8 Khasiat Daun Sirih untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Sejak dulu, daun sirih sudah digunakan sebagai obat alami karena kaya akan manfaat bagi tubuh. Khasiat daun sirih dipercaya mengatasi sejumlah gangguan kesehatan. Sehingga banyak orang yang masih menggunakannya hingga sekarang.

8 Khasiat Daun Sirih Bagi Tubuh

Daun sirih sebagai tanaman herbal berasal dari keluarga Piperaceae. Simak khasiat daun sirih berikut ini:

Menyehatkan Saluran Pencernaan

Kandungan dalam daun sirih mampu menyehatkan saluran pencernaan dalam tubuh Anda. Selain itu, daun sirih dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga akan merangsang kerja dari usus. Maka penyerapan nutrisi dan vitamin yang penting bagi tubuh bisa berjalan dengan baik.

Fungsi daun sirih sebagai obat herbal bisa mengatasi sembelit. Gunakan air rebusannya dapat membantu kelancaran buang air besar.

Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Anda pasti sudah tidak asing lagi ketika mendapati kandungan daun sirih terdapat pada pasta gigi. Hal ini berkaitan dengan fungsi dari daun sirih dapat menjaga kesehatan mulut serta merawat gigi. 

SIfat antimikroba yang ada pada daun sirih akan membantu mengatasi bakteri yang tertinggal pada mulut Anda. Oleh karena itu, sejak zaman dulu daun sirih sudah digunakan sebagai bahan herba; untuk menjaga kesehatan gigi. Jika Anda lihat, orang zaman dulu sering mengunyah daun sirih.

Sifat Antibakteri

Daun sirih sebagai antiseptik dan antibakteri bisa memberikan Anda perlindungan terhadap serangan dari kuman. Kandungan polifenol bisa Anda gunakan untuk meringankan dan mempercepat penyembuhan luka. 

Selain itu, daun sirih memiliki sifat anti jamur sehingga bisa membantu melawan infeksi jamur pada tubuh.

Mencegah Kanker

Manfaat selanjutnya berkaitan dengan kandungan fitokimia yang bisa mencegah kanker terdapat pada daun sirih. Selain itu, terdapat juga kandungan antioksidan eugenol untuk menangkal radikal bebas. Sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Membantu Penyembuhan Luka

Terdapat sebuah fakta terkait daun sirih bisa membantu proses penyembuhan luka. Selain itu, daun sirih juga bisa mempercepat penyembuhan luka karena kandungan tertentu.

Selain itu, bahan ekstrak daun sirih telah terbukti ampuh mengurangi stres oksidatif yang akan memperlambat penyembuhan luka. Manfaat lain, daun sirih bisa membantu penyembuhan luka bakar. 

Hal ini karena dalam daun sirih terdapat kandungan polifenol yang mencegah infeksi bakteri. Sehingga juga bisa mempercepat proses penyembuhan.

Mengobati Mimisan

Anda pasti pernah mengalami mimisan saat kecil, kemudian orang tua akan memberi selembar daun sirih dan menyumpalnya. Cara ini terbukti sangat efektif meredakan mimisan.

Ternyata dalam daun sirih terdapat antioksidan tanin sehingga dapat membantu proses penyembuhan luka. Sehingga tidak heran jika manfaat lain dari daun sirih adalah mengobati mimisan.

Mengobati Radang Prostat

Selanjutnya, daun sirih mengandung zat aktif hydroxychavicol. Kandungan lainnya, yaitu antioksidan tanin dan sapin yang akan membantu proses perbaikan sel-sel prostat sehingga bisa berfungsi kembali.

Saat mengalami keluhan radang prostat, Anda bisa menyiapkan 5 lembar daun sirih merah. Anda bisa merebusnya, lalu minum air rebusannya sebanyak 3 kali sehari. Sehingga gejala radang prostat bisa berkurang secara bertahap.

Mencegah Malaria

Senyawa terpen dalam daun sirih bisa mencegah penyakit malaria. Masyarakat Malaysia sudah memanfaatkan daun sirih sebagai pengobatan alami. Selain itu, terdapat kandungan senyawa flavonoid bersifat anti parasit yang membantu menanggulangi malaria.

Berbagai khasiat daun sirih ternyata akan berguna untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Sebagai tanaman herbal daun sirih bisa Anda tanam dan memanfaatkannya dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Butuh Aplikasi Edit Struk Dan Aplikasi Stok Barang, Coba Orsela