Cara Agar Rambut Cepat Panjang dan Tebal

0
197

Ada banyak cara agar rambut cepat panjang dan tebal. Rambut merupakan salah satu aset berharga bagi wanita sehingga berhak mendapatkan penampilan terbaik.

Jika kulit mendapatkan perawatan terbaik, demikian halnya dengan rambut. Tentu akan terlihat aneh jika kulit Anda sudah bersih namun rambut Anda justru acak-acakan.

Apakah rambut Anda sudah sehat? Apakah Anda sudah memiliki rambut panjang seperti yang Anda dambakan selama ini? Pada kenyataannya wanita lebih sering memperhatikan kecantikan kulit mereka daripada keindahan rambutnya.

Perawatan rambut dengan sampo saja belum cukup untuk membuat rambut menjadi panjang dan tebal dengan cepat. Diperlukan beberapa perawatan agar pada rambut untuk merangsang pertumbuhan akarnya.

Sebelum itu Anda juga perlu tahu apa saja penyebab kerontokan rambut yang dilansir dari situs Health agar bisa dicegah dari awal.

Penyebab Rambut Rontok

1. Faktor stres

2. Kehamilan

3. Kelebihan vitamin A

4. Kekurangan protein

5. Kebotakan alami

6. Faktor keturunan

7. Faktor hormon pada wanita

8. Anemia

9. Kekurangan vitamin B

10. Rambut rontok karena autoimun

11. Penyakit lupus

12. Penurunan berat badan secara dratis

13. Kemoterapi

14. Kelebihan anti depresan

15. Penataan rambut yang berlebihan

16. Faktor usia

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab rambut rontok yang membuat rambut Anda menjadi tipis, kami akan memberikan informasi tentang cara agar rambut cepat panjang.

Cara agar rambut cepat panjang yang cukup populer saat ini adalah dengan menjauhi gaya hidup tidak sehat, terutama yang berhubungan dengan kesehatan rambut. Bagi Anda yang sedang ingin memanjangkan rambut dengan cepat, kami akan berikan cara agar rambut cepat panjang dan tebal yang dilansir dari situs Top 10 Home Remedies.

Cara agar rambut cepat panjang dan tebal

1. Makan makanan sehat

Makanan yang kaya akan vitamin dan mineral tinggi merupakan syarat penting untuk menumbuhkan rambut secara cepat. Makanan seperti susu, keju, yogurt dalam diet Anda juga turut membantu pertumbuhan rambut pada kulit kepala. Juga jangan lupa untuk konsumsi buah-buahan dan sayuran segar.

Ikan, minyak zaitun, dan berbagai makanan lainnya yang mengandung lemak omega 3 juga baik bagi pertumbuhan rambut. Hal itu dikarenakan sekitar 3% batang rambut terdiri dari asam lemak omega 3. Kekurangan gizi dapat mempengarui pertumbuhan rambut. Misalnya kekurangan vitamin E dan Zinc mengakibatkan penipisan rambut.

2. Gunakan minyak jarak

Menggunakan minyak jarak juga merupakan salah satu cara agar rambut cepat panjang. Hal itu dikarenakan minyak jarak mengandung vitamin E dan asam lemak esensial yang penting untuk pertumbuhan rambut. Tekstur dari minyak ini cukup kental.

Cara penggunaannya yakni, campurkan minyak jarak dengan kelapa, zaitun atau minyak almond. Pijat kulit kepala dengan minyak yang sudah dicampurkan. Kemudian diamkan selama 30 sampai 40 menit. Setelah itu bilas rambut Anda dengan mengunakan sampo.

3. Pijat kulit kepala

Saat memijat kulit kepala maka darah akan mengalir ke kepala. Aktivitas ini dapat merangsang folikel rambut. Maka dari itu, Anda perlu memijat kulit kepala Anda dengan masker rambut agar rambut cepat panjang dan tebal.

Cara penggunaannya yakni, oleskan minyak yang lebih hangat atau dingin pada rambut Anda. Gosokkan jari-jari Anda pada rambut secara lembut dengan gerakan melingkar selama 3 sampai 5 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air.

4. Mengurai rambut secara terbalik

Ini adalah salah satu dari beberapa cara agar rambut panjang dan tebal yang paling populer. Urai rambut Anda 4 menit setiap hari. Hal ini diyakini bisa meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala yang bisa membantu pertumbuhaan rambut.

5. Bebaskan diri anda dari stres

Salah satu faktor pemicu kerontokan rambut adalah stres. Hal ini dikarenakan stres dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut normal sehingga mengakibatkan rambut berguguran sedikit demi sedikit. Jadi jika Anda ingin menumbuhan rambut lebih cepat, maka jangan biarkan stres membebani hidup Anda. Meditasi, relaksasi, dan metode pernapasan lainnya dapat Anda gunakan untuk mengelola stres. Pastikan pula Anda memiliki tidur berkualitas agar stres bisa dilepaskan saat tidur.

6. Siapkan masker telur

Telur mengandung banyak protein, zat besi, belerang, fosfor, zinc, dan selenium sehingga sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rambut lebih cepat. Gunakan masker telur untuk rambut sebulan sekali agar rambut Anda bisa cepat panjang dan lebat

Cara penggunaannya yakni, pecahkan telur, lalu campurkan 4 sendok makan minyak biji anggur dan beberapa tetes minyak lavender. Oleskan pada rambut dan kulit kepala dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas rambut dan keramaslah seperti biasa.

7. Gunakan bahan herbal untuk rambut

Cara agar rambut cepat panjang dan lebat berikutnya adalah dengan penggunaan bahan herbal. Bahan-bahan herbal sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Salah satu contoh bahan herbal yang baik untuk rambut adalah rosemary. Bahan ini sangat baik untuk pertumbuhan rambut karena bisa merangsang folikel rambut dan juga membuat rambut semakin berkilau.

Cara agar rambut cepat panjang dengan ramuan herbal adalah seduh ramuan herbal dalam air panas selama 10 sampai 20 menit. Gunakan saat bilasan terakhir pada rambut. Selain menumbuhkan rambut, bahan herbal juga bisa melembutkan rambut dan membuatnya mudah diatur. Anda juga dapat mencampurkan ramuan herbal dengan sampo atau bisa juga mengkonsumsinya sebagai minuman kesehatan.

8. Konsumsi vitamin dan suplemen herbal

Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, Anda dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam folat, biotin, rumput laut, dan lain sebagainya. Asam folat dan biotin merupakan vitamin B kompleks yang dapat membantu pertumbuhan ramput agar cepat panjang. Namun sebelum mengkonsumsi suplemen apapun, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

9. Suburkan rambut dengan lidah buaya

Lidah buaya berfungsi untuk mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Tumbuhan ini juga dapat mengurangi ketombe dan membantu mengembalikan kilau alami rambut. Caranya adalah, campurkan gel lidah buaya segar dengan perasan air jeruk lalu oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama 20 menit lalu bilas. Lakukan hal ini setiap sekali seminggu. Bisa juga menggabungkan gel lidah buaya dengan santan dan minyak gandum. Atau minum langsung jus lidah buaya secara teratur.

10. Kenali masalah kesehatan

Upaya menumbuhkan rambut tidak akan berhasil jika Anda memiliki maslah kesehatan seperti gangguan tiroid, ketidakseimbangan hormon, dan berbagai penyakit kronis yang parah. Masalah lain yang juga turut mempercepat penipisan rambut adalah obat-obatan tertentu misalnya, pil KB, anti depresan, dan lain-lain.

Anda bisa mencoba beberapa cara agar rambut cepat panjang yang kami sajikan. Lakukan cara tersebut agar Anda bisa memperoleh rambut panjang dan tebal yang Anda inginkan. Semoga artikel tentang cara agar rambut cepat panjang bisa memberikan manfaat bagi Anda.