5 Cara Berbisnis yang akan Lonjakkan Kesuksesan Bisnis Anda!

0
269

Sebelum bergelut di dunia bisnis, tentunya anda harus memahami bagaimana cara berbisnis yang baik. Meski bisnis sepenuhnya di bawah kendali anda, namun pengetahuan yang mumpuni tentang cara berbisnis mutlak anda perlukan agar bisnis anda ke depannya dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan, dan tidak mengalami kerugian.

Bagaimana cara berbisnis yang baik? Simak ulasan tipsnya berikut ini!

Cara Berbisnis Step 1 : Temukan Ide Bisnis yang Brilian

Hal pertama yang harus anda lakukan saat belajar bisnis adalah menemukan ide bisnis yang brilian. Namun terkadang kita kesulitan mencari ide bisnis yang pas. Untuk memudahkan anda, coba cara berikut ini:

Tanyakan pada diri anda, apa hobi anda?

Apa minat dan bakat anda? Seringkali, bisnis yang sukses adalah bisnis yang dibangun dari hobi dan minat. Karena, menjalankan bisnis yang sesuai dengan hobi dan minat akan membuat anda tidak akan pernah bosan menggeluti bisnis anda itu.

Alhasil? Bisnis yang dijalankan sepenuh hati akan terus berkembang dan bertambah besar.

Misalnya, jika anda hobi make-up, anda bisa membuka salon. Jika anda hobi memelihara ikan, anda bisa memulai bisnis budidaya ikan. Jika anda hobi memasak, anda bisa membuka usaha katering atau warung makan. Atau jika anda hobi menggambar, anda bisa menyediakan jasa gambar karikatur atau sketsa.

Analisa Pasar

Analisa apa yang banyak dibutuhkan orang namun masih sedikit yang menyediakan produk atau jasanya.

Kalau anda berniat untuk memulai bisnis rumahan yang dapat anda kelola di rumah, coba perhatikan barang atau jasa apa yang banyak dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar rumah anda yang masih jarang atau kurang penyedianya?

Nah, anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk membuka bisnis anda di rumah. Sebagai contoh jika di sekitar rumah anda masih jarang yang menjual air galon, anda bisa membuka usaha isi ulang air galon. Atau jika di sekitar rumah anda belum ada warung kopi dengan fasilitas wifi, anda bisa menjadi orang pertama yang membukanya.

Cari Ide Bisnis di Internet

Untuk lebih memperluas pengetahuan anda tentang bermacam ide bisnis menarik, anda bisa mencari informasinya melalui internet. Untuk anda yang ingin memulai usaha rumahan, anda bisa baca artikel kami yang berisi 41 ide usaha rumahan.

Melalui internet anda mungkin akan menemukan ide bisnis yang tidak pernah anda pikirkan sebelumnya.

Cara Berbisnis Step 2 : Persiapkan Modal

Untuk memulai bisnis, tentunya perlu modal. Modal disini bisa berbentuk materi ataupun skill dan pengetahuan. Persiapan modal bisa anda lakukan setelah anda menemukan ide bisnis atau pada saat proses anda mencari ide bisnis.

Misalnya, jika anda berminat untuk membuka toko kelontong, anda tentu harus menghitung harga semua barang yang akan anda jual. Anda juga harus menghitung berapa uang yang harus anda gelontorkan untuk perlengkapan penunjang bisnis anda, seperti timbangan, rak, etalase, hingga aplikasi toko.

Jika modal anda ternyata tidak cukup untuk memulai bisnis yang anda inginkan, ada beberapa solusi yang bisa anda jalankan: meminjam ke bank atau ke keluarga, atau mengubah pilihan bisnis anda ke bisnis yang bisa anda mulai dengan modal yang sudah ada di tangan.

Selain modal materi, modal keterampilan dan pengetahuan juga penting anda penuhi. Misalnya saat anda ingin membuka bisnis penjualan laptop, anda tentu harus tahu seluk beluk laptop, jenisnya, hardware, software, dan lain sebagainya.

Cara Berbisnis Step 3 : Susun Strategi Pemasaran

Ide cemerlang, modal ada, bisnis sudah atau sebentar lagi akan berjalan tidak akan cukup jika anda tidak punya strategi pemasaran yang baik. Bisnis bukan hanya soal jual beli barang dan jasa. Lebih dari itu, bisnis adalah soal marketing, soal bagaimana menarik pelanggan.


Lalu bagaimana strategi yang jitu untuk memasarkan produk atau jasa kita?

Buat Website atau Blog

Sebuah bisnis entah itu toko atau penyedia jasa akan tampak lebih serius dan bergensi jika ia memiliki website khusus. Anda bisa mengisi website tersebut dengan artikel-artikel menarik untuk lebih menarik pengunjung website anda.

Misalnya, jika anda memiliki berbisnis jual beli pakaian, anda bisa mengisi website tersebut dengan artikel tips tentang cara padu padan pakaian, cara berpakaian agar tampak lebih langsing, atau cara memilih pakaian yang cocok dengan warna kulit.

Jika ingin lebih menghemat, anda bisa membuat blog lalu mengganti domain atau nama blognya dengan Top Level Domain (TDL). TDL bisa anda peroleh dengan membelinya pada penyedia jasa penggantian nama domain. Yang jelasnya, orang-orang dapat lebih melihat keseriusan anda dengan bisnis anda. Mereka juga akan tahu bahwa bisnis anda ada.

Manfaatkan media sosial

Hari gini siapa yang tidak punya media sosial (medsos)? Hampir semua orang punya dan aktif menggunakan medsos. Sosial media yang paling laris manis di antaranya facebook, BBM, whatsapp, dan Instagram.


Miliki kalau perlu kesemua media sosial tersebut dan promosikan produk anda disana. Anda juga bisa membagikan artikel dalam website anda ke media-media tersebut, untuk menarik para pengguna medsos berkunjung ke website anda.

Akhirnya, mereka akan lebih mengenal produk anda dan mungkin akan membeli produk anda.

Sebar brosur

Memasarkan bisnis anda secara offline dengan menyebar brosur juga dapat memberi sumbangsih yang cukup besar agar orang lebih mengenal produk anda. Sasaran utamanya adalah orang-orang pada umumnya. Anda bisa menyebar brosur di angkot atau di mall-mall.

Buatlah brosur yang menarik yang disertai gambar terbaik produk anda, kelebihan, dan harganya. Ada baiknya juga jika anda mencantumkan promo di brusur tersebut.

Cara Berbisnis Step 4 : Tetapkan Harga yang Kompetitif

Kalau bisa mendapatkan barang bagus dengan harga murah, buat apa beli yang mahal? Seperti itulah pemikiran banyak orang, termasuk anda mungkin. Di samping kualitas dan pemasaran, harga memainkan peran utama dalam menaikkan penjualan suatu barang atau jasa.

Lebih baik, untung per item anda tidak begitu besar, tapi pengalinya yakni para pembelinya banyak.

Terapkan juga metode promo “diskon”, “turun harga”, “beli 2 gratis 1”, “cuci gudang”, “hari harga hemat”, dan lain sebagainya. Promo-promo seperti ini selalu ampuh untuk menarik minat pembeli.

Cara Berbisnis Step 5 : Kembangkan Bisnis dan Bangun Tim

Joe Zawadzki, CEO dan pendiri MediaMath mengungkapkan betapa pentingnya membangun tim dalam berbisnis. Menurutnya, bisnis yang besar ditunjang oleh orang-orang yang bekerja di belakangnya.

Anda terkadang akan kesulitan mengurus bisnis seorang diri. Karenanya, anda butuh orang lain untuk membantu anda, sehingga bisnis anda dapat berjalan lebih lancar dan berkembang lebih cepat.

Orang-orang tersebut, kata Joe Zawadzki harus anda perlakukan dengan bersahaja namun, sehingga mereka pun akan bekerja dengan senang hati untuk membantu bisnis anda berkembang.

Pilihlah orang-orang yang dapat dipercaya sebagai tim anda. Anda juga tentu harus memperhitungkan besar keuntungan bisnis anda, tingkat kesulitan dan jam kerja mereka, untuk dapat menetapkan gaji yang sesuai kepada mereka.

Dengan menerapkan kelima poin tips cara berbisnis di atas, semoga anda mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis anda!