10 Cara Mudah Memutihkan Gigi untuk Miliki Senyum Menawan

0
204

Bagaimana cara memutihkan gigi untuk menunjang senyum Anda semakin menawan? Gigi putih bersih memang merupakan dambaan bagi setiap orang. Berbagai perawatan pun dilakukan demi memiliki gigi putih bahkan sampai rela membayar mahal.

Sebenarnya tidak perlu biaya mahal untuk mendapatkan gigi putih. Cukup dengan bahan alami yang ada di dapur, Anda sudah bisa mendapatkan gigi putih. Selain biayanya lebih murah, bahan alami tentu bebas bahan kimia berbahaya.

Nah, berikut ini merupakan cara memutihkan gigi dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan bisa Anda coba sendiri di rumah, seperti yang dikutip dari situs Authority Nutrition dan Top 10 Home Remedies.

Cara Memutihkan Gigi secara Alami

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dikenal mampu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri. Karenanya minyak kelapa dapat mengurangi bakteri di mulut serta mencegah plak dan radang gusi. Cara ini merupakan salah satu teknik ayurveda dari India yang bertujuan untuk membersihkan mulut dan mengeluarkan racun dari tubuh. Jika tidak ada minyak kelapa, maka minyak apapun boleh.

Cara memutihkan gigi dengan minyak kelapa adalah masukkan 1 sendok makan minyak kelapa ke mulut dan berkumurlah dengan minyak tersebut. Lakukan hal ini selama 15 – 20 menit. Metode ini aman digunakan karena tidak mengikis enamel gigi jadi boleh digunakan setiap hari.

2. Baking Soda

Baking soda dikenal dengan sifat pemutihnya dan membantu membersihkan noda yang ada pada gigi. Selain itu, baking soda juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada mulut. Baking soda tidak akan memberikan hasil secara instan. Memang belum ada bukti bahwa menyikat gigi dengan baking soda efektif untuk memutihkan gigi. Sebuah penelitian yang dimuat dalam situs NCBI menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih efektif memutihkan gigi daripada pasta gigi yang tanpa baking soda.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda adalah campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air. Setelah berbentuk pasta, sikat gigi dengan menggunakan campuran tersebut. Lakukan hal ini beberapa kali dalam seminggu. Hal itu dapat mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut dan menghalau noda di permukaan.

3. Cuka apel

Bahan yang yang satu ini dikenal selama berabad-abad sebagai desinfektan alami. Cuka apel mengandung asam asetat yang aktif membunuh bakteri. Inilah yang membuatnya berfungsi sebagai pembersih mulut dan efektif sebagai cara memutihkan gigi. Selain itu, cuka apel juga dapat melembutkan gigi sehingga berpotensi mengikis enamel pad gigi.

Maka dari itu, sebaiknya tidak menggunakan cuka apel setiap hari. Gigi tidak boleh terus-terusan terkena cuka sari apel. Jika Anda ingin menggunakannya, maka gunakan sebagai obat kumur. Caranya adalah larutkan dengan air lalu kumurlah selama beberapa menit. Setelah itu, kumurlah dengan air bersih. Karena dapat mengikis enamel gigi, maka lakukan hal ini selama sekali dalam seminggu.

4. Stroberi

Stroberi telah lama populer sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Buah berwarna merah ini mengandung asam malat yang dapat menghilangkan perubaan warna pada gigi. Stroberi dapat digunakan untuk memutihkan gigi hanya dengan mengunyahnya saja, atau dengan cara menggosokkan buah stroberi pada gigi.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya bersama baking soda. Caranya adalah hancurkan stroberi segar. Campurkan dengan baking soda secukupnya. Setelah itu, sikat gigi dengan menggunakan campuran tersebut. Lalu berkumur dengan air bersih. Lakukan hal ini beberapa kali dalam seminggu.

Baca juga artikel informatif kami : Cara ampuh untuk mengobati sakit gigi

5. Kulit lemon

Lemon termasuk jenis buah-buahan citrus yang mengandung asam yang bermanfaat sebagai cara memutihkan gigi. Kulit lemon tidak hanya berkhasiat untuk memutihkan gigi tapi juga efektif membersihkan plak atau karang gigi. Tapi menggunakannya secara berlebihan dapat mengikis enamel pada gigi karena kandungan asamnya yang terlalu tinggi.

Cara menggunakannya yaitu, kupas lemon lalu ambil kulitya. Kemudian, gosokkan kulit lemon pada gigi secara merata selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, sikat gigi seperti biasa dengan menggunakan pasta gigi. Gunakan secara teratur untuk hasil maksimal.

6. Arang

Meski berwarna hitam, ternyata arang dapat digunakan untuk memutihkan gigi dengan cepat. Arang mengandung senyawa aktif karbon yang mampu mengikis noda pada enamel gigi. Selain itu, arang juga digunakan sebagai obat bius sifatnya yang sangat adsorptif, yaitu mampu menyerap dan mengikat senyawa tertentu.

Cara memutihkan gigi dengan arang adalah ambil arang lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu, tuangkan ke dalam cangkir. Tambahkan air secukupnya lalu aduk terus hingga berbentuk pasta. Kemudian, usapkan pasta tersebut ke seluruh permukaan gigi. Diamkan selama 3 menit, lalu bilas hingga bersih. Hindari menggosoknya terlalu keras karena itu akan membuatnya merusak enamel gigi.

7. Kulit jeruk

Selain dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, kulit jeruk juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Menggunakan kulit jeruk untuk membersihkan gigi secara teratur mampu mengurangi warna kuning pada gigi. Kandungan vitamin dan kalsium pada kulit jeruk akan melawan mikroorganisme.

Cara menggunakannya adalah gosokkan kulit jeruk pada permukaan gigi setiap malam jelang tidur. Keesokan harinya, berkumurlah dengan air bersih. Lakukan hal ini selama beberapa minggu hingga terlihat hasil yang efektif. Jika tidak ada kulit jeruk segar, maka kulit jeruk kering juga bisa menjadi pilihan.

8. Garam

Umumnya, garam digunakan sebagai bumbu untuk menambah cita rasa suatu makanan. Tidak hanya itu, garam juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Garam mengandung eksfoliator yang dapat digunakan untuk mengikis noda pada gigi. Garam akan membantu mengisi kembali kandungan mineral yang hilang pada gigi dan mengembalikan warna putih alami gigi.

Cara memutihkan gigi dengan garam adalah oleskan garam halus pada gigi secara teratur setiap pagi. Bisa juga mencampur garam dengan arang lalu gunakan untuk menyikat gigi. Atau bisa juga mencampur garam dengan baking soda lalu menggosoknya secara lembut pada gigi.

9. Kemangi

Selain sedap saat disajikan bersama makanan, daun kemangi juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Daun kemangi dapat digunakan untuk menangkal bau mulut, memberikan rileksasi terhadap gusi, dan mampu memutihan gigi yang kuning.

Cara menggunakannya adalah jemur beberapa daun kemangi di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Setelah kering, giling hingga menjadi bubuk. Setelah halus, campurkan dengan pasta gigi yang biasa Anda gunakan kemudian sikatlah gigi seperti biasanya.

10. Air putih

Air putih merupakan salah satu cara memutihkan gigi secara alami. Salah satu penyebab gigi menjadi kuning adalah kekurangan produksi air liur. Kondisi mulut dan gigi yang kering dapat membuat gigi jadi kekuningan. Maka dari itu, perbanyaklah minum air putih agar menambah produksi air liur sehingga mulut, gusi, dan gigi tetap sehat. Selain itu, air putih juga dapat menetralkan kondisi asam pada mulut yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

Memutihkan gigi sebenarnya mudah, tapi lebih baik mencegah daripada mengobati. Itulah beberapa cara memutihkan gigi yang bisa Anda coba di rumah.