Bisnis

Bank Indonesia Sebut Aktivitas Ekspor Jadi Kontributor Terbesar Pertumbuhan Ekonomi 2021

Bank Indonesia (BI) memprediksi ekonomi Indonesia para kuartal ke IV 2021 akan tumbuh seiring meningkat aktivitas ekspor. Prediksi itu disampaikan oleh Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, IGP Wira Kusuma, dalam diskusi mengenai perekonomian terkini dan respons kebijakan yang digelar di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (20/11/2021). Wira memaparkan, pada kuartal ketiga tahun ini perekonomian domestik tumbuh sebesar 3,51 persen.

Pertumbuhan itu di antaranya disumbang dari lonjakan ekspor. Aktivitas ekspor itu bahkan tumbuh lebih tinggi dibandingkan kenaikan sebelum masa pandemi. Pada kuartal ketiga tahun ini, ekspor tumbuh 29,16 persen year on year (yoy).

Angka itu melanjutkan pertumbuhan dua digit pada kuartal kedua lalu. Kenaikan ekspor didorong oleh permintaan yang meningkat dari berbagai mitra dagang utama Indonesia. Selain itu, harga komoditas yang meningkat juga menjadi angin segar bagi prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Kinerja apik itu kemudian tercermin dari surplus neraca dagang yang terjadi selama Januari Oktober 2021 sebesar US$30,81 miliar. Tren positif ini diyakini bakal terus berlanjut, seiring meningkatnya harga berbagai komoditas yang turut diperdagangkan Indonesia. Wira menyebut aktivitas ekspor inilah yang akan menjadi kontributor terbesar pertumbuhan ekonomi pada 2021.

"Ekspor inilah yang akan membantu ke depan. Bagaimana dengan domestiknya, kita ekspektasikan akan juga mengikuti perkembangan ekspor, sehingga klop lah nanti," ujar Wira. Wira menyebut, capaian eskpor nasional tersebut turut mendongkrak Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga konstan nasional. Bahkan dorongan kinerja ekspor Indonesia berhasil mendorong nominal PDB atas dasar harga konstan di atas level prapandemi covid 19.

Bank Indonesia (BI) mencatat PDB atas dasar harga konstan (ADHK) Indonesia pada kuartal ketiga 2021 sudah lebih tinggi dari pra Covid 19. PDB ADHK pada kuartal ketiga 2021 tercatat Rp 2.815,9 triliun atau lebih tinggi dari kuartal keempat 2019 yang sebesar Rp 2.769,9 triliun. “PDB pada kuartal ketiga 2021 ini sudah lebih tinggi dan perbaikan ekonomi sudah melewati pra pandemi secara level ADHK,” tutur Wira.

Wira pun optimistis pertumbuhan ekonomi pada kuartal keempat 2021 akan semakin baik dengan ditandai sejumlah indikator dini yang sudah terus menunjukkan perbaikan. Misalnya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK), penjualan ritel, Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur, serta peningkatan ekspor dan impor. Bank Indonesia mencatat IKK pada awal kuartal keempat 2021 atau Oktober 2021 sebesar 113,4, naik dari 95,5.

Selain meningkat dari bulan sebelumnya, ini juga sudah masuk ke zona optimistis atau indeks di atas 100. Sementara penjualan ritel pada Oktober 2021 diperkirakan meningkat dengan indeks Penjualan Riil (IPR) sebesar 193,0 atau naik dari 189,5 pada bulan September 2021. Demikian pula dengan PMI Manufaktur Indonesia.

IHS Markit mencatat indeks PMI Manufaktur Indonesia pada Oktober 2021 sebesar 57,2 atau naik dari 52,2 pada bulan sebelumnya. Tak hanya kembali ke zona ekspansif dan meningkat, ini bahkan mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah. Wira tak ragu menyebut ekonomi Indonesia saat ini sudah jauh lebih baik, baik dibandingkan dengan sejumlah negara tetangga, maupun bila bila dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi Covid 19.

"Boleh dibilang perbaikan ekonomi sudah melewati pra pandemi secara level, itu didorong net ekspor yang lebih tinggi," katanya.

Related Posts

Alasan Mengapa Harus Memiliki Software Kasir

Memanfaatkan Software kasir adalah salah satu pilihan kemudahan yang hadir seiring berkembangnya teknologi bisnis. Fungsi dari software kasir adalah melakukan pencatatan transaksi yang dulunya dilakukan secara manual. Adanya…

Seberapa Penting Anggaran Biaya Operasional Bagi Perusahaan?

Anggaran biaya operasional adalah sebuah keharusan bagi perusahaan, karena menjadi kunci dari kelancaran berbagai aktivitas yang dilakukan.  Aktivitas yang masuk dalam anggaran biaya operasional, meliputi produksi, distribusi, dan…

Butuh Aplikasi Edit Struk Dan Aplikasi Stok Barang, Coba Orsela

Anda tengah menjajal pasar dunia maya untuk usaha yang Anda jalankan? Apakah Anda mulai membutuhkan aplikasi edit struk dan aplikasi stok barang? Temukan jawaban Anda di sini. Inikah…

Pengertian dan Keuntungan Investasi Jangka Pendek

Dalam beberapa tahun terakhir ini, investasi adalah salah satu kegiatan yang memang banyak dilakukan dan diminati oleh banyak orang. Jenis investasi itu sendiri dibedakan jadi dua, yaitu investasi…

Punya Usaha Tempat Kuliner? Ini Dia Cara Daftar Gofood

Untuk Anda yang memiliki usaha kuliner dan ingin membuatnya lebih dikenal konsumen, tak ada salahnya jika Anda mencoba menjualnya melalui fitur GoFood  yang disediakan oleh perusahaan Gojek. Tak…

Apa Itu Disbursement, dan 3 Manfaat yang Perlu Anda Ketahui

Disbursement memiliki arti pembayaran atau pengeluaran. Tapi istilah disbursement lebih sering dipakai di dalam dunia bisnis, khususnya di sini di dalam bidang akuntansi. Dalam prakteknya disbursement juga memiliki…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *