App Toko : Fitur, Harga, dan Kenapa Toko Anda Harus Memilikinya

0
417

Sebagian pemilik toko mungkin masih belum menyadari betapa pentingnya Aplikasi toko (app toko) atau bahkan belum mengetahui ada aplikasi yang sudah tersedia di zaman modern seperti sekarang yang mampu memudahkan kerja pembukuan keuangan toko.

Sekarang ini masih banyak toko yang menghitung dan membuat laporan keuangannya secara manual. Tidak jarang mereka menghabiskan waktu yang banyak untuk memeriksa apakah data yang dituliskan dalam laporan keuangan sudah benar-benar valid atau tidak.

Sebagian lainnya mengandalkan komputer dan aplikasi seperti excel untuk menginput data. Meski lebih modern dan berbasis teknologi, namun fitur yang disediakan masih kurang. Tetap saja semuanya harus diketik secara manual.

Nah, disini kita akan mengupas tuntas app toko. Mulai dari manfaat, fitur hingga harganya di pasaran, sehingga anda yang mungkin adalah pemilik toko akan lebih mengenal keunggulan aplikasi tersebut.

Masalah yang Biasa Muncul akibat Laporan Keuangan yang Kurang Baik

Ada sederet masalah yang biasa dialami oleh toko atau usaha penyedia jasa tertentu. Masalah yang timbul akibat kurangnya manajemen laporan keuangan yang jelas dan up to date.

Bagi anda pemilik usaha yang masih mengandalkan cara manual dalam laporan keuangan anda, masalah berikut ini mungkin kerap muncul:

  1. Repot

Cara manual tentu akan lebih menghabis kan banyak waktu dan tenaga dalam menyelesaikannya. Hal itu tentu membuat karyawan atau pemilik toko kerepotan, karena di satu sisi ada barang yang harus segera diurus, tapi di saat yang sama laporan keuangan juga harus diselesaikan.

Karena sistem manual yang sangat bergantung pada ketelitian input data, maka akan membuat aktivitas pembuatan laporan tersebut menjadi cukup melelahkan.

2. Uang kas sisa sedikit, tapi stok barang habis

Pernah mengalami ini? Stok barang di gudang anda sisa sedikit tapi kas yang dimiliki juga sedikit tidak sebanding dengan jumlah barang yang habis. Mau memprediksi penyebab habisnya barang juga susah karena anda tidak punya data validnya.

Masalah serupa inilah yang terkadang muncul jika penjualan masih dibuat secara manual, atau bahkan tidak dibuat sama sekali. Biasanya masalah ini muncul saat kita mengandalkan mind-set “yang penting ada kas modal untuk diputar.”

Ketidakjelasan data terkait kesesuaian sisa kas dan sisa barang ini akan berdampak buruk bagi toko. Selain tidak bisa mengetahui secara pasti tentang keuangan usaha, anda juga akan sulit untuk mengembangkan usaha anda diakibatkan tidak adanya visi misi penjualan yang jelas.

3. Sulit mengetahui laba dan rugi

Tanpa penghitungan dan laporan yang terperinci tentunya juga akan berdampak pada sulitnya pemilik usaha untuk mengetahui laba dan ruginya setiap bulan.

Hal ini juga berdampak pada menurunnya kinerja toko atau usaha. Karena dengan tidak jelasnya apakah toko mengalami untung atau rugi, pemilik usaha tentu tidak akan mematok target yang jelas untuk membesarkan usahanya.

4. Catatan transaksi tidak valid

Terkadang laporan keuangan sudah ada, namun catatan transaksi yang ada di dalamnya tidak valid, atau tidak jelas. Hal ini biasa diakibatkan kelalaian dalam menuliskan transaksi, entah itu karena salah memasukkan nama barang, harga barang, jumlah barang yang keluar, atau bahkan karena lupa menginputnya.

5. Kas banyak tapi tidak jelas asalnya

Ada lagi masalah unik lain yang kadang dialami sebuah toko atau sejenisnya. Yakni uang di kas melimpah tapi tidak jelas darimana asalnya, item mana yang sudah memberi sumbangsih besar pada keuntungan perusahaan.

Meskipun, masalah yang satu ini tidak sampai membuat pusing, tapi mengetahui sumber kas tidak boleh dipandang enteng. Lagi- lagi hal kejelasan pendapatan toko ini akan sangat berefek pada perkembangan usaha ke depannya.

6. Tidak tahu barang mana saja yang paling laku dan kurang laku

Masalah lain yang biasa timbul akibat kurang terstukturnya data penjualan adalah, kita jadi tidak tahu pasti barang mana yang paling laku dan barang mana yang kurang laku.

Akibatnya, restok barang pun dilakukan sekiranya saja, karena kita tidak tahu berapa detail jumlah barang yang keluar per bulannya.

7. Telat tahu barang mana yang sudah harus di-restok

Tidak up to date nya data penjualan tentu akan berakibat informasi tentang stok barang juga tidak dapat diketahui dengan cepat. Ujung-unjungnya, kita jadi tidak tahu barang mana yang jumlahnya sisa sedikit dan harus segera direstok.

Hal ini tentu akan dapat berdampak pada penurunan pendapatan toko. Karena barang yang mestinya terus ada karena tingginya permintaan barang tersebut terlambat disediakan.

8. Banyak barang kadaluarsa

Menyambung masalah data stok barang, seringkali akibat kurang jelasnya data tentang barang mengakibatkan ada barang-barang yang mesti segera dihabiskan, namun belum habis pada waktunya.

Akibatnya barang-barang tersebut pun kadaluarsa. Kondisi ini tentu akan sangat merugikan toko.

9. Penghitungan lambat dan rawan salah hitung

Jika masih menggunakan cara manual, penghitungan barang yang masuk dan keluar tentu lebih rawan salah hitung. Selain itu prosesnya pun akan berjalan lebih lambat.

Berbeda jika menggunakan app toko, selain validitas data lebih kecil kemungkinan terjadi kesalahan, waktu yang digunakan pun lebih cepat dan efisien.

Siapa yang Membutuhkan App Toko?

Aplikasi toko sangat bermanfaat bagi berbagai jenis toko. Tak hanya bagi toko yang lumayan besar, Namun juga toko yang masih sementara berkembang. Ada berbagai macam jenis usaha yang dapat terbantukan dengan adanya app toko, berikut di antaranya :

  • Toko kelontong
  • Minimarket
  • Supermarket
  • Koperasi
  • Toko pakaian
  • Restoran
  • Toko spare part
  • Bengkel
  • Toko komputer
  • Counter HP
  • Toko Buku
  • Laundry
  • Toko sepatu
  • Fotokopi dan toko alat tulis
  • Toko elektronik
  • Apotek
  • Toko bahan bangunan
  • Toko gadget
  • Kasir
  • Inventaris
  • Grosir
  • UKM

  1. Anda mungkin bepikir, lho kalau toko saya masih kecil buat apa pakai apllikasi toko? Toko kecil mungkin memang belum terlalu membutuhkan app toko.

  2. Namun jika anda berniat untuk mengembangkan toko anda sehingga lebih besar dan memiliki aneka barang yang lebih bervariasi, maka memiliki app toko adalah langkah cerdas yang dapat anda lakukan.

    Karena memiliki aplikasi yang hebat tentu akan membuat anda tergenjot untuk lebih membesarkan usaha anda.

  3. Kenapa App Toko Diperlukan?

    Adakah perbedan besar antara menggunakan app toko atau tidak? Jelas iya, Karena, bahkan meski keuangan usaha yang dimiliki sudah dicatat dengan komputer, belum bisa benar- benar dipastikan apakah semua data sudah kita masukkan dengan benar.

    Selain itu, kita juga tidak dapat membuat laporan keuangan dengan cepat. Untuk membuat laporan keuangan dengan data yang benar-benar valid tentu dapat dilakukan namun hal tersebut akan memakan waktu yang lama.

    Aplikasi bawaan komputer hanya mampu membuat laporannya tampak lebih rapi dan tersimpan sebagai file komputer, Namun masih kurang dalam kemampuan meningkatkan kecepatan kerja. Karena aplikasi tersebut belum memiliki fitur-fitur khusus yang hanya dimiliki app toko.

  4. Apa Manfaat App Toko?

    Ada berbagai manfaat yang ditawarkan oleh app toko, berikut di antaranya:

    1. Untuk mengetahui keadaan keuangan terkini

    Hanya dengan mengisi sedikit pada app toko, misalnya jumlah barang tertentu yang keluar atau laku, aplikasi toko akan menghitung hasil akhirnya secara otomatis. Fungsi ini tentu akan sangat efektif untuk memberi informasi terkini terkait kondisi keuangan suaatu usaha.

    Pemilik usaha hanya perlu memeriksa hasil yang telah sedia di lembar laporan aplikasi tersebut. Dengan begini, karyawan toko pun akan lebih ringan melakukan kerjanya, sedang owner toko akan lebih mudah memantau perkembangan usahanya.

    1. Mengecek stok barang

    Masih manual mengecek stok barang? Harus ke gudang untuk menghitung dan memeriksa barang apa yang stiknya masih tersedia dan berapa jumlahnya?

  5. Dengan app toko, aktivitas mengecek stok barang berikut jumalah stoknya dapat dilakukan dengan sangat teramat mudah. Karena aplikasi sedari awal sudah mencatat jumlah total barang.

    Penghitungan otomatis jumlah stok barang ini dapat berlangsung saat barcode barang dipindai di bagian kasir pada saat pembeli akan membayar barang belanjaannya.

  6. Sistem app toko akan secara otomatis membaca nama barang dan mengurangi jumlah stok barang yang tersedia.

    Dengan keunggulan ini, anda akan dengan mudah dan cepat mengetahui barang mana saja yang sisa sedikit dan harus segera di-restok.

  7. Tak hanya itu, anda juga bisa mengetahui barang mana yang paling laku di toko anda, sehingga ke depannya anda bisa merencanakan jumlah stok barang yang pas sesuai dengan permintaan.

    1. Mengetahui status hutang piutang

    Tak hanya mengatur dan memberi informasi valid perihal barang masuk dan keluar, app toko juga dapat dimanfaartkan untuk mengetahui status utang piutang terkait usaha.

  8. Sebab, dalam app toko juga dilengkapi dengan fitur untuk menyimpan data utang piutang tersebut.

    Pemilik toko akan dengan mudah memeriksa kapan utang piutang jatuh tempo, sehingga akan memudahkannya memenej keuangan agar aktivitas toko tetap stabil.

  9. Dengan mengetahui status utang piutang ini, pemilik juga akan tahu kapan harus menagih hutang dan kapan harus membayar hutang.

    1. Membuat dan memeriksa laporan keuangan

      Sebagaimana yang telah disebutkan dimuka, salah satu fungsi utama app toko untuk membuat laporan keuangan. Laporan ini akan tersimpan dalam database, dan dapat kembali dicek kapan saja.

      Pengerjaan laporan keuangan dengan menggunakan app toko sangat praktis, bahkan bisa dibilang tersusun secara otomatis.

      Pengawai toko atau pemilik usaha hanya cukup memasukkan data di awal dan di setiap transksi, dan biarkan aplikasi ini bekerja dengan sangat efisien.

      Karena laporan keuangan dibuat dengan otomatis, maka Anda akan sangat mudah untuk memeriksa perkembangan penjualan produk Anda.

    2. Mengetahui Laba Rugi Tiap Bulannya

      Tentu, dengan informasi dan detail penjualan yang disajikan secara real time, akan mudah mengetahui laba dan rugi di akhir bulannya.

      Laba dan rugi ini juga akan terhitung secara otomatis. Informasi dan jumlah laba dan rugi pun akan lebih valid karena dihitung dengan sistem yang canggih.

      Informasi laba dan rugi ini, tentu akan sangat berguna bagi pemilik usaha agar dapat menganalisa pertumbuhan usaha, apakah penjualannya sudah sesuai target yang diharapkan.

      Dengan dapat menyusun strategi penjualan berikutnya agar toko atau usaha yang dimiliki dapat meraup keuntungan sesuai target pada bulan- bulan berikutnya.

      Fitur yang ada di dalam app toko

      Ada aneka fitur menarik yang terdapat dalam app toko. Apa saja? Berikut di antaranya

      1. Dapat membaca barcode

      2. Support Jaringan

      3. Memiliki sistem cash drawer atau laci penyimpanan

      4. Dapat disambungkan ke printer Inkjet, Dot Matrix, Laser maupun printer kasir

      5. Nama Pengguna, Perusahaan, atau Toko dapat diubah

      6. Fleksibilitas mengatur faktur

      7. Support untuk mencetak berbagai jenis laporan seperti laporan stok-barang, penjualan, pembelian, laporan laba rugi, dan katalog produk,

      8. Fungsi pengaturan diskon, perhitungan pajak, dan retur barang

      9. Kemudahan mengubah harga produk secara real time saat transaksi

      10. Data yang dihasilkan diubah ke file ke Excel maupun Word.

      11. Fungsi backup dan restore restore data

      12. Aplikasi bisa diinstal ke komputer mana pun tanpa lisensi. Sehingga pengguna yang telah memillki app toko tersebut dapat menggunakannya di banyak komputer tanpa harus membeli lagi aplikasi serupa.

      13. Tersedia tutorial cara mengoperasikan program

      14. sudah dapat digunakan bahkan di komputer entium II sekalipun

      Dimana bisa mendapatkan app toko dan berapa harganya?

      Aplikasi toko bisa didapatkan dengan cara membelinya. Sudah ada berbagai macam jenis app toko, mulai dari yang murah dengan fitur-fitur dasar yang biasanya dibutuhkan untuk kebutuhan toko yang tidak terlalu besar hingga yang mahal dengan fitur yang sangat lengkap dan sangat canggih.

      Seperti misalnya app toko yang dibuat dan dibeli di situs luar negeri, harga yang mereka tawarkan umumnya sangat mahal, yakni berkisar ratusan hingga milyaran rupiah. Sesuai dengan harganya aplikasi toko yang super mahal tersebut biasanya dibekali dengan fitur yang juga canggih dan memuaskan.

      Biasanya app toko asing tersebut khusus dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar dan berskala internasional. Selain fitur-fitur lengkap yang ditawarkan, keamanan data dalam apllikasi tersebut pun sangat terjamin.

      App toko buatan dalam negeri pun sudah banyak berjejalan di dunia maya. Yang bisa didapatkan melalui toko online penyedia apllikasi toko. Harga yang ditawarkan sangat variatif. Ada yang seharga 2 jutaan hingga 10 jutaan.

      Karena dibuat oleh orang indonesia, bahasa yang digunakan dalam app toko tersebut pun bahasa indonesia, sehingga sangat praktis digunakan oleh pemilik usaha dalam negeri.

      Fitur yang disediakan di dalamnya pun terbilang lengkap. Soal vasiasi haga, bergantung pada kelengkapan fitur yang dimiliki masing-masing aplikasi.

      Cara lain agar bisa mendapatkan app toko adalah dengan membayar jasa konsultan ahli pembuat aplikasi. Biasanya tarif jasa mereka berkisar 5 hingga 10 juta.

      Sayangnya, mereka biasanya butuh waktu yang agak lama. Biasanya bulanan untuk menyeleaikan pesanan aplikasi toko yang agak besar.

      Itu karena mereka harus mendata barang terlebih dahulu baru kemudian membuat aplikasinya. Pendataan barang biasa dilakukan dengan mewawancarai staf toko atau gudang.

      Seiring dengan ketatnya persaingan pasar di sektor jual beli aplikasi, kini sudah lumayan banyak penyedia yang membuat dan menjual app toko denganharga yang sangat terjangkau, yakni sekitar ratusan ribu rupiah.

      Cara membeli aplikasi tersebut pun sangat mudah, hanya dengan memesan secara online dan mentranfer uang sesuai harga yang ditetapkan penyedia.

      Yang harus anda ingat saat akan membeli app toko adalah dengan memperhatikan dan memahami fitur-fitur yang tersedia. Tanyakan detail produk pada penjual secara aktif.

      Aplikasi yang murah tentu sangat menguntungkan, namun anda jangan terburu-buru tergiur dengan harga yang rendah. Anda harus yakin betul penjual terpercaya dan produk yang app toko dijual benar-benar baik sesuai kebutuhan toko anda.