Bagaimana agar Cepat Hamil Berdasarkan Siklus Menstruasi?

0
227

Bagaimana agar cepat hamil berdasarkan siklus menstruasi? Pertanyaan ini mungkin kerap kali muncul di benak setiap pasangan, khususnya pasangan baru yang yang ingin segera memiliki momongan.

Tentunya kelahiran si buah hati akan menambah lengkap keharmonisan dalam sebuah keluarga. Akan tetapi pada kenyataannya ada beberapa pasangan yang mengalami kesulitan dalam memiliki momongan.

Beberapa faktor sering dinilai sebagai pemicu susahnya seorang wanita memiliki anak. Gangguan pada rahim, kualitas sel telur yang kurang baik, hingga kualitas sel sperma pada pria disinyalir sebagai pemicu sulitnya seorang wanita hamil.

Namun ada kalanya kehamilan terhambat dikarenakan minimnya pengetahuan wanita terhadap kehamilan. Nah agar Anda dan pasangan cepat memiliki keturunan, maka berikut tips bagaimana agar cepat hamil berdasarkan siklus menstruasi sebagaimana dilansir dari situs American Pregnancy.

1. Berhubungan seks saat mengalami mestruasi

Berhubungan seks selama menstruasi berlangsung memang terdengar aneh. Apalagi kemungkinan untuk hamil juga minim. Namun ada pengecualian bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi yang lebih pendek dari periode 28 hingga 30 hari.

Jika siklus Anda lebih pendek, misalnya 21 hingga 24 hari, hal ini berarti masa subur Anda berada diawal siklus. Sperma bisa bertahan dalam rahim Anda selama 2 sampai 5 hari. Anda bisa berhubungan seks menjelang akhir menstruasi. Meski rendah tetapi kemungkinan untuk hamil dengan cara ini tetap ada.

2. Cara mudah hamil dengan berhubungan seks setelah mengalami menstruasi

Jika Anda memiliki siklus haid antara 28 hingga 30 hari, maka masa subur Anda berkisar antara hari ke 11 hingga hari ke 21. Pada waktu tersebut sperma dapat tinggal selama 2 hingga 5 hari. Jika siklus haid Anda berlangsung selama 5 hingga 7 hari, maka Anda bisa melakukan hubungan seks setelahnya.

Jika menstruasi berhenti pada hari ke 6, lalu berhubungan seks pada hari ke 7, dan ovulasi pada hari ke 1, maka peluang untuk hamil menjadi lebih besar. Hal itu dikarenakan sperma pada hari ke 6 bergerak menuju tuba fallopi. Jika Anda merencanakan program kehamilan, maka inilah saat yang tepat untuk berhubungan seks.

3. Berhubungan seks sebelum mengalami menstruasi

Kemungkinan untuk hamil saat berhubungan seks pada periode ini sangat rendah. Hal ini berarti Anda hanya bisa melakukan hubungan seks tanpa harapan untuk hamil. Hubungan seks yang jauh dari masa subur maka semakin kecil pula kesempatan Anda untuk hamil. Seks pada periode ini tidaklah tepat bagi Anda yang sedang program kehamilan.

Siklus menstruasi memang perlu diketahui demi tercapainya keinginan memiliki anak. Namun sekedar mengetahui siklus menstruasi belumlah cukup. Masih ada beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui sebelum merencanakan program memiliki anak. Berikut cara mudah hamil yang dilansir dari situs Healthy Women.

1. Perhatikan Berat Badan

Asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari diyakini berpengaruh terhadap kesuburan wanita. Badan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk juga turut berpengaruh terhadap kelancaran sistem reproduksi Anda.

2. Konsumsi makanan yang sehat

Peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa wanita yang memakan makanan yang mengandung jumlah lemak trans, protein hewani dan karbohidrat tinggi, lebih cenderung memiliki gangguan ovulasi. Masalah inilah yang mengakibatkan kemandulan pada sekitar 20 persen wanita. Mereka menyimpulkan bahwa mayoritas kasus tersebut mungkin bisa dicegah dengan mengatur pola makan dan gaya hidup.

Ganti sumber protein Anda. Sebisa mungkin konsumsilah kacang-kacangan, serta susu dengan lemak tinggi. Susu rendah lemak hanya akan menghambat kesuburan ovulasi Anda. Jangan lupa konsumsi multivitamin, zat besi dan asam folat.

3. Persiapkan kehamilan dengan konsumsi suplemen

Kolin adalah protein yang berfungsi untuk mengurangi resiko cacat lahir pada bayi. Serta kurangi kafein karena penggunaan kafein yang tinggi dapat menghambat proses pembuahan.

Butuh doa dan kerjasama dari pasangan agar keinginan Anda untuk bisa menggendong anak dapat terwujud. Itulah beberapa tips bagaimana agar cepat hamil yang bisa Anda coba.