11 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dengan Hasil Permanen

0
507

Saat ini banyak wanita membutuhkan cara memerahkan bibir secara alami, karena selama ini mereka hanya berfokus untuk perawatan wajah saja. Kecantikan seorang wanita tak hanya berasal dari wajahnya tetapi juga dari keindahan bibirnya.

Bibir yang sehat merona akan memancarkan kecantikan alami dari seorang wanita. Sebaliknya bibir yang kehitaman akan membuat wanita merasa kurang percaya diri.

Cara menghilangkan bibir hitam sebenarnya ada banyak sekali, hanya saja terkadang kita yang terlalu sibuk kadang lupa merawat bibir sendiri. Karena kesibukan itu tak jarang para wanita lebih memilih penggunaan lipstik untuk memerahkan bibir hitam meskipun hanya bersifat sementara. Ada pula yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan sulam bibir agar bibir yang kehitaman selalu tampak merah.

Sebenarnya ada cara memerahkan bibir secara alami namun memiliki hasil yang permanen. Cara ini tentu lebih aman dan murah karena menggunakan bahan alami. Nah, berikut ini merupakan cara memerahkan bibir secara alami dengan hasil permanen yang dilansir dari situs Wikihow dan The Beauty Madness.

(Baca juga artikel cara mengencangkan kulit wajah )

Cara memerahkan bibir secara alami

1. Gula pasir

Sel kulit mati pada bibir membuat bibir jadi kering hingga mudah mengelupas. Hal inipun bisa membuat bibir menjadi kehitaman. Untuk mengembalikan warna merah alami pada bibir, Anda perlu menggosok kulit bibir secara lembut hingga semua sel kulit matinya mengelupas. Untuk melakukannya Anda bisa menggunakan scrub yang dibuat dari gula pasir.

Cara membuatnya, campurkan 1 sendok teh gula pasir dan 1 sendok teh madu. Setelah tercampur, gosokkan pada bibir secara lembut dengan gerakan melingkar. Bilas dengan air bersih. Ulangi jika Anda merasa kulit bibir masih kering.

2. Sikat gigi

Jika bibir Anda termasuk tipe bibir yang selalu kering dan mengelupas, cobalah menyikat bibir Anda dengan menggunakan sikat gigi lembut. Caranya. Basahi sikat gigi dengan air hangat, lalu sikat bibir Anda dengan lembut agar tidak melukai bibir. Sikatlah dengan gerakan melingkar. Lakukan ini selama 20 sampai 30 detik.

3. Serum dari minyak

Cara menghilangkan bibir hitam selanjutnya adalah dengan menggunakan serum bibir. Serum ini berfungsi untuk mengembalikan kelembaban pada bibir. Namun, serum yang digunakan adalah serum yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti, Minyak kelapa, Minyak almond, Minyak zaitun, dan Minyak jojoba.

4. Pepermint dan minyak zaitun

Ada banyak cara yag dilakukan untuk membuat bibir menjadi terlihat merah dan merekah. Namun, produk yang dijual di toko-toko hanya memberi hasil yang sementara.

Sebaiknya gunakan bahan alami agar bibir lebih sehat tanpa bahan kimia. Caranya, campurkan 5 tetes ekstrak peppermint dengan 1/2 sendok teh minyak zaitun. Ulaskan di bibir Anda selama lima menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Lilin lebah dan minyak kelapa

Menjaga kelembaban bibir adalah salah satu cara memerahkan bibir secara alami berikutnya. Bibir yang kering akan membuat bibir terlihat kusam. Untuk mengatasinya para wanita biasanya menggunakan lipbalm. Tetapi Anda juga bisa membuat lipbalm dengan bahan alami.

Caranya, cairkan 1 sendok makan lilin lebah dengan 3 sendok makan minyak kelapa. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda. Setelah itu, tuangkan campuran ke dalam wadah lipbalm. Biarkan hingga mengeras dan lipbalm alami pun siap digunakan.

6. Jus buah merah

Buah merah adalah kelompok buah yang memiliki zat warna merah pada daging buahnya. Warna merah ini bisa digunakan untuk menghilangkan warna kehitaman pada bibir. Caranya adalah dengan mencelupkan kapas ke dalam buah merah yang telah dijadikan jus. Setelah itu, gosokkan perlahan pada bibir.

Terapkan sebanyak yang Anda mau agar warna yang dihasilkan juga semakin intens. Tambahkan lipbalm agar warnanya terkesan lebih alami. Buah merah yang biasa dijadikan jus untuk memerahkan bibir adalah ceri, cranberry, delima dan stroberi.

7. Kelopak mawar dan krim susu

Campuran kelopak mawar dan krim susu pada bibir dapat membuat bibir jadi lembut, halus, dan menghapus garis-garis gelap pada bibir. Caranya adalah hancurkan beberapa helai kelopak mawar dengan 2 sendok makan krim susu mentah.

Simpan dalam lemari es selama 30 menit. Setelah dingin, gunakan campuran tersebut untuk memijat bibir secara lembut. Setelah itu, biarkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Untuk hasil terbaik lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.

8. Shea butter dan madu

Cara menghilangkan bibir hitam selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran shea butter dan madu. Kedua bahan alami ini berfungsi melembabkan dan menghaluskan bibir.

Bibir yang lembut tentu akan terlihat merah merona. Dengan memijatkannya pada bibir maka itu akan membantu proses sirkulasi darah pada bibir sehingga membuatnya tetap lembut.

Shea butter yang kaya akan kandungan vitamin E mampu membuat bibir jadi bersinar dan mempertahankan rona merah pada bibir. Cara membuatnya adalah cairkan shea butter lalu tambahkan 1 sendok makan madu.

Setelah itu, pijatlah bibir Anda dengan campuran tersebut selama 3 sampai 4 menit. Biarkan semalaman lalu bilas keesokan harinya. Untuk hasil lebih optimal, lakukan ini setiap hari saat Anda akan tidur.

9. Daun mint dan madu

Cara memerahkan bibir secara alami berikutnya adalah dengan daun mint dan madu. Kedua bahan alami ini mampu melembabkan bibir dan menjaganya agar tetap sehat. Daun mint mampu mencegah warna kehitaman pada bibir dan menghilangkan noda pada bibir.

Cara membuatnya adalah dengan menumbuk segenggam daun mint. Setelah halus, campurkan dengan 2 sendok makan madu. Setelah itu usapkan pada bibir lalu diamkan selama 15 menit. Terakhir bilas dengan air dingin. Lakukan ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

10. Jeruk dan delima

Kandungan vitamin C pada jeruk berfungsi mencerahkan bibir gelap. Sementara itu kandungan pigmen antosianin pada delima memiliki fungsi untuk menanamkan warna merah alami pada bibir.

Cara menggunakannya adalah campurkan 2 sampai 3 irisan jeruk dengan beberapa biji delima menggunakan sedikit air mawar. Tuang campuran ketiga bahan ke dalam wadah lalu bekukan di dalam lemari es. Setelah beku, ambil es batu lalu gosokkan secara lembut pada bibir selama 2 menit. Lakukan sekali setiap pagi.

11. Lemon, kunyit, dan minyak almond

Jus lemon bisa digunakan untuk mencerahkan bibir gelap secara alami. Sementara itu, kandungan antioksidan kuat pada kunyit dapat membantu mencegah perubahan warna bibir menjadi gelap. Demikian halnya dengan minyak almond yang mengandung banyak vitamin E yang bisa memberikan nutrisi pada kulit kering dan kasar.

Cara menghilangkan bibir hitam dengan bahan-bahan ini adalah dengan cara mencampurkan 2 sendok the kunyit bubuk, 1 sendok makan minyak almond, dan 3 sendok makan jus air perasan lemon ke dalam wadah untuk dijadikan pasta. Setelah jadi, usapkan pasta tersebut pada bibir dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

Demikianlah cara memerahkan bibir secara alami dengan hasil permanen yang bisa Anda coba di rumah.