Bahaya Rokok Bagi Kesehatan, Jangan Sampai Anda Korbannya!

0
305

Ada segudang bahaya rokok bagi kesehatan. Setiap orang tentu sudah tahu itu. Di setiap tayangan iklan rokok di televisi dan di kemasan rokok selalu disertakan pesan kesehatan akan bahaya merokok bagi kesehatan.

Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin.” begitu bunyi peringatan bahaya merokok yang tertera pada pembungkus rokok.

Bahkan belakangan peringatan bahaya rokok bagi kesehatan makin kuat dengan disertakannya gambar asli kanker mulut, kanker tenggorokan, dan kanker paru-paru pada kemasan depan rokok.

Lebih dari 480 ribu kematian di Amerika Serikat disebabkan oleh rokok

Menurut data yang disampaikan Centers of Disease Control and Prevention atau Pusat Kontrol Penyakit dan Pencegahan, merokok menyebabkan kematian lebih banyak dari penyebab umum kematian lainnya.

Seperti HIV AIDS, penyalahgunaan narkoba, kecelakaan, hingga insiden penembakan. Jumlah kematian akibat rokok di Amerika Serikat mencapai lebih dari 480.000 korban setiap tahunnya.

Merokok merupakan penyebab utama kematian penderita kanker paru-paru pada pria maupun wanita, dimana 9 dari 10 kasus kematian kanker paru-paru diakibatkan oleh rokok. Dari data yang diperoleh, sejak 50 tahun terakhir risiko kematian semakin meningkat akibat rokok.

Merokok menyebabkan penyakit jantung dan stroke

Kebiasaan merokok secara signifikan menyebabkan penyakit pembuluh darah atau yang dikenal dengan istilah penyakit kardiovaskular. Penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh rokok diantaranya jantung koroner dan stroke.

Merokok berakibat pada penyakit kardiovaskular dengan cara menyumbat atau mempersempit pembuluh darah dengan membuat membentuk gumpalan pada dinding pembkuh darah sehingga membuatnya semakin menebal.

Penyempitan pembuluh darah yang diakibatkan rokok ini akan membuat jantung berdetak semakin kencang, akibatnya jantung bekerja secara tidak normal, dan tekanan darah jadi naik.

Masih dengan cara yang sama, penyakit stroke yang disebabkan oleh rokok dikarenakan pembuluh darah ke otak tersumbat. Penyumbatan pembuluh darah oleh rokok ini juga secara otomatis membuat aliran darah kesuruh tubuh menjadi terhambat.

Padahal seluruh tubuh mutlak memerlukan zat-zat baik seperti oksigen yang dibawa oleh darah.

Merokok Mengakibatkan Penyakit Paru-Paru

Merokok menyebabkan berbagai penyakit paru-paru, mulai dari emfisema, bronhitis kronis, hingga kanker paru- paru. Zat dari rokok merusak saluran udara dan kantung udara kecil yang disebut alveoli.

Kerusakan pada kedua bagian penting tersebutlah yang mengakibatkan kerusakan yang serius pada paru-paru.

Mayoritas dari kanker paru-paru diakibatkan oleh rokok. Perokok memiliki risiko sebesar 12 hingga 13 kali akan terkena kanker paru-paru dibanding mereka yang tidak merokok. Bagi anda penderita asma, jauhilah asap rokok karena akan mengakibatkan asma anda kambuh.

Merokok Akibatkan Bermacam Kanker

Karena sifatnya yang menyumbat dan mengganggu sistem pembuluh darah, rokok dapat menyebabkan munculnya kanker pada sejumlah organ penting.

Seperti pada kandung kemih, tenggorokan, ginjal, pangkal tenggorokan, hati, pankreas, perut, orofaring atau bagian mulut seperti lidah, langit-langit, dan amandel, dan usus besar.

Bahkan, merokok juga dapat mengakibatkan penyakit kanker darah atau Leukimia. Risiko kematian akibat penyakit kanker yang sudah diderita maupun menyakit lain juga akan meningkat jika si penderita merokok.

Bahaya rokok bagi kesehatan lainnya

Bagi seorang wanita hamil, merokok akan sangat mengganggu perkembangan bayinya. Si bayi bisa saja mengalami sejumlah koindisi buruk seperti lahir prematur, berat badan tidak normal, cacat, hingga mengalami sindrom kematian bayi mendadak atau Sudden infant death syndrome (SIDS)

Pada pria, merokok juga dapat mempengaruhi kualitas sperma hingga bayi yang terbentuk berisiko akan cacat, serta mengkibatkan impotensi dan ketidaksuburan pada laki-laki.

Selain itu, bahaya merokok bagi kesehatan juga menurunkan kekuatan tulang, mengganggu kesehatan gigi dan gusi. Juga menyebabkan katarak dan degenerasi makula pada mata, diabetes, dan rheumatoid arthritis atau radang sendi kronis.

Sayangnya, meski para perokok sudah hapal mati dengan bahaya rokok, namun mereka masih saja enggan meninggalkan rokok. Jika anda memang masih menyayangi kesehatan anda, sebelum segala penyakit hinggap dan melemahkan tubuh anda, maka jauhilah rokok.

Jangan remehkan bahaya rokok bagi kesehatan karena sudah banyak korban yang menderita penyakit berbahaya akibat rokok, dan jangan sampai itu anda!