7 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Indah Tergerai saat Bangun Pagi

0
297

Bagaimana cara agar rambut tidak mengembang? Pertanyaan ini seringkali dilontarkan oleh wanita yang memiliki persoalan rambut yang selalu mengembang.

Anda tentu sering bertanya-tanya bagaimana bisa seorang wanita memiliki rambut indah dan berkilau hingga sering memamerkannya melalui iklan sampo di televisi.

Mungkin Anda termasuk tipe orang yang memiliki rambut yang selalu kusut hingga orang-orang menggelari Anda dengan sebutan ‘rambut singa’. Saat pagi hari ketika Anda baru saja bangun dari tidur, Anda menemukan rambut yang kusut tak karuan.

Namun untuk mendapatkan rambut indah dan tidak mengembang ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Saat ini ada banyak sekali cara agar rambut tidak mengembang yang bisa Anda coba.

Baca juga artikel cara agar rambut cepat panjang.

Berikut cara agar rambut tidak mengembang utamanya saat bangun di pagi hari, yang dilansir dari situs All Women Stalk.

Cara agar Rambut tidak Mengembang

1. Jaga kelembaban rambut

Anda mungkin mendambakan rambut halus dan berkilau sementara rambut Anda termasuk tipe rambut kering dan kasar sehingga akan selalu terlihat kusut.

Namun tidak perlu khawatir karena saat ini banyak produk pelembab rambut yang beredar di pasaran. Pelembab rambut seperti sampo yang berfungsi melembabkan rambut, krim atau kondisioner akan membantu perawatan kutikula rambut sehingga membuat rambut lebih bersinar.

Gunakan rangkaian produk perawatan rambut tersebut secara teratur agar mendapatkan hasil terbaik.

2. Gunakan produk perawatan rambut terbaik

Produk perawatan terbaik yang dimaksud adalah yang paling cocok untuk jenis rambut Anda. Bukan yang paling mahal karena produk yang mahal sekalipun belum tentu cocok dengan jenis rambut Anda.

Pilihlah produk yang tidak lengket pada rambut namun tetap menjaga agar rambut tidak mengembang. Hal ini demi kenyamanan juga agar Anda tidak terganggu dengan krim rambut yang terasa lengket.

3. Hindari mengikat rambut sebelum tidur

Apakah Anda sering mengikat rambut sebelum tidur? Sebaiknya kurangi kebiasaan ini karena rambut yang terikat saat malam hari akan menambah kekusutan rambut. Namun jika sehari-hari Anda memang senang mengikat rambut, maka ikatlah rambut dengan ikatan yanag agak longgar.

4. Beri nutrisi pada rambut

Beberapa produk perawatan rambut sering menawarkan untuk membuat rambut lebih bervolume padahal banyak wanita yang justru ingin agar rambutnya tidak mengembang.

Jika Anda ingin membuat rambut tidak mengembang, maka Anda bisa mencoba produk perawatan rambut yang bisa mengurangi volume rambut.

Salah satu caranya adalah dengan bahan alami, seperti penggunaan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat membantu melembabkan rambut agar tidak kusut.

5. Pilih potongan rambut yang tepat

Rambut yang tebal memang sebuah berkah namun jika rambut tebal itu berubah jadi kusut dan mengembang, maka itu bisa menjadi mimpi buruk. Beberapa orang menyarankan agar melakukan smoothing di salon. Namun kunjugi penata rambut yang bisa memberikan perawatan agar rambut tidak mengembang.

6. Keringkan rambut dengan cara yang benar

Cara agar rambut tidak mengembang berikutnya adalah keringkan dengan cara yang benar. Hindari penggunaan hair dryer yang berlebihan karena itu hanya akan memebuat rambut kehilangan kelembaban. Bungkuslah rambut yang baru dicuci dan jangan menggosok rambut dengan handuk agar tidak merusak kutikula.

Setelah kering gunakan sisir yang memiliki gigi yang jarang. Jangan gunakan sisir bergigi rapat karena itu hanya akan membuat rambut Anda semakin membuat rambut rontok. Sisirlah rambut ke arah bawah karena itu akan mengurangi kekusutan rambut.

7. Rajin merawat rambut

Rajinlah merawat rambut untuk membuatnya indahd dan berkilau. Anda juga bisa mencoba perawatan keratin di salon untuk membantu mengurangi rambut mengembang. Tapi tidak semua produk perawatan keratin cocok bagi Anda.

Beberapa produk bahkan mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak boleh dihirup. Namun saat ini para ahli masih terus membuat inovasi untuk menyempurnakannya agar bisa memberikan hasil terbaik tanpa harus mengganggu kesehatan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara agar rambut tidak mengembang yang bisa Anda coba.