliki efek pendingin sehingga membantu meregenerasi sel-sel kulit. Sehingga sel-sel kulit mati digantikan oleh sel-sel kulit baru yang sehat.

Poin plus lain yang dimiliki lidah buaya, dengan mengaplikasikan gelnya pada kulit, bintik-bintik atau noda hitam pada kulit akan memudar dan kulit akan lebih cerah.

Cara menggunakan gel lidah buaya untuk wajah, iris lapisan luar lidah buaya, akan tampak gel lidah buaya di dalamnya. Peras lidah buaya untuk mengambil gelnya. Oleskan pada kulit dan diamkan hingga 30 menit. Bilas wajah dengan air.

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, lakukan dua kali dalam sehari, setiap hari selama 2 minggu.

6. Baking Soda

Bahan pembuat makanan yang satu ini juga mampu mencerahkan kulit anda, lho. Cara memutihkan kulir dengan bubuk putih ini mudah sekali.

Hanya dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi kental seperti pasta. Hati-hati, jangan sampai encer, buat sekental mungkin agar baking soda lebih padat dan dapat menempel di kulit dengan sempurna.

Bersihkan wajah anda dengan sabun anti-bakteri. Setelah itu, oleskan pasta baking soda ke wajah dan diamkan selama 15 menit, ketika masker baking soda sudah mengering. Ambil sedikit air lalu pijat wajah hingga sedikit demi sedikit pasta mengelupas. Setelah itu, bilas wajah dengan air.

7. Bengkoang

Buah putih yang satu ini sudah dipercaya sejak dulu mampu mencerahkan kulit. Sudah banyak produk kecantikan dan pencerah kulit yang memasukkan ekstrak bengkoang sebagai kandungan aktif utama pencerah kulit.

Benar saja, bengkoang memang mampu mencerahkan kulit secara cepat. Hasil terbaik dan cepat dapat anda lihat jika anda menggunakan buah bengkoang yang masih segar ke kulit anda.

Untuk wajah, cukup dengan setengah bengkoang ukuran sedang. Sisanya bisa anda simpan di kulkas untuk penggunaan berikutnya.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan bahan ini, hanya dengan menghasluskan bengkoang, bisa dengan diblender atau diparut. Setelah itu jadikan sebagai masker dan diamkan selama 20-30 menit.

Setelah itu, bilas dengan air, dan anda pasti akan melihat perbedaannya. Warna kulit anda akan lebih cerah dari sebelumnya. Gunakan masker bengkoang ini secara teratur setiap hatinya untuk hasil yang maksimal. Jangan takut kulit anda akan menjadi kering karena bengkoang memiliki kandungan air yang mampu menjaga kelembaban kulit.

Silakan baca juga info menarik tentang tips memutihkan kulit, badan, dan wajah secara alami dan cepat disini.

Oke, itu dia 7 cara memutihkan kulit secara alami, selamat mencoba!