Aplikasi Keuangan, Semua yang Punya Uang Membutuhkannya

0
251

Aplikasi keuangan tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang bergerak di bidang keuangan atau industri yang setiap harinya bergelut dengan uang. Namun siapa pun pada dasarnya membutuhkan aplikasi ini.

Sebelumnya perlu diketahui apa aplikasi keuangan itu? Apakah aplikasi ini adalah aplikasi super bribet yang membutuhkan ilmu akuntansi tingkat atas untuk bisa menjalankannya?

Jawabannya, ya dan tidak.

Aplikasi keuangan sesuai dengan namanya, merupakan aplikasi atau software untuk memudahkan pengaturan keuangan. Meskipun bernama aplikasi keuangan, namun aplikasi ini sejatinya bukan hanya berfungsi untuk lembaga keuangan atau pun bagi mereka yang berkutat dengan pekerjaan di bidang keuangan.

Pada dasarnya, memang ada dua jenis aplikasi keuangan yakni:

1. Aplikasi Keuangan untuk Pribadi

Aplikasi keuangan untuk pribadi adalah aplikasi yang difungsikan untuk membantu setiap orang untuk mengatur keuangan pribadinya. Biasanya, aplikasi jenis ini mudah didapatkan di toko aplikasi smartphone dan dapat di-download secara gratis.

Aplikasi ini biasanya menyediakan fitur aneka jenis pengeluaran, seperti makanan, transportasi, pakaian, hingga hiburan. Pengguna hanya perlu memasukkan angka berapa uang yang dia keluarkan untuk kebutuhan tersebut. Catatan seluruh pengeluaran akan tersimpan dan akan terkalkulasi secara otomatis.

Selain itu, sejumlah aplikasi juga menyediakan fitur tabungan, sehingga pengguna dapat membandingkan besar pengeluaran dan uang yang berhasil disisihkan setiap bulannya.

Poin plus lainnya, aplikasi ini biasanya disajikan dalam desain tampilan yang begitu menarik sehingga kegiatan mengatur keuangan secara sederhana akan lebih menyenangkan, tidak lagi membutuhkan buku catatan keuangan biasa.

Dan yang paling bagusnya lagi, pengguna tentu bisa mengakses aplikasi ini dimana pun tanpa repot membawa pena dan buku serta hitung manual kalkulator.

2. Aplikasi Keuangan untuk Perusahaan

Aplikasi keuangan untuk perusahaan tentu berbeda dengan aplikasi keuangan untuk pribadi. Dalam aplikasi keuangan untuk perusahaan, fitur yang ditawarkan pun lebih kompleks. Hal ini karena kegiatan pelaporan keuangan perusahaan juga lebih variatif dan meluas ke banyak aspek keuangan.

Perbedaan lain, aplikasi ini tidak didapatkan secara gratis. Jika ingin memilikinya pengguna harus membelinya.

Aplikasi ini hampir sama dengan program akuntansi. Penjelasan lengkapnya mengenai manfaat dan fitur-fitur program akuntansi dapat dibaca di sini.

Beberapa fitur yang disediakan dalam aplikasi keuangan perusahaan cukup lengkap. Di antaranya manajemen kas, multi perusahaan, dan multi mata uang.

Dalam fitur manajemen kas, pebisnis atau pemilik perusahaan dapat dengan mudah mengecek dan memantau pengeluaran kas kapan saja dan dimana saja, dimana laporan disuguhkan secara realtime atau sesuai perkembangan terbarunya.

Ada lagi fungsi multi perusahaan, dimana pengguna yang memiliki lebih dari satu perusahaan dapat menggunakan satu aplikasi ini saja untuk mengatur keuangan perusahaannya.

Fungsi ini jelas akan sangat membantu kegiatan memenej keuangan perusahaan lebih simpel, sekaligus menghemat waktu pengusaha di tengah padatnya aktivitasnya.

Sedang fitur multi mata uang, akan memungkinkan pengusaha untuk melakukan transaksi dengan menggunakan dua mata uang atau lebih. Fitur ini tentu sedemikian menarik utamanya bagi pengusaha besar yang kegiatan bisnisnya telah merambah hingga mancanegara.

Dengan adanya fitur multi mata uang ini, pengusaha dapat mengetahui secara lebih terperinci mengenai selisih laba dan rugi dari kurs mata uang asing.

Penghitungan selisih tersebut akan berjalan secara otomatis, dan akan ter-input dalam laporan keuangan perusahaan, tanpa harus secara manual menghitung atau membuat laporannya.

Tak hanya itu, ada pula fungsi multi pengguna, dimana aplikasi dapat diakses oleh lebih dari satu pengguna. Hal ini bermanfaat untuk melancarkan koordinasi antara orang-orang yang berkepentingan mengatur manajemen keuangan perusahaan melalui aplikasi keuangan.