Media Informasi Paling Populer

5 Manfaat Sunscreen untuk Kulit Berminyak yang Kamu Perlu Tau – SehatQ

Salah satu kunci dari mempunyai kulit yang cerah dan sehat terawat adalah penggunaan sunscreen yang cocok untuk kulit. Pemilihan sunscreen untuk kulit berminyak juga harus tepat, agar maksimal fungsi sunscreen sebagai pelindung wajah dari paparan sinar UV.

Penggunaan sunscreen sangat dianjurkan untuk perawatan kulit, karena dapat mencegah penuaan dini karena efek radikal bebas. Penuaan dini menyebabkan kerutan, garis halus, dan flek hitam pada wajah.

Sunscreen juga mencegah beberapa penyakit kulit karena sinar UV tersebut. Pemilihan sunscreen yang tidak tepat akan menghilangkan fungsinya, bahkan bisa menimbulkan banyak jerawat di wajah.

Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berminyak 

Dirangkum dari beberapa artikel kesehatan, penggunaan sunscreen yang tepat harus memperhatikan sebagai berikut:

    1. Memilih sunscreen dengan bahan dasar mineral dan minim alergi, contohnya titanium dioksida dan zinc dioksida.
    2. Pilihlah sunscreen dengan label non-comedogenic untuk menghindari penyumbatan pori-pori penyebab jerawat.
    3. Perhatikan, pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF 30 yang tidak menyebabkan produksi minyak berlebih di wajah.
    4. Cek apakah sunscreen tidak mengandung pewangi, karena dapat memicu produksi minyak di wajah dan menyebabkan kulit dehidrasi.
    5. Gunakan sunscreen yang teksturnya ringan seperti gel, sehingga mudah menyerap di kulit.
    6. Pilihlah sunscreen yang melindungi dari paparan sinar UV A dan UV B.

Sunscreen menjadi skincare yang wajib digunakan karena kemampuannya melindungi kulit dari sinar matahari yang menyerap ke dalam lapisan teratas kulit.

Sehingga sudah jelas bahwa sunscreen sangat bermanfaat bagi kulit wajah kita. Beberapa manfaat sunscreen menurut artikel kesehatan dari beberapa sumber antara lain:

 

Manfaat Sunscreen Untuk Kulit Berminyak

1. Melindungi Kulit Wajah dari Sinar Matahari

Kulit wajah yang tidak dilindungi dengan sunscreen akan berakibat buruk. Untuk efek jangka pendek maka kulit yang terpapar matahari akan berwarna kemerahan, belang, kering, mengelupas, dan perih. 

Sementara untuk efek jangka panjangnya mengakibatkan proses penuaan dini akibat paparan sinar UV. Akibat dari proses penuaan dini adalah adanya kerutan halus, flek hitam, sampai kanker kulit.

Pemakaian sunscreen akan melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan.

2. Mencegah Kulit Terbakar Matahari

Kulit wajah yang memakai sunscreen akan terlindungi dari panas matahari saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Apabila terlalu lama di luar ruangan menyebabkan kulit terbakar dan kemerahan apabila tidak menggunakan sunscreen.

3. Warna Kulit Tetap Merata

Apabila tidak menggunakan sunscreen maka akan terlihat kulit wajah warnanya tidak merata. Kulit wajah terlihat lebih gelap atau muncul flek-flek hitam yang mengganggu penampilan. Gunakan sunscreen agar kulit wajah warnanya tetap merata.

4. Mencegah Timbulnya Komedo

Tidak menggunakan sunscreen saat di luar ruangan atau penggunaan produk yang tidak tepat, menjadi pemicu timbulnya komedo pada wajah.

Komedo akan muncul pada wajah saat terpapar langsung sinar matahari. 

Pilihlah produk sunscreen yang cocok dengan jenis kulit wajah kita.

4. Mencegah Penuaan Dini

Masalah penuaan dini adalah yang paling banyak terjadi pada kulit wajah yang tidak dilndungi dengan sunscreen. Paparan sinar matahari langsung memicu munculnya tanda penuaan dini, seperti kulit kering, kasar, garis-garis halus, bintik hitam, dan kerutan di wajah. Gunakan sunscreen untuk mencegah penuaan dini bagi kulit wajah kita.

5. Mencegah Kanker Kulit

Kulit wajah yang tidak dilindungi oleh sunscreen akan berakibat terpaparnya radiasi sinar UVB. Akibat buruk dari radiasi ini adalah surburn yang menjadi tanda kerusakan DNA pada sel kulit wajah sehingga memicu kanker kulit. Gunakan sunscreen saat keluar ruangan untuk mencegah pengaruh buruk dari radiasi sinar UVB.

Produk sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat, kini banyak brand skincare telah memproduksinya yang sesuai kulit wajah kita. Pemilihan produk tersebut dapat dilihat di website Toko SehatQ.

Di website tersebut terdapat bermacam-macam artikel tentang kesehatan kulit yang bermanfaat untuk menunjang hidup sehat. Selain itu juga terdapat produk-produk kesehatan, dan skincare yang bermanfaat bagi kulit wajah yang cerah dan halus. 

Jangan lupa gunakan skincare sunscreen saat beraktivitas di luar rumah. Pilihlah sesuai kebutuhan dan jenis kulit masing-masing, termasuk sunscreen untuk kulit berminyak yang banyak pilihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.