Cara Diet Sehat untuk Turunkan Berat Badan dan Tangkal Penyakit Berbahaya

0
306

Diet sehat tidak hanya diperlukan bagi meraka yang ingin menurunkan berat badan, namun juga bagi mereka yang ingin menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Lalu samakah cara diet untuk menurunkan berat badan dan diet untuk menjaga kesehatan? Tentu berbeda. Karena kebutuhan keduanya pun berbeda. Yang satu ingin merontokkan lemak di dalam tubuh, yang satunya ingin menghalau berbagai penyakit agar tidak menyerang tubuh.

Cara Diet sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan cara diet menuntut seseorang untuk menahan lapar dan mengurangi karbohidrat dan lemak. Cara ini mungkin berhasil, tapi apakah cara ini sehat?

Simak diet sehat berikut untuk mendapat berat badan ideal dalam waktu yang cukup singkat namun tidak menyiksa tubuh.

Dalam cara diet sehat ini, kami tidak akan menentukan makanan apa saja yang harus anda makan pada pagi, siang, sore, dan malam hari, tetapi kami akan memberi informasi makanan apa yang harus anda kurangi dan sebaiknya anda konsumsi.

1. Tekan konsumsi karbohidrat dan gula

Ini merupakan hukum pertama yang harus anda patuhi dalam program diet sehat. Karbohidrat dan gula berefek menghambat pembakaran lemak dalam tubuh. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, anda bisa membaca artikel kami yang ini dan tips diet unik ini.

2. Sarapan dengan Makanan Kaya Protein

Sedikitkan makanan berkarbohidrat seperti nasi dan sebangsanya. Namun perbanyak makanan yang mengandung protein seperti daging, ayam, ikan, dan telur.

Guna dari sarapan adalah untuk membuat anda lebih kenyang di pagi hingga siang hari. Dengan makan sedikit pada siang hari, anda mungkin akan lapar kembali pada sore hari. Hal ini bagus untuk mencegah anda makan banyak pada malam hari,

3. Boleh mengonsumsi makanan berlemak

Karena anda telah mengurangi konsumsi karbohidrat, maka anda akan mendapat pengganti asupan energi sari protein, sayur, dan juga lemak. Lemak merupakan makanan sumber energi ke dua setelah karbohidrat.

Maka, sesuai saran Authority Nutrition mengonsumsi makan berlemak dapat membuat anda tetap bertenaga selama menjalani program diet sehat ini.

4. Makan lebih sering dengan porsi kecil

Makan itu dibolehkan selama diet, bahkan dianjurkan lebih sering namun dengan porsi yang kecil. Cara diet sehat ini, selain membuat tubuh lebih bertenaga sepanjang hari, juga akan memberi ruang pada lambung dan sistem pencernaan lainnya untuk bekerja lebih optimal dalam memproses makanan yang masuk.

Sebaiknya, makanlah 2-3 dalam sehari. Jika tidak cukup, anda bisa makan 4 kali dalam sehari, dengan tetap mematuhi aturan: sedikit mengonsumsi karbohidrat dan gula.

5. Makan Karbohidrat Lebih, 1x dalam Seminggu

Sebagai reward bagi anda yang telah menjalankan diet sehat rendah karbohidrat selama 6 hari penuh, anda boleh mengonsumsi karbohidrat lebih pada hari ke tujuh. Dengan kata lain, silakan mengonsumsi karbohidrat lebih sekali dalam seminggu.

Misalnya, anda memilih hari Minggu sebagai hari makan karbo anda. Diet sehat ini, selain lebih menyenangkan, juga akan tetap memberikan jatah asupan karbohidrat bagi tubuh sebagai makanan sumber energi pertama.

Namun ingat, anda hanya bisa melakukannya sekali dalam seminggu. Jika anda tidak disiplin dalam menerapkan aturan ini, dengan kembali mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat di hari-hari lainnya, maka cara diet ini tidak akan menunjukkan hasil yang berarti.

6. Perbanyak Konsumsi Serat Larut


Makanan yang kaya serat larut di antaranya pisang, apel, pir, wortel, timun, kacang merah, kacang polong, kedelai, brokoli, jeruk, strawberi, biji wijen, seledri, bawang, dan legume.

Makanan tinggi serat larut penting dikonsumsi selama program diet karena fungsinya yang akan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Itu karena sifat serat larut yang dapat larut di dalam air dan menyerap air dan membentuknya menjadi gel. Gel tersebut mengisi perut dalam waku beberapa lama sehingga anda tidak akan cepat merasa lapar.

7. Minum Teh atau Kopi

Dalam cara diet sehat ini, anda justru dianjurkan minum teh atau kopi, minuman yang berkafein. Kafein akan berfungsi membantu metabolisme tubuh meningkat 3-11%. Semakin aktif metabolisme tubuh makan akan semakin lancar pembakaran kalori.

Kalori harus dibakar setiap hari agar tidak terjadi penumpukan kalori dalam tubuh yang akan membuat berat badan bertambah naik. Tapi ingat, batasi pemakaian gula pada kopi dan teh anda.

Cara Diet Sehat untuk Menghalau Penyakit

Apa yang masuk lewat mulut adalah penyebab utama berbagai penyakit, di samping penyebab lain seperti keturunan, paparan polusi dan radiasi berbahaya, dan lain sebagainya. Menjaga makanan dengan diet sehat mutlak diperlukan untuk menghalau berbagai penyakit menyerang tubuh anda.

Sebelum terlambat, sebelum anda harus membayar berjuta-juta untuk mengobati penyakit, sebelum tubuh anda terkulai lemas di ranjang rumah sakit, dan sebelum anda kehilangan fungsi organ-organ penting anda, cegahlah, dengan menjadikan diet sehat sebagai gaya hidup anda. Begini caranya:

1. Perbanyak konsumsi makanan rendah kalori

Makanan rendah kalori seperti sayuran dan buah-buahan selain baik dikonsumsi karena mengansung nutrisi juga relatif aman dikonsumsi dalam jumlah yang banyak karena rendah kalori. Maka, meski anda mengonsumsi sayuran dan buah-buahan hingga kenyang, tidak akan berefek pada penumpukan kalori.

2. Batasi jumlah makanan tinggi kalori

Makanan tinggi kalori seperti jenis karbohidrat dan gula, serta makanan berlemak tinggi harus anda batasi. Konsumsi secukupnya, dan jangan berlebihan. Terlalu sering memakan makanan tinggi kalori akan berdampak pada risiko kenaikan berat badan hingga obesitas.

Kelebihan berat badan dan obesitas merukapan akar dari timbulnya berabagai macam penyakit berbahaya seperti diabetes, kolesterol tinggi, hingga penyakit jantung.

3. Hindari alkohol dan makanan olahan

Hindari alkohol, karena zat dalam alkohol dapat menyebabkan ganguan jantung, kerusakan pada sistem syaraf dan terhambatnya metabolisme.

Selain itu anda juga harus mengurangi makanan olahan yang mengandung mengandung 3 P, pemanis, pewarna, dan pengawet buatan.

Ketiga kandungan yang seringkali ditemukan dalam makanan olahan tersebut untuk konsumsi jangka panjang dapat meningkatkan resiko penyakit mematikan, di antaranya kanker.

4. Konsumsi makanan harus sesuai dengan kebutuhan fisik

Menurut studi Dietary Guidelines for Americans, yang diterbitkan pada tahun 2010 oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) yang meneliti diet sehat pada orang-orang di atas usia 2 tahun, diet sehat haruslah diseimbangkan dengan aktifitas fisik.

Asupan kalori untuk orang yang sehari-harinya bekerja fisik yang berat tentunya akan berbeda dengan orang yang sehari-harinya bekerja dengan duduk di depan komputer. Namun setiap kita disarankan untuk mengonsumsi makanan dari makanan bernutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan laut.

5. Konsumsi sedikit natrium

Mengonsumsi terlalu banyak natrium yang terdapat utamanya di garam setiap harinya dapat memicu risiko penyakit darah tinggi atau hipertensi, kardiovaskuler, stroke, hingga pembengkakan jantung.

6. Batasi makanan yang dibakar

Makanan yang dibakar atau dipanggang mengandung hidrokarbon yang berbahaya bagi tubuh. Rutin mengonsumsi makanan jenis akan meningkatkan risiko penyakit kanker.

Saat makan dengan menu lauk bakar, hindari bagian yang gosong karena bagian tersebut mengandung hidrokarbon tertinggi.

Nah, itu dia tips diet sehat untuk menurunkan berat badan dan untuk menghindarkan anda dari penyakit. Aplikasikan diet sehat di atas dan selamat datang di kehidupan yang sehat!