Bisnis Waralaba / Franchise Murah Berjamuran, Begini Tipsnya agar Tidak Salah Pilih

0
316

Bisnis waralaba atau franchise kini semakin diminati oleh masyarakat dan pelaku usaha. Tidak hanya menawarkan omset yang menjanjikan namun juga cenderung lebih mudah dijalankan lantaran merek dagang yang biasanya membuka kesempatan berbisnis waralaba sudah terkenal dan mendulang kesuksesan sebelumnya.

Di samping itu, keuntungan dari bisnis waralaba adalah sistem penjualan dan produknya yang siap jual. Kita tinggal memesan produknya pada pemilik franchise dan menjalankan bisnisnya sesuai sistem yang sudah ditetapkan. Singkatnya, berbisnis waralaba itu praktis.

Saat ini, banyak pelaku bisnis yang membuat usaha dengan sistem waralaba murah, mulai dari produk makanan, minuman, pakaian, hingga pendidikan. Dengan hanya membayar jutaaan rupiah, paket waralaba berupa hak usaha, alat, dan bahan sudah bisa dimiliki.

Pekembangan Usaha Franchise di Indonesia

Di dunia internasiaonal, usaha waralaba telah berkembang sangat pesat. Menurut keterangan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan yang dilansir dari situs Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada September 2016, data dari Internasional Franchise Association 2015 menunjukkan, sudah ada 780 ribu waralaba di dunia. Pertumbuhan bisnis waralaba tersebut telah membuka sekitar 8,9 juta lapangan kerja.

Hal serupa tampak di Indonesia. Bisnis waralaba semakin dilirik pelaku usaha, terbukti dengan berdirinya 698 waralaba dengan jumlah gerai 24.400 di Indonesia. Waralaba tersebut terdiri dari 63% waralaba lokal dan 37% waralaba asing. Omzet yang dihasilkannya pun cukup fantastis, mencapai Rp 172 triliun.

Di Indonesia, sudah bermacam jenis waralaba yang telah berdiri. Anda sisa memilih waralaba mana yang anda minati yang kira-kira mampu anda kembangkan dengan sukses. Waralaba yang sudah ada di Indonesia di antaranya:

  1. Makanan

  2. Minuman

  3. Pakaian

  4. Kecantikan

  5. Pendidikan

  6. Laundry / binatu

  7. Travel

  8. Produk olahraga

  9. Balon udara

  10. Studio foto

  11. Printer

  12. Pengiriman barang / kurir

  13. Neon Panel

  14. Toko Buku

Tips Memilih Bisnis Waralaba

Usaha waralaba memang menarik. Terlebih saat ini para pemilik bisnis telah menetapkan harga yang sangat terjangkau untuk bisa menggunakan merek dagang dan sistemnya. Namun, jangan buru-buru tergiur dengan waralaba murah, anda harus cerdas memilih waralaba agar bisnis anda dapat bertumbuh kemudian.

Bagaimana cara tepat memilih bisnis waralaba? Berikut tipsnya yang kami rangkum dari The Wall Street Journal.

  1. Mulailah dengan menanyakan pada diri anda bidang bisnis apa yang anda inginkan.

  1. Pertimbangkan berapa jam kerja yang anda inginkan per harinya saat menjalankan bisnis ini.

  1. Jenis pekerjaan apa yang anda nikmati? Apa anda lebih suka pekerjaan yang langsung berinteraksi dengan pelanggan atau pekerjaan yang duduk di belakang layar? Jika anda mengetahui tipe pekerjaan yang anda senangi, anda akan lebih mudah memilih waralaba yang bagaimana yang akan anda pilih.

  1. Hal utama yang harus anda pikirkan adalah, berapa target pendapatan yang anda inginkan dan berapa estimasi pendapatan anda dengan waralaba tersebut?

  1. Pastikan juga berapa dana yang harus anda keluarkan dan berapa jumlah uang yang harus anda pinjam demi menjalankan waralaba tersebut? Jika anda mengandalkan dana pribadi, sudah cukupkah, atau waralaba masih terlalu mahal untuk keuangan anda? Jika anda meminjam di bank, yakinkah anda bisa membayar pinjaman per bulan sesuai aturan bank?

  1. Amannya, jangan memilih waralaba yang sudah terlalu ramai dibuka maupun yang masih terlalu sedikit peminatnya.

  1. Pilihlah waralaba yang sudah “punya nama” yakni yang sudah cukup dikenal khalayak dan memilliki reputasi dan rekam jejak yang baik. Hal ini juga akan berpengaruh saat anda akan meminjam modal ke bank atau institusi peminjam modal, karena salah satu pertimbangan mereka adalah seberapa mungkin bisnis waralaba anda berkembang.