Bisnis

Apa Itu Disbursement, dan 3 Manfaat yang Perlu Anda Ketahui

Disbursement memiliki arti pembayaran atau pengeluaran. Tapi istilah disbursement lebih sering dipakai di dalam dunia bisnis, khususnya di sini di dalam bidang akuntansi. Dalam prakteknya disbursement juga memiliki kaitan dengan proses pencairan uang dari rekening bank.

Maka dari itulah disbursement pun seringkali dikenal dengan nama kas biaya ataupun pembelanjaan. Terdapat banyak sekali manfaat disbursement. Untuk mengetahui apa saja manfaat-manfaat tersebut maka Anda perlu baca ulasan di bawah ini hingga tuntas.

Apa Saja Manfaat Disbursement?

Secara singkat disbursement dapat juga diartikan sebagai aktivitas pendistribusian dana yang di sini dilakukan oleh sebuah perusahaan pada kontraktor, vendor ataupun karyawan internal. Di dalam dunia bisnis sendiri layanan tersebut tersedia dengan tujuan untuk memudahkan dalam melakukan transaksi serta pembayaran dari rekening perusahaan.

Manfaat disbursement di dalam dunia bisnis memang sangatlah krusial, berikut ini akan diberikan tiga manfaat yang perlu untuk Anda ketahui.

Transaksi Berjalan Lebih Praktis dan Cepat

Tidak dapat dipungkiri ada banyak sekali aktivitas transaksi yang dilakukan saat Anda menjalankan sebuah usaha maupun bisnis. Transaksi yang terjadi tersebut bisa melibatkan antara pembeli dan penjual, vendor dan juga antara karyawan internal.

Jika semua transaksi tersebut harus dilakukan satu persatu menggunakan cara yang manual, tentunya proses pembayaran akan memakan waktu yang cukup lama. Dan tentunya hal tersebut akan membuang waktu yang berharga dan pada akhirnya akan menurunkan produktivitas usaha Anda.

Dengan menggunakan sistem payouts, nantinya para pelaku usaha dapat melakukan proses pembayaran hanya dengan menggunakan satu platform secara real time. Salah satu fitur yang sangat diunggulkan yaitu kemudahan dalam melakukan pengiriman uang lebih dari satu rekening maupun akun.

Bahkan di sini proses pengiriman tersebut bisa dilakukan untuk bank yang berbeda serta dilakukan hanya dalam satu kali saja. Sehingga proses transaksi pun nantinya akan bisa dilakukan dengan lebih praktis dan juga cepat.

Memudahkan dalam Proses Audit

Cakupan disbursement itu sendiri mulai dari dilakukannya proses transaksi sampai ke aktivitas pencatatan. Jika bisnis Anda di sini melakukan disbursement dengan langkah-langkah yang benar dan tepat, maka tentunya proses audit pun akan jadi lebih mudah untuk dilakukan. Karena di sini telah ada catatan dengan bukti pembayaran yang dapat langsung diinput ke dalam audit.

Sistem Payouts dari Midtrans juga mempunyai fitur berupa statemen dan juga dashboard yang memungkinkan untuk merekam semua transaksi secara otomatis. Nantinya Andapun tidak perlu repot dengan tumpukan struk ATM dan Anda tinggal melihat saja di dashboard payouts.

Keamanan Transaksi yang Jauh Lebih Terjamin

Manfaat selanjutnya yaitu dalam segi keamanan transaksi yang jauh lebih terjamin. Dengan melakukan pencatatan disbursement secara berkala, maka di sini Anda pun juga dapat melakukan pemantauan kemana dana atau anggaran bisnis Anda tersebut telah dialokasikan.

Dengan begitu hal tersebut akan menjamin bahwa tidak akan ada penyalahgunaan anggaran bisnis oleh pihak yang kurang bertanggung jawab. Selain itu juga Anda pun dapat melakukan aktivitas dengan lebih tenang jika di sini memakai Payouts dari Midtrans karena telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang berlapis.

Setiap nantinya Anda memasukkan nomor ponsel ataupun nomor rekening tujuan, Midtrans dengan cara otomatis akan melakukan proses verifikasi akun untuk mencegah terjadinya kesalahan transaksi. Andapun nantinya akan lebih mudah ketika ingin memilih antara autentifikasi dua faktor atau menggunakan one Time password.

Related Posts

Alasan Mengapa Harus Memiliki Software Kasir

Memanfaatkan Software kasir adalah salah satu pilihan kemudahan yang hadir seiring berkembangnya teknologi bisnis. Fungsi dari software kasir adalah melakukan pencatatan transaksi yang dulunya dilakukan secara manual. Adanya…

Seberapa Penting Anggaran Biaya Operasional Bagi Perusahaan?

Anggaran biaya operasional adalah sebuah keharusan bagi perusahaan, karena menjadi kunci dari kelancaran berbagai aktivitas yang dilakukan.¬† Aktivitas yang masuk dalam anggaran biaya operasional, meliputi produksi, distribusi, dan…

Butuh Aplikasi Edit Struk Dan Aplikasi Stok Barang, Coba Orsela

Anda tengah menjajal pasar dunia maya untuk usaha yang Anda jalankan? Apakah Anda mulai membutuhkan aplikasi edit struk dan aplikasi stok barang? Temukan jawaban Anda di sini. Inikah…

Pengertian dan Keuntungan Investasi Jangka Pendek

Dalam beberapa tahun terakhir ini, investasi adalah salah satu kegiatan yang memang banyak dilakukan dan diminati oleh banyak orang. Jenis investasi itu sendiri dibedakan jadi dua, yaitu investasi…

Punya Usaha Tempat Kuliner? Ini Dia Cara Daftar Gofood

Untuk Anda yang memiliki usaha kuliner dan ingin membuatnya lebih dikenal konsumen, tak ada salahnya jika Anda mencoba menjualnya melalui fitur GoFood¬† yang disediakan oleh perusahaan Gojek. Tak…

Langkah Memulai Bisnis Salon Kecantikan yang Tepat

Membangun bisnis salon kecantikan adalah sesuatu yang tepat di era seperti saat ini karena sebagian orang lebih perduli terhadap perawatan dirinya. Namun yang perlu diketahui, memulai bisnis salon…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *